POS Sales, Teknologi Baru untuk Sistem Kasir Masa Kini

POS Sales atau Point of Sales adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail seperti restoran dan juga café. Dalam sistem POS biasanya dilengkapi dengan fitur untuk mengelola macam-macam diskon, membership, voucher, dan collecting points yang dipilih oleh kasir.

Umumnya, sistem POS merupakan seperangkat komputer dan mesin kasir, namun saat ini komputer digantikan oleh tablet pintar dan menggunakan sistem operasi Android yang lebih ringkas dan tidak lagi menggunakan kabel atau wireless.

Baca Juga : Kursus Digital Marketing GoUKM Training Center

Belum banyak masyarakat yang mengenal POS Sales. Padahal dengan menggunakan sistem POS, sistem manajemen usaha Anda akan sangat terbantu.

Manfaat Point Of Sales

Dengan menggunakan sistem POS, Anda tidak harus selalu memantau persediaan komoditas. Sistem POS dapat melacak dan memberikan rangkuman informasi kepada Anda. Selain itu, software POS dapat mencatat setiap penjualan setiap detiknya, sehingga catatan persediaan Anda akan selalu diperbarui.

Sistem POS juga sangat memungkinkan Anda untuk memonitor biaya satuan, menghitung ulang stok, dan menganalisa persediaan, hingga detail per barangnya.

Jika Anda memiliki lebih dari satu usaha, maka sistem POS ini akan sangat memudahkan Anda. Anda tidak perlu lagi bolak balik dari satu lokasi ke lokasi lainnya karena sistem POS bisa melacak persediaan disetiap lokasi usaha Anda.

Keuntungan Menggunakan Point of Sales

Bagi Anda yang tertarik menggunakan POS untuk usaha, berikut adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan sistem POS

Dapat Mempermudah Transaksi Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit saat ini sangatlah berkembang pesat. Hampir setiap pembayaran  dilakukan menggunakan kartu kredit. Untuk itu, Anda sebagai pelaku usaha akan sangat dimudahkan.

Sistem POS mampu melacak setiap rupiah yang dihasilkan dari produk Anda, dan juga bisa menjadi prosesor kartu kredit. Server POS nantinya akan bertanggung jawab untuk mencatat setiap penjualan, sehingga akan mengurangi kemungkinan terjadinya kasus pencurian di resto atau café Anda.

Memberikan Kemudahan Komunikasi Antara Staf di Dapur dan Pelayan

POS mampu membuat alur komunikasi antara dapur dengan staf pelayan menjadi sederhana. Pesanan dapat diunggah melalui komputer yang nantinya akan tersambung ke printer dapur dan list pesanan dapat langsung dicetak.

Dapat Melakukan Pembukuan

POS Sales dapat membantu Anda untuk mempersiapkan sistem penggajiaan. Selain itu, POS juga dapat mengatur segala macam urusan operasional harian usaha Anda, karena POS juga berperan sebagai akuntan pribadi yang dapat mengatur laporan laba rugi serta pajak penjualan Anda.

Namun perlu Anda ingat, seringlah melakukan back-up agar Anda tidak kehilangan semua data-data penting saat terjadi eror.

Kekurangan Menggunakan Point of Sales

Meski memiliki banyak keuntungan, bukan berarti Point of Sales tidak memiliki kekurangan. Agar Anda bisa mengantisipasinya, berikut beberapa kekurangan yang dimiliki Point of Sales

Terdapat Biaya

Dikarenakan banyaknya fitur serta kemudahan yang diberikan, POS menerapkan harga yang cukup lumayan setiap bulannya. Apalagi jika usaha yang Anda jalankan baru dirintis dan harus mengeluarkan banyak biaya.

Adanya Virus

Meskipun bisa diakses secara offline, namun tetep saja pengguna harus menggunakan akses internet. Penggunaan software sangat rentan terhadap virus. Hal tersebut sering dikhawatirkan karena sangat berbahaya dan membuat sulit proses transaksi dan pelaporannya.

Start-Up Penyedia Layanan Point of Sales

Sejumlah start-up lokal sudah mulai menyediakan sistem POS yang lebih sederhana, terjangkau, dan memanfaatkan teknologi terkini seperti Cloud, Tablet, dan perangkat lainnya. Berikut adalah start-up penyedia layanan POS

Moka

Salah satu startup POS yang memanfaatkan tablet sebagai mesin utamanya adalah Moka. Anda hanya perlu memasang aplikasi POS pada tablet yang Anda miliki dan menambahkan perangkat tambahan seperti laci uang, printer, dan perangkat scan.

Moka juga menyediakan alat analisis penjualan yang bisa Anda gunakan saat ingin menganalisis laporan penjualan Anda. Data inventaris dan penjualan bisa diakses di mana saja dan kapan saja.

Dilansir dari id.technisia.com, Moka menerapkan model bisnis berlangganan dengan tarif Rp250 ribu per bulannya.

Pawoon

Pawoon merupakan aplikasi kasir POS yang berbasis online (cloud). Dengan menggunakan smartphone atau tablet, Anda dan bisa langsung menjadikannya sebagai mesin kasir. Tidak hanya itu, Pawoon juga menyediakan layanan manajeman retail atau cabang, laporan transaksi penjualan, manajemen stok, hingga manajemen pelanggan.

Pawoon menerapkan model bisnis berlangganan dengan dua paket pilihan. Yakni paket basic yang diberikan secara gratis selama 10 hari. Sedangkan untuk paket premium ditawarkan seharga Rp249 ribu per bulannya dengan keunggulan jumlah transaksi, jumlah produk, dan jumlah staf yang tidak terbatas.

Olsera

Bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis ke dunia online, Anda bisa menggunakan Olsera. Cukup berbeda dengan sistem POS lain, Olsera memberikan layanan pembuatan toko online sehingga dapat memudahkan pemilik offline yang ingin mengembangkan bisnisnya.

Dikutip dari id.technasia.com, Olsera menetapkan biaya mulai dari Rp125 ribu per bulannya dengan dengan sistem POS, sedangkan untuk Anda yang ingin membuka toko online, maka akan dikenakan biaya Rp95 ribu. Serta Rp375 ribu per bulan untuk pemakaian sistem melalui aplikasi mobile.

Deal Pos

Deal Pos memanfaatkan sistem komputasi awan untuk sistem POS yang mereka jalankan. Pengguna hanya perlu menggunakan komputer dan internet agar dapat menggunakan sistem tersebut. Meskipun menggunakan internet, Deal Pos tetap memungkinkan penggunanya untuk mengakses dalam keadaan offline.

Deal Pos menerapkan model paket bisnis berlangganan. Paket starter dengan harga Rp150 ribu per bulan, dan paket standar dengan harga Rp250 ribu per bulan.

Omega Pos Cloud

Berbeda dengan POS lain, Omega Pos Cloud terbilang masih menggunakan sentuhan sistem tradisional karena Anda harus memasang sebuah software di komputer kasir. Namun Anda tak perlu khawatir karena Omega Pos Cloud telah memanfaatkan sistem komputasi awan untuk menyimpan data para pelanggan.

Omega Pos Cloud menawarkan layanan dengan harga mulai dari Rp125 ribu per bulan untuk layanan basic. Jika Anda menginginkan sistem yang lebih lengkap dengan penambahan fitur, maka Anda diharuskan membayar Rp165 ribu per bulan dan fitur akuntansi dengan mambayar Rp 330 ribu per bulannya.

HelloBill

HelloBill menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan memiliki dua jenis layanan, yaitu HelloBill Retail yang digunakan untuk toko retail, dan HelloBill Resto yang digunakan untuk bisnis restoran. Tak hanya itu, HelloBill juga akan menambahkan layanan POS pada bisnis kecantikan seperti barbershop dan spa.

Nadipos

NadiPos merupakan startup POS yang fokus pada usaha kuliner. Resto terkenal seperti Burgreens, Killiney, dan Ice Cream Gentong merupakan klien dari Nadipos.

Meeber POS

Sama dengan Nadipos, Meeber pos juga merupakan start-up yang fokus pada industri kuliner. Meeber POS juga menyediakan layanan dalam tampilan sehingga Anda selaku pelaku bisnis dapat memonitor perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Dokuku

Dokuku juga memberikan layanan POS yang dapat memudahkan Anda untuk mencatat transaksi penjualan dengan menggunakan aplikasi ini. Saat ini, Dokuku didukung oleh operasi berbasis Windows dan Android, dan dapat digunakan untuk memantau bisnis resto serta retail.

Folio

Program kasir, manajemen stok dan berbasih komputasi awan. Sistem pada Folio dapat berjalan secara online maupun offline di semua perangkat seperti komputer, laptop, tablet dan ponsel.

Untuk paket, Folio memberikan dua paket penawaran. Yakni paket standar seharga Rp99 ribu dengan maksimal lima orang sebagai pengguna. Sedangkan paket professional menawarkan harga Rp 139 ribu dan memiliki keuntungan yakni penggunanya tidak terbatas.

Baca Juga : Pengusaha Sukses Bidang Teknologi Digital, Ikuti Cara Mereka Meraih Kesuksesan.

Komponen Hardware pada Point of Sales

Agar dapat bekerja dengan maksimal, Anda memerlukan komponen hardware yang nantinya akan tersambung pada sistem POS. Berikut adalah komponen hardware yang harus Anda miliki

  1. CPU atau Central Processing Unit
  2. Monitor CRT atau LCD
  3. Customer Display yang digunakan untuk memperlihatkan informasi kepada konsumen Anda
  4. Mini printer yang digunakan untuk mencetak struk dan slip
  5. Cash Drawer sebagai laci untuk menyimpan uang dan dapat terbuka secara otomatis
  6. Barcode Printer yang digunakan untuk membaca isi barcode
  7. Programmable Keyboard adalah keyboard yang setiap tombolnya dapat diprogram isinya
  8. MCR atau Magnetic Card Reader yang berfungsi sebagai pembaca data yang tersimpan pada kartu magnet seperti kartu kredit dan ATM
  9. Jaringan internet

Pada dasarnya POS Sales merupakan cara yang praktis untuk melacak arus kas usaha Anda. Sistem POS Sales juga dapat meningkatkan penjualan melalui peningkatan kepuasan pelanggan karena Anda telah memberikan pelayanan yang ringkas dan cepat tanggap.

SHARE

LEAVE A REPLY