Trik Membuka Usaha Waralaba Yogurt Juga Cara Membuatnya

Waralaba Yogurt

Siapa yang tidak kenal yoghurt, minuman yang terbuat melalu fermentasi bakteri ini cukup populer di Indonesia. Membuka usaha waralaba Yogurt di Indonesia juga sepertinya menguntungkan. Apalagi jika di jual di sekolahan atau kampus yang memang minumsn bergizi tersebut dianjurkan.

Di Indonesia sebenarnya pasar Yogurt sangat menarik hanya saja sedikit pemainnya. Padahal peluang usaha yogurt ini lumayan mudah dijalankan. Dan keuntungannya dipredikis tinggi karena memang minim kompetisi.

Di Amerika bisnis yoghurt cukup besar potensinya bisa mencapai US$ 7 miliar per tahunnya.  Sedangkan Bisnis Yoghurt di Indonesia sendiri tiap tahun bisnis ini selalu tumbuh. Berdasarkan riset AC Nielsen, pertumbuhan pasar yogurt meningkat 15% dari Rp. 265,4 miliar di tahun 2011 menjadi Rp. 305,3 miliar di tahun 2012.

Di Indonesia sendiri, Waralaba Yogurt masih jarang meski begitu ada beberapa waralaba yogurt yang sukses dikembangkan seperti Sour Sally—merupakan salah satu pionir bisnis frozen yogurt di Indonesia. Bisnis ini melakukan pengembangan bisnis dengan meluncurkan waralaba Sour Sally Mini.

Menggandeng K-Food sebagai Master Franchisor, Sour Sally Mini menggarap peluang pengembangan bisnis frozen yogurt di segmen menengah. Sedangkan target pembukaan untuk waralaba ini ada 50 outlet Sour Sally Mini hingga tahun 2017.

Waralaba yogurt yang didirikan sejak tahun 2008 hingga kini, Sour Sally telah berhasil menjual 8 juta cup dan di tahun 2012 menguasai 70-80% market share frozen yogurt di Indonesia hingga saat ini. Terutama setelah relaunch dengan konsep baru #AllNewSourSally membuatnya kembali booming.

Selain itu ada juga My Healthy Yoghurt, merupakan Waralaba Yogurt yang dikembangkan di daerah Bubulak Bogor. My Healthy Yoghurt menghadirkan jajanan sehat bagi masyarakat. Usaha yogurtnya kini sudah memiliki 2 pabrik dan 180 karyawan, produksi mencapai 3000 liter susu menghasilkan 6000 pcs Yoghurt per hari. Dengan pemasaran online, kini My Healthy Yoghurt memiliki Agen yang tersebar di seluruh Indonesia.

Cara Membuat Yogurt

  1. Siapkan susu putih yang bisa berasal dari susu kedelai ataupun susu sapi yang murni atau dari kemasan. Kemudian sertakan bibit yogurt yang bisa didapatkan di pasaran atau bisa juga menggunakan yogurt plain yang digunakan sebagai bibitnya.
  2. Kemudian hangatkan susu dengan api kecil agar tidak sampai mendidih lalu terus diaduk. Kemudian lakukan hingga air menguap sehingga menyisakan gumpalan.
  3. Kemudian didinginkan dan tambahkan bibit yoghurt kurang lebih 5% dari banyaknya susu yang sudah di persiapkan tadi dan aduk hingga rata.
  4. Setelah itu lakukan proses fermentasi dengan dengan mendiamkannya pada wadah tertutup selama kurang lebih 24 jam.
  5. Usahakan suhu ruangan tetap dengan kisaran 40-50 derajat celcius serta kedap udara, untuk bisa menghasilkan bentuk kental dan rasa asam yang maksimal.
  6. Setelah itu buat rasa yogurt dengan tambahan rasa tinggal masukan perasa dan juga gula secukupnya.

Lalu bagaimana trik membuka waralaba di Indonesia

Lokasi yang Startegis

Usahakan mencari lokasi yang startegis sehingga mudah dijangkau oleh pembeli. Usahakan berjualan di tempat keramainan seperti tempat wisata, sekolahan, kampus maupun pasar.

Pilih Rasa Yoghurt yang Unik

Meski rasa yoghurt memang dominan manis sepat namun tetap saja rasa yoghurt memang harus divariasikan agar tidak membosankan. Yoghurt sendiri sebenarnya memiliki tiga rasa dasar seperti

Plain yoghurt atau yoghurt murni

Merupkan yoghurt yang memiliki rasa asam yang sangat tajam yang merupakan rasa asli dari yoghurt. Dan tidak semua atau hanya sebagian orang yang menyukainya. Yoghurt ini biasanya digunakan sebagai campuran salad.

 Flavoured yoghurt

Merupakan yoghurt yang diberi tambahan rasa sintesis dan pewarna makanan. Biasanya rasa sintesis yang biasa digunakan adalah rasa strawberyi, frambozen, ceri, jeruk, peach, leci, madu, apricot, melon, dan vanilla. Zat warna yang banyak digunakan adalah sunset yellow FCF, tartrazin, dan erythrosine B5.

 Yogurt Buah

Merupakan rasa yogurt yang ditambahkan sari atau irisan buah. Selain aroma dan rasanya menjadi lebih enak, kandungan gizinya pun menjadi lebih lengkap. Penambahan sari atau potongan buah biasanya mencapai 10%

Pilih Yoghurt yang Kemasan Menarik

Kemasan bisa dibilang dianggap bagian yang tidak penting bagi proses pembuatan makanan. Namun ternyata kemasan yang menarik justru membuat harga relatif tinggi. Sehingga kemasan memang sangat penting bagi yang ingin mengembangkan waralaba yoghurt.

Konten ini merupakan persembahan YOFUNK – Yogurt Funky. Sebagai partner Eksklusif GoUKM.ID

LEAVE A REPLY