Usaha Rumahan dengan Omzet Puluhan Juta? Ini 5 Daftar Usaha Dilakukan di Rumah

peluang usaha rumahan

Banyak usaha rumahan membawa Kisah sukes dengan memulainya di garasi rumah sendiri. Perumpamaan ini dapat mewakili untuk  menjawab pertanyaan apakah usaha kecil bisa sukses? Jangan pernah remehkan usaha kecil seperti usaha rumahan.

Anda pasti pernah mendengar kisah-kisah inspiratif  dari para pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol, salah satunya Tao Kae Noi makanan ringan berbahan dasar rumpuit laut yang dibuat oleh pemuda asal Thailand bernama Top Ittipat. Kini usahanya sudah menembus pasar internasional dengan omzet lebih dari 1 Milliar Bath atau setara dengan 326 Milyar Rupiah. Kegigihan yang dimilikinya yang menjadi alasan mengapa usaha yang ia tekuni menjadi sangat sukses. Jadi mau apapun itu usaha rumahan  yang ingin Anda jalani sukses atau tidaknya bukan ditentukan dari besarnya modal yang Anda investasikan namun kegigihan saat menjalankannya.

Mengapa jenis usaha ini banyak dipilih pengusaha?

Memiliki usaha sendiri merupakan impian bagi para pengusaha selain bisa memenuhi kebutuhan keluarga juga memudahkan pengusaha mengelolannya. Ditambah lagi jika usaha yang mereka geluti berdasarkan hobi maka pasti dengan setulus hati menjalaninya. Bukan hanya itu resiko dan modal pun tidak perlu dipusingkan karena terbilang cukup kecil.

Peluang usaha rumahan

Sebenarnya peluang usaha rumahan bisa ditemukan di manapun Anda berada asal Anda bisa dengan teliti dan jeli melihat peluang usaha yang ada. Mau itu usaha rumahan yang bermodal besar ataupun kecil bukanlah jaminan sukses atau tidaknya usaha, namun yang menentukannya adalah keseriusan dan kegigihan Anda. Berikut ini adalah beberapa peluang usaha rumahan yang bisa dijadikan pilihan.

Usaha printing/sablon

Bisnis ini tidaklah rumit seperti yang dibayangkan, modal usaha rumahan ini pun tidak perlu sampai berpuluh-puluh juta. Meskipun begitu, kentungannya tidak bisa diremehkan, karena sekarang ini kebutuhan akan produk yang kreatif sedang menjadi incaran konsumen. Seperti baju, mug, poster, atau iklan baliho pasti membutuhkan jasa digital printing. Pelaku usaha pun tidak ingin menyia-nyiakan fenomena ini sehingga cukup banyak yang membuka usaha ini. Bila berhasil menjalankan usaha ini omzet yang bisa Anda hasilkan bisa mencapai Rp 150 juta perbulannya.

Usaha  konveksi

Bisnis ini merupakan salah satu jenis usaha yang long term sebab selalu dibutuhkan oleh konsumen. Namun karena alasan inilah yang membuat persaingannya cukup ketat. Jadi jika Anda ingin memulai usaha ini pastikan Anda sudah memiliki pasar sendiri atau langanan. Bagaimana caranya? Pastinya sering lakukan promosi dan berikan layanan terbaik untuk meningkatkan kepercayaan konsumen.

Bisnis travel agen

usaha travel agen mulai terkenal seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan moda transportasi baik udara atau darat. Bisnis ini memang tidak membutuhkan modal sedikit namun untuk dijadikan usaha tentu sangat tepat sekali, selain menguntungkan Anda juga masih tetap mengerjakan pekerjaan rumah Anda karena waktu kerjanya cukup fleksibel. Apa yang harus Anda siapkan untuk memulai usaha ini? tentunya koneski internet, komputer dan printer tanpa ketiga peralatan itu Anda tidak akan bisa melakukan operasi jual-beli tiket. Jika Anda masih bingung dengan metode atau cara menjadi agen menjual tiket transportasi Anda bisa bermitra bersama agen travel yang terpercaya.

Usaha toko kelontong dan sembako 

Usaha kebutuhan sehari-hari merupakan ide peluang usaha ini yang sangat brilian. Jenis usaha klontong ini dibagi menjadi dua yaitu usaha kelontong grosiran dan eceran. Dari sisi modal usaha kelontong grosiran lebih besar dibandingkan eceran. Hal ini sebab Anda harus belanja barang dalam partai besar. Untuk tingkat persaingan usaha klontong grosir lebih kecil dibanding kelontong eceran karena kembali lagi ke masalah modal, banyak yang kurang berani mengambil barang dalam partai besar.

Usaha cuci kendaraan

Untuk usaha yang satu ini banyak yang bilang adalah usaha musiman, di mana akan ramai pada musim hujan saja. Namun tidak juga, karena kini kendaraan pribadi sudah mulai mendominasi maka dari itu usaha ini pun mulai terbuka lebar dan keuntungannya pun juga tidak tanggung-tanggung. Tetapi lokasi yang strategis memang menentukan keuntungan yang akan Anda hasilkan nantinya.

LEAVE A REPLY