Tips Usaha Es Krim dan Frozen Yogurt Bagi Pengusaha Pemula

Es krim dan yogurt adalah desert yang paling digemari oleh semua orang. Kedua makanan penutup ini bisanya disajikan dengan berbagian varian toping dan rasa yang berbeda-beda, seperti cokelat, vanilla, strawberry. Namun semakin banyaknya pencinta es krim dan yogurt, beberapa pengusaha pemula es krim dan yogurt mulai berinovasi, sehingga terciptalah rasa lain yang malah jadi tren, misalnya green tea, coffee, dan berbagai rasa buah-buahan. Varian rasa ini ditawarkan agar konsumen tidak bosan dengan rasa es krim yang itu-itu saja.

Cara pembuatan es krim berasa unik tersebut juga sama saja seperti membuat es krim pada umumnya. Bahkan pembuatannya bisa lebih mudah dengan menggunakan mesin pembuat es krim. Lalu bagaimana jika kita ingin membuat yogurt? Tenang, karena frozen yogurt juga bisa dibuat dengan menggunakan mesin pembuat es krim. Dengan kemudahan ini, peluang usahanya makin banyak dilirik oleh calon pengusaha baik pemula atau yang sudah terjun di dunia kuliner sebelumnya.

Sebelum kita mengetahui cara membuat es krim, terlebih dahulu Anda harus tahu tektur es krim apa yang ingin Anda sajikan. Teksturnya sendiri dibedakan menjadi 2 yaitu soft ice cream dan hard ice cream. Es krim yang lebih lembut adalah soft ice cream, di mana biasa disajikan di atas cone. Sedangkan hard ice cream lebih padat, es krim ini juga disebut dengan Gelato. Penyajiannya bulat-bulat karena untuk mengeruknya menggunakan centong es krim. Pembuatan kedua es krim ini menggunakan mesin yang berbeda. Jadi bila Anda sudah memutuskan untuk ingin usaha es krim Anda, carilah mesin yang sesuai dengan kebutuhan usaha Anda.

Cara Membuat Es Krim dan Frozen Yogurt dengan Mesin Pembuat Es Krim

Sebenarnya membuat es krim tidaklah sulit. Tanpa mesin Anda juga bisa membuat sajian manis ini dengan bubuk es krim jadi atau bahan-bahan es krim. Tapi jika Anda memutuskan untuk membuatnya dari bahan-bahan sendiri bukan bubuk jadi, Anda perlu mengetahui pemilihan bahan bakunya dan cara mengolahnya menjadi adonan es krim. Salah memilih atau memprosesnya saja, bisa jadi es krim tidak akan terbentuk alias cair atau tidak padat.

Bahan-bahan untuk membuat es krim sangat sederhana, yaitu susu putih, tepung maizena, gula pasir, telur dan vanili. Anda juga bisa menambahkan rasa lainnya seperti cokelat, strawberry atau rasa buah-buahan launnya.

Langkah pertama dalam membuat es krim ialah campukan gula, putih telur dan juga vanili kocok menggunakan mixer hingga adonan berwarna putih.

Langkah kedua, panaskan susu putih cair sambil terus diaduk sampai susu berbuih.

Langkah ketiga, cairkan tepung maizena dalam mangkuk dan haduk hingga rata lalu campurkan dengan susu yang sudah dipanaskan tadi.

Langkah keempat, masukan adonan gula, telur dan vanili ke dalm adonan tepung yang sedang dipanaskan. Aduk-aduk kembali adonan sampai mendidih.

Langkah kelima, setelah mendidih, angkatlah adonan tersebut sambil terus diaduk hingga adonan agak dingin ini agar tidak menggumpal. Setelah dirasa tidak panas campurkan dengan perasa dan toping sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah terakhir, masukan adonan kedalam freezer dan tunggu sampai bertekstur padat.

Namun untuk menghemat waktu dan demi produksi yang lebih banyak, menggunakan mesin pembuat es krim sangat dianjurkan. Anda bisa menggunakan bubuk es krim jadi atau membuat adonan sendiri seperti di atas. Bila menggunakan bubuk es krim Anda cukup mencampurkannya dengan 3 liter air matang. Gunakanlah mixer agar adonan tercampur dengan rata.

Setelah tercampur, diamkan selama 15 menit di ruangan yang bersuhu normal sebelum adonan dimasukan ke dalam wadah mesin es krim. Jika adonan es krim sudah dimasukan ke wadah mesin, atur pengaturan waktu, hingga 20 menit dan tekan set untuk menatur suhu pendingin pada mesin. masimal di angka 7.0 agar cairan es menjadi beku. Tunggu samapai proses pendinginan es krim selesai setelah itu es krim siap dijual.

Membuat frozen yogurt dengan mesin es krim

Proses pembuatan frozen yogurt sama saja seperti membuat es krim. Terlebih lagi jika Anda menggunakan mesin es krim untuk membuatnya. Yang berbada hanyalah bahan-bahan yang digunakan. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat yogurt beku.

  • 500 ml whipcream cair dingin
  • 500 ml plain yogurt
  • 6 sdm Whipcream bubuk
  • 1 biji vanili
  • ½  gelas takar gula pasir
  • 3 sdm madu
  • 1 kiwi dipotong dadu (sesuai selera)
  • ½  gelas rasberi (sesuai selera)

Cara membuatnya:

– Campur whipcream cair dan bubuk ke dalam wadah menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai adonan mengembang. Bila sudah mengembang masukan madu dan aduk kembali hingga merata.

– Iris buah vanili memanjang dengan pisau tipis dan keluarkan bijinya. Kemudian campurkan dengan ½ gelas takar gula pasir.

– Masukan campuran vanili dan gula ke dalam adonan whipcream yang sudah dicampurkan kedalam mixer. Aduk kembali kurang lebih 5-10 menit.

– Jika sudah tercampur semuanya, diamkan adonan 5 menit sebelum dituangkan ke wadah mesin es krim. Kemudian yogurt yang sudah ada di dalam wadah dibekukan menggunakan mesin es krim selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu yogurt siap untuk dipasarkan. Berikan toping buah agar yogurt lebih mengugah selera.

Tips usaha rumahan es krim dan yogurt

Bisnis es krim dan yogurt rumahan memang peluang usaha yang tidak akan lekang oleh waktu, bahkan mudah dijalankan oleh pemula sekalipun. Meskipun begitu bukan berarti Anda bisa dengan mudah menjalankannya tanpa ada perencanaan sedikitpun. Sama seperti bisnis lainnya, usaha es krim dan yogurt rumahan juga memerlukan strategi-strategi usaha agar bisa berkembang. Misalnya seperti apa? Berikut ini tips usaha es krim dan yogurt rumahan.

Tawarkan es krim dan yogurt yang jarang ada

Banyaknya orang yang memilih menjalankan bisnis ini menjadi tantangan terberat Anda. karena akan perasingan pasar akan bisnis ini akan semakin ketat. Untuk itu, Anda perlu memikirkan sebuah ide sajian es krim atau yogurt yang berbeda dari lainnya. Coba lakukan survei kebeberapa pencinta es krim serta yogurt dan mulai perbanyak wawasan mengenai cara pembuatanya.

Bentuk bisa jadi daya pikat

Anda pasti ingat dengan es krim kuburan atau es krim pot? Kira-kira kenapa kedua es krim tersebut bisa cepat dikenal oleh masyarakat? Tentu karena bentuk atau penyajiannya yang unik sehingga dapat menarik konsumen. Belajar dari ketenaran es krim-es krim tersebut, buatlah es krim dengan bentuk yang menarik, contohnya es lilin dengan bentuk karakter atau es krim cone lumut dengan toping cacing.

Cara penyimpanan juga perlu diperhatikan

Agar es krim dan frozen yogurt tidak cepat meleleh saat dibeli konsumen, penyimpanan yang tepat juga perlu Anda perhatikan. Bila Anda menggunakan mesin pembuat es krim hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Tapi bagaimana jika tidak? Dengan pendingin saja memang cukup, tapi untuk berjaga-jaga bila suatu saat pendingin rusak atau mati listrik, es krim dan frozen yogurt masih bisa bertahan lebih lama. Nah, mau tau cara menyimpan es krim yang benar?

– Agar es krim dan yogurt bertahan lama Anda bisa menyimpan es krim di wadah yang terang. Es krim yang disimpan dalam kemasan yang menyerap sedikit pasan akan membuat es lebih awet dan tahan lama.

– Produk tidak boleh terkena paparan sinar matahari langsung.

– Lapisi es krim atau yogurt beku dengan alumunium. Permukaan alumunium berfungsi untuk memantulkan cahaya.

– Handuk juga bisa digunakan untuk mencegah cahaya masuk ke dalam wadah es krim. Maka Anda bisa melapisi produk es krim dan yogurt Anda dengan handuk bersih agar lebih tahan lama.

– Letakan dry ice atau biang es kesekeliling es krim. Namun pastikan suhu udara di sekitar es krim tidak terlalu panas.

– Salah satu cara yang alami untuk menyimpan es krim adalah dengan memanfaatkan garam. Anda bisa taburi garam di atas wadah es krim.

Kemasan ice cream dan yogurt

Sudah sejak lama kemasan tidak hanya berperan sebagai pelindung produk dari kontaminasi sekitarnya. Bahkan ada yang mengatakan kemasan adalah brosur sebuah brand produk. Desainer kemasan, Louise Fili bahkan mengatakan meningkatkan label, wadah atau logo untuk makanan memiliki dampak yang melapaui estetika. Selain itu, ia juga mengatakan pelanggan cenderung menilai rasa makanan dari kemasannya. Jika kemasanannya tidak menarik dan ridak bisa dipercaya maka orang akan enggan membeli produk itu.

Bagi para pengusaha tentunya inginkan produk es krim dan yogurt buatan Anda lebih menonjol dibadingkan produk lainnya? Tapi apa saja sih yang harus diperhatikan dalam kemasan es krim?

Material kemasan disesuaikan dengan produk

Jika Anda menginkan produk es krim dan yogurt beku Anda tidak cepat mencair perhatikan juga material kemasannya. Pasti Anda pernah atau sering membeli es krim kan? Nah bahan yang digunakan biasanya menggunakan plastik berlapis aluminum foil, kertas karton, plastik mika, gelas atau kaca dan juga styrofoam. Anda bisa gunakan salah satunya untuk kemasan produk Anda.

Memberikan kemudahan untuk konsumen

Kemudahan di sini artinya pembeli bisa dengan mudah membuka kemasan Anda. Bhkan hanya itu saja, keperaktisan saat membawa produk juga satu hal yang menjadi faktor penunjang. Kemasan yang praktis dan juga mudah saat dibuka membuat konsumen merasa nyaman dengan produk yang dibelinya.

Desain kemasan Es Krim dan Yogurt yang Kreatif

Desain kemasan yang menarik dipercaya jadi daya tarik sebuah produk. Nyatanya banyak produk yang memiliki potensi untuk bisa bersaing di pasar lebih luas, namun hanya bisa mencapai penjualan lokal saja. Salah satu alasannya karena desain kemasan yang kurang menarik sehingga saat dipasarkan ke segmen yang lebih besar, produk itu akan kalah dengan produk lainnya yang lebih besar dan memiliki kemasanan yang lebih menarik serta kreatif. Nah, agar kemasan es krim dan yogurt Anda lebih menonjol dan tidak kalah dengan produk es krim lainnya, berikut ini ide kemasan yang unik dan kreatif yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Es krim Wine berkelas dengan kemasan kaca

Kebanyakan kemasan menggunakan material kemasan plastik, karton atau styrofoam, yang satu ini dikemas menggunakan toples kaca. Desainer kemasan Gelatovino menjelaskan dengan menggunakan glass container, menambah kesan elegan. Selain itu, desain ini menonjolkan es krim dan memudahkan konsumen menikmati es krim langsung dari wadahnya.

Kemasan Mungil Glace Ice Cream

Mungil, modern dan simple itulah yang bisa mendeskripsikan kemasan Glace Ice Cream. Desain tulisan dan warna kemasan dibuat ceria namun tetap simple. Kemasan ini menggunakan gelas kaca kecil dengan penutup aluminum. Selain untuk es krim, ide kemasan ini juga bisa digunakan untuk kemasan yogurt cair maupun beku.

Desain cup es krim dan yogurt Hokkaido Soft

Seperti yang kita tahu, bahan utama untuk membuat es krim dan yogurt adalah susu sapi. Bahan dasar ini menjadi inspirasi desain kemasan oleh prodsen es krim Hokkaido Soft yang berlokasi di Bangkok, Tahiland. Produsen es krim yang menggunakan kemasan ini mengungkapkan kalau kemasan ini dapat meningkatkan penjualan produknya.

Kemasan Ice Cream PMS

Sekilas produk es krim ini memang biasa. namun yang membuatnya unik adalah warna kemasan es krim ini mewakili tiga rasa berbeda yang mendeskripsikan tiga tahapan PMS. Sesuai dengan namanya ice cream PMS seorang desainer grafis di Texas, Amerika Serikat, berusaha untuk menggambarkan siklus suasana hati wanita saat PMS ke dalam kemasan tersebut. Misalnya tahap pertama, es krim rocky road dengan tulisan “Don’t Come Near Me”, tahap kedua es krim mint chocolate chip dengan tulisan “I Need Some More” dan terakhir es krim strawberry swirl “I Think I’m Dying”.

Es Krim Pop It dalam Kaleng

Tidak hanya daging yang dikemas menggunakan kaleng, es krim juga bisa dikemas menggunakan kaleng. Seorang Chef asal Hampton, New York adalah orang yang memproduksi es krim di dalam kelaeng dengan desain pop art. es krim ini berisi campuran es krim cookies dan cream, keju mascarpone, marshmallow bakar, caherrie dan root beer.

Freeze-Dried Ice Cream

Ini salah satu es krim yang cukup unik, bahkan kemasannya pun tidak biasa. Terinsiprasi dari makanan para astronot di luar angkasa, Astronaut ice cream dikemas di dalam plastik kedap udara. es krim ini dibuat dengan cara dikeringkan dalam keadaan beku atau yang biasa disebut dengan ‘freeze dried’.

Ice Cream Pop Mie Cup

Untuk kemasan yang satu ini pasti Anda sudah akrab. Kemasannya dibuat seperti kemasan mie dalam cup yaitu popmie. Di dalam gelas pop ice mie ini berisi dua atau tiga scoop es krim yang diatasnya di beri topig mie, roti kering warna warni yang dipotong kecil-kecil dan disajikan dengan tambahan vla di tempat yang terpisah. Es krim ini sudah cukup terkenal di daerah Bogor.

­Kemasan karakter lucu

Penggunaan kemasan es krim yang satu ini biasanya digemari oleh anak-anak karena menggunakan karakter hewan lucu seperti monyet, singa dan anjing dan kucing. Bagi Anda yang memiliki target pasar anak-anak Anda bisa jadikan kemasan ini inspirasi untuk produk es krim atau yogurt beku Anda.

Kemasan Dippin’ Dots Ice Cream

Kemasan es krim ini menggunakan bahan kertas karton dengan bentuk lingkaran. Dalam satu kemasan terdapat 4 varian rasa, di mana disediakan juga sendok kecil yang bisa digunakan oleh pembeli saat ingin mengkonsumsinya. Meskipun mungil, es krim kemasan ini juga dilengkapi dengan informasi komposisi dari es krim tersebut.

Kemasan Icebox Frozen Yogurt dan Es Krim 

Kemasan Icebox sama saja seperti kemasan es krim dan yogurt beku bisanya. Untuk bahan wadahnya mereka menggunakan cup, namun yang menarik cup itu cover lagi dengan box berbahan dasar karton. Sehingga membuatnya sangat nyaman dibawa-baha tanpa harus khawatir es krim atau yogurt akan berceceran di tangan.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY