Strategi Promosi yang Benar Agar Sukses Penjualan

Kualitas sebuah produk tidak selalu menentukan penjualan Anda. Nyatanya banyak hal pendukung lain yang ambil andil dalam suksesnya penjualan, misalnya promosi. Tidak ada promosi tentu produk Anda tidak mungkin dikenal oleh khalayak bukan? Untuk itu, mengapa Anda perlu sekali menyusun strategi promosi yang tepat.

Langkah ini dilakukan agar pelanggan sadar akan brand yang Anda perkenalkan, sehingga dapat menimbulkan rasa penasaran dibenak pelanggan. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini yang bisa Anda lakukan.

  1. Tentukan Target yang Ingin Dituju 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan target pasar yang potensial. Pastikan bahwa produk Anda bisa memenuhi kebutuhan target yang Anda tentukan. Bagaimana cara kita untuk menentukan target pasar yang tepat? Untuk menentukannya, Anda terlebih dahulu menentukan kelompok-kelompok pembelinya. Cara penentuannya tidak hanya berdasarkan demografi saja namun Anda juga harus melihat kebiasan mereka dalam melakukan pembelian. Bila sudah menentukannya, maka Anda akan lebih mudah menganalisis bagaimana konsep promosi yang harus Anda lakukan.

  1. Mengetahui Bagimana Karakter Target Konsumen Anda

Mengapa Anda perlu mengetahui karekter konsumen Anda? Hal ini bertujuan untuk agar dapat memberikan gimmick atau starategi pemasaran yang tidak biasa sehingga dapat diterima dan menarik perhatian mereka. Sebagai contoh, kami umpamakan produk Anda adalah minuman energy dan taget konsumen Anda termasuk ke dalam kategori Anak muda yang aktif. Nah, jadi pada saat promosi ada baiknya gunakan gaya Bahasa yang mencerminkan anak muda dan desain yang memvisualkan dunia mereka.

  1. Buat Konsep Promosi

Tema promosi atau pemasran dilakukan untuk menarik konsumen atau target pasar yang sudah Anda tentukan sebelumnya, seperti penyertaan tagline atau pesan menarik. Anda bisa memaksimalkannya dengan menggabungkan pesan dengan event-event tertentu, misalnya seperti yang dilakukan oleh minuman Teh Botol Sosro, perusahaan minuman lokal ini melakukan pemasaran dengan pesan yang sangat melekat dibenak semua orang, yaitu apapun makanannya, minumannya Teh Botol Sosro.

Dikutip dari platform Good News From Indonesia, Tagline ini dipilih berdasarkan 3 tradisi orang Indonesia, yaitu kebiasaan rutinitas makan masyarakat yang hampir 3 kali dalam sehari, budaya minum teh yang kuat dan terakhir saat tengah makan biasanya masyarakat Indonesia merasa ingin minuman, oleh karena itu, lahirlah tagline tersebut. Lewat tagline tersebut, masyarakat Indonesia akan merasa terdorong untuk menjadikan minuman Teh Botol Sosro sebagai minuman pendaping untuk makanan apapun sehari-hari.

Bila Anda belum mempunyai konsep promosi yang berikut ini cara untuk mengembangkan konsep promosi.

– Carilah insight yang relevan dengan target pasar yang dibidik.

– Lakukan pemetaan terhadap kompetitor.

– Tema promosi harus unik atau kreatif, singat dan padat, original, dan menarik orang untuk bertindak.

  1. Sertakan Kelebihan Produk yang Dapat Membedakannya dengan Produk Lain

Tidak hanya konsep pemasaran, kelebihan produk juga bisa disertakan pada saat mempromosikan produk. Hal ini dilakukan agar konsumen tahu apa yang membedakan produk Anda dengan produk serupa lainnya. Karena pada dasarnya pemilihan konsumen berawal dari seberapa baik produsen melakukan promosi maka Anda bisa tarik perhatian konsumen dengan cara ini, yaitu dengan memaparkan bahwa produk Anda memiliki nilai tambah yang tidak dimiliki oleh brand lain, seperti fiturnya yang lebih, komposisinya lebih baik, dan lain sebagainya.

  1. Buatlah Program Promosi yang Menarik

Alih-alih memberikan potongan harga atau memberikan produk secara gratis, Anda bisa menciptakan sebuah program promosi timbal balik. Maksudnya adalah Anda bisa membuat promosi yang melibatkan konsumen untuk melakukan “promosi” untuk produk atau brand Anda.

Misalnya Anda membuat program posting foto dengan hashtag tertentu, pelanggan berkesempatan untuk mendapatkan reward. Bila produk Anda adalah kuliner, Anda bisa memberikan gift cards untuk pelanggan yang mengikuti sayembara tersebut. Di mana gift cards tersebut bisa ditukarkan untuk pembelian berikutnya atau hadiah lainnya.

  1. Melakukan Promosi Online

Bagi pebisnis internet seperti surganya tempat promosi. Pelaku usaha bisa bebas memilih cara promosi yang mereka kehendaki, mulai yang berbayar hingga gratis dengan menggunakan platform media sosial. Namun agar tidak hanya sekedar posting produk tanpa mendapatkan penjualan apa-apa, ada baiknya Anda melakukan beberapa langkah berikut ini agar promosi di media sosial lebih efektif.

– Tawarkan promosi ekstra pada audiens Anda di sosial media. Bukan hanya menarik pelanggan lama cara ini juga bisa menarik perhatian pelanggan baru.

– Aktif melakukan mengajak pelanggan berdiskusi serta cepat merespons pertanyaan pelanggan di media sosial.

– Buat konten yang akan dipromosikan secara menarik dan teratur. Konten haruslah yang bersifat informatif yang dapat menggugah rasa penasaran agar audiens tidak menganggap bahwa akun media sosial Anda hanya tempat untuk promosi saja. Namun juga memberikan mereka pengetahuan. Dalam pemilihan konten pastikan masih berhubungan dengan produk Anda, misalkan bila produk Anda adalah obat kecantikan, Anda bisa mem-posting artikel tentang pentingnya perawatan tubuh dan lain sebagainya.

  1. Melakukan promosi offline

Meskipun sekarang ini promosi usaha online atau online marketing sedang gencar-gencarnya, namun Anda juga tidak bisa memungkiri bahwa pengaruh promosi offline juga cukup besar terhadap penjualan. Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi dengan cara konvensional, yaitu dengan cara menyebar brosur, iklan koran dan media cetak, atau jika punya modal lebih Anda juga bisa beriklan di papan reklame.

  1. Berikan Free Sample

Apakah free sample termasuk ke dalam promosi? Tentu saja, kebanyakan pembeli akan tertarik untuk membeli setelah mencoba produk, maka tidak ada salahnya jika Anda memberikan free sample untuk calon pelanggan. Percobaan cuma-cuma ini tidak hanya berlaku untuk produk makanan saja, produk seperti software atau produk yang sifatnya tidak dimakan juga bisa diaplikasikan. Seperti contohnya, aplikasi manajemen keuangan, dengan menyediakan trial selama 30 hari gratis.

  1. Aktif Menjadi Peserta Pameran

Pameran juga salah satu cara promosi yang efektif untuk memperkenalkan produk ke masyarakat. Hal ini karena pengujung yang hadir sesuai dengan target konsumen yang Anda tetapkan. Dengan begitu kegiatan pemasaran bisa langsung tepat sasaran. Tidak hanya mendapatkan pelanggan, Anda pun juga bisa menambah koneksi yang nantinya bisa membantu Anda untuk mengembangkan usaha. Selain itu, Dalam pameran Anda juga bisa mendaptkan informasi tren pasr yang sedang di gemari masyarakat, dengan cara melihat minat pengujung terhadap produk yang ada di area pameran. Dengan begitu Anda bisa menyusun strategi apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis yang Anda jalani.

  1. Gunakan Data Konsumen Untuk Promosi

Tujuan mengumpulkan data konsumen adalah agar Anda bisa memberikan promosi atau penawaran terbaru dari brand Anda langsung ke konsumen Anda dengan menggunakan platform email atau messenger. Dengan mengkontak langsung pelanggan, maka promosi tidak akan menjadi sia-sia sehingga besar kemungkinan terjadinya pembelian. Anda bisa membuat kategori sesuai dengan ketertarikan konsumen sehingga mereka akan langsung memberikan respons mengenai promosi yang Anda kirimkan. Tidak hanya promosi, cara ini juga bisa Anda gunakan unruk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. caranya dengan tidak hanya terus mengirimkan share promosi, namun Anda bisa sesekali memberikan ucapan selamat ulang tahun atau selamat hari raya pada momen-momen tertentu.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY