Tips Cara Kirim Barang Via Pos

Cara Kirim Barang Via Pos

Saat ini jual beli online sedang marak di Indonesia. Yang kebagian untung bukan hanya pedagang atau pembeli online tapi juga pengantar jasanya. Salah satu yang mengalami keuntungan adalah PT. Pos Indonesia. Meski sempat tenggelam namun beberapa orang justru kembali lagi ke badan usaha yang melakukan pengiriman barang ini. Karena dinilai lebih murah apalagi jika melakukan pengiriman ke daerah terpencil. Cara Kirim Barang Via Pos memang agak berbeda daripada mengirim barang lewat jasa pengiriman lainnya. Agar Anda tak salah, maka akan Kami tuliskan tips cara mengirim barang Via Pos. Berikut caranya.

Berikut Cara Kirim Barang Via Pos dengan Aman dan Cepat

Pertama siapkan barang yang telah dipacking dalam wadah tertutup misalnya amplop, kardus, kantong plastik. Kemudian sertakan form pengiriman, lalu isi form keterangan pengirim dan penerimanya. Biasanya form pengirim ditulis di bagian belakang amplop sedangkan form penerima ditulis di bagian depan amplop.

Atau jika barangnya ukuran besar maka bungkuslah barang  yang akan dikirim tersebut dengan menggunakan kantung plastik hitam jika tak ada bisa menggunakan warna lain. Dan bisa juga menggunakan bagor bila pengirimannya kodian.

Jika sudah siap maka barang bisa dibawa ke kantor pos terdekat atau ke agen kantor Pos yang sekarang sudah ada dimana-mana sejak usaha jualan online menjamur di Indonesia. Biasanya setelah mengirimkan via pos maka akan mendapatkan nomor resi pengiriman.

Jika mau pengiriman lebih cepat maka bisa menggunakan paket pengiriman express biasanya paket untuk luar kota bisa tiba hanya dalam waktu dua hari. Sedangkan jika pengiriman biasa bisa mencapai 3-4 hari lamanya.

Jika Anda ingin mengirim barang via pos disarankan agar Anda membungkus dengan kertas coklat bukan kertas korang, karena bisa membingungkan tukang pos karena tulisannya akan tertimpa oleh tulisan koran. Bahkan beberapa kantor pos menolak jika barang yang akan dikirim disampul dengan kertas koran.

Kini PT Pos Indonesia mampu mengirim barang ke 49 kota/kabupaten, 600 titik layanan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Dan bisa juga mengirimkan dokumen dan barang hingga ke luar negeri dengan menggunakan paket pos standar luar negeri.

LEAVE A REPLY