Plastik Kemasan yang Tepat Untuk Produk UKM

Plastik kemasan UKM untuk produk haruslah tepat. Mengapa harus tepat? Bukankah yang penting adalah isi atau produknya? Sahabat UKM, mari posisikan diri kita sebagai konsumen. Memang benar, bagi konsumen, produk adalah yang terpenting. Namun sebelum konsumen memutuskan untuk mengambil produk kita, kemasan-lah yang menjadi penentu keputusan.

Plastik kemasan yang tepat memiliki berbagai manfaat untuk Anda selaku produsen. Manfaat-manfaatnya adalah:

  • Membangun citra/image lewat kemasan
  • Memastikan kualitas produk tetap terjaga
  • Melindungi produk dari debu, kuman dan sebagainya
  • Menjaga tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen

Produk camilan Anda bagus, berkualitas tinggi dan lezat rasanya, tapi kemasannya polos. Apakah konsumen akan tertarik dengan kemasan yang biasa-biasa saja? Tentu saja tidak. Contoh selanjutnya, produk Anda adalah kacang-kacangan, kemasan yang digunakan hanya kemasan plastik tanpa zipper. Apakah produk Anda dapat bertahan lama setelah kemasan dibuka oleh konsumen? Jawabannya adalah tidak, dan sisa produk Anda tidak akan habis dikonsumsi. Konsumen akan kehilangan gairah untuk membeli lagi produk Anda hanya karena tidak dapat bertahan lama. Karena itu, diperlukan pemahaman yang baik mengenai fungsi kemasan yang tepat untuk produk Anda.

Pentingnya tampilan dan kemasan UKM yang tepat

Tampilan kemasan adalah hal pertama yang dilihat konsumen sebelum mengetahui kualitas produk kita. Usahakan untuk mendesain kemasan UKM dengan tampilan yang menarik dan dapat mewakili produk. Kemasan dengan warna-warni cerah sangat cocok untuk produk buah-buahan atau jenis-jenis permen. Sebaliknya, warna-warna gelap cocok untuk mengemas produk seperti kopi. Jangan sampai terbalik karena warna memiliki arti universal yang sama bagi setiap orang. Contohnya, warna cerah menggambarkan kesegaran dan semangat, warna gelap memberikan kesan ekslusif.

Masing-masing produk, khususnya makanan dan minuman memiliki karakteristik unik yang harus disiasati. Bukan dengan bahan pengawet dan sebagainya, melainkan dengan kemasan UKM yang tepat untuk produk Anda. Produk-produk hewani seperti daging mentah, bakso dan susu sangat mudah rusak. Diperlukan plastik kemasan kedap udara untuk mempertahankan kesegaran produk hingga ke tangan konsumen. Produk minuman membutuhkan kemasan berupa gelas plastik dan bagian penutup gelas agar isinya tidak tumpah. Inilah yang dimaksud dengan plastik kemasan yang tepat untuk produk.

Dengan wawasan baru ini, semoga Sahabat UKM dapat mengoptimalkan penggunaan plastik kemasan dengan tepat pada produk Anda. Salam sukses!