Maksimalkan Promosi Online UMKM, JNE Perkenalkan Pesona Nusantara

Perkembangan e-commerce di Indonesia semakin pesat saja. Jika dingat-ingat sebelumnya hanya ada beberapa situs jual beli online yang ada di Tanah Air. Sekarang, industri retail pun mulai mencicipi bisnis ini, seperti halnya MatahariMall.com.

Hal ini tidak mengherankan karena dilihat dari statistik pengguna internet yang semakin meningkat maka potensi akan bisnis berbasis internet pun kian kencang. Di tahun ini, We Are Social mendata perkembangan e-commerce di tanah air beranjak naik di mana jumlah pengguna internet yang berbelanja secara online disebut telah mencapai 24.74 juta orang. Dan selama setahun terakhir, para pengguna tersebut menghabiskan uang sebesar US$ 5.6 miliar (sekitar Rp 74.6 triliun) untuk berbelanja di berbegai e-commerce. Maka wajar saja, banyak sektor industri yang mulai mencoba mengikuti arus yang sekarang ini sedang berkembang.

Tidak hanya retail saja yang berani terjun ke dunia jual-beli online, pasalnya perusahaan jasa pengantaran barang yang cukup besar di Indonesia pun mulai merambah bisnisnya ke dunia e-commerce. Perusahan Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang disingkat dengan JNE adalah salah satunya. Selain JNE, perusahaan jasa pengiriman lain seperti Pos Indonesia juga mendirikan e-commerce pada tahun 2013 yang awalnya diberi nama GaleriPos dan kini diubah menjadi PlazaPos.

Pesona Nusantara, Promosi Online UMKM

Di awal tahun 2010 JNE memperkenalkan Pesona Indonesia atau disebut juga dengan Pesan Oleh-oleh Nusantara. Layanan ini merupakan bentuk kerjasama antara JNE dan perusahaan perbankan lainnya serta tak luput beberapa layanan e-commerce. Dalam rangka mengembangkan UKM, JNE mendirikan Pesona Nusantara ini sebagai upaya untuk ikut mengembangkan UKM di Indonesia, yang mana dapat memperkenalkan produk lokal daerah hingga menjadi skala nasional dan sekaligus meningkatkan daya saing pelaku usaha UMKM terutama di sektor industri makanan dan kerajinan daerah.

Pilihan makanan dari beberapa daerah di Indonesia yang dipromosikan melalui Pesona Nusantara sudah melewati masa uji coba hampir setahun, sehingga aman dikonsumsi oleh pelanggan. Pesona Nusantara mengadirkan lebih dari 3.000 varian produk makanan khas di sejumlah daerah di Indonesia yang bisa Anda pilih.

Hingga kini sudah terdaftar lebih dari 200 UMKM yang sudah menjadi vendor Pesona Nusantara. Lewat Pesona Nusantara para pengusaha UMKM tersebut dapat mengetahui sistem bisnis baru yang simpel dan mudah. Di mana setiap kendala-kendala seperti pemasaran, pembayaran dan pengiriman bisa lebih mudah di atasi dengan sistem kerjasama UMKM dengan Pesona Nusantara.

Untuk pemesanannya pun sama seperti toko online lainnya, di mana pembeli cukup mencari produk yang ingin dibeli, selanjutnya klik icon Keranjang Belanja pada tiap foto produk-produk yang ingin dibeli atau klik Tambahkan Ke Keranjang di halaman deskripsi produk. Untuk melanjutkan ke pembayaran masuk ke halaman Keranjang Belanja, lalu klik tombol “Bayar Pesanan (Checkout)”. Nantinya pembeli diminta untuk login terlebih dahulu, selanjutnya diteruskan ke pemilihan sistem pembayarannya. Sistem pembayarannya pembeli bisa menggunakan Transfer melalui bank, kredit atau wallet Doku, atau pembayaran melalui merchant Pesona lainnya.

Bagaimana cara menjadi Vendor atau ingin mempromosikan produknya ke Pesona?

Pesona memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk pengusaha di sektor Kecil Menengah untuk mulai berpromosi melalui platform ini. Jadi bila Anda ada niat ada tiga langkah mudah untuk menjadi vendor Pesona Nusantara, yaitu isi formulir, kirimkan foto produk, dan tunggu balasannya. Berikut tata cara selengkapnya.

Persyaratan dan ketentuan :

– Mendaftarkan diri atau mengisi Form Registrasi vendor (form registrasi bisa diunduh di sini )

– Mengirimkan Brosur Produk (jika tersedia)

– Lapirkan foto produk, harga dan keterangan

– Lapirkan foto produk (resolusi 600 x 600 pixel dan foto asli yang belum di watermark)

– Salinan Penanggung jawab

– Salinan Sertifikasi izin BPOM/Depkes RI/Dinkes/P-IRT

– Salinan Sertifikat halal

– Sample produk (digunakan untuk uji rasa, uji ketahanan dan pemotretan)

Syarat dan sample yang diperlukan dikirikan ke alamat berikut:

Merchant Development Pesona JNE
Jalan Tomang Raya No.38 (lantai 2)
Jakarta Barat 11440

Ketentuan pemilik produk:

-Pemilik harus menjamin produk yang dijual aman untuk di konsumsi sesuai izin kesehatan dan sertifikasi yang berlaku.

– Pemilik wajib menyiapkan kemasan produk yang baik dan layak kirim, dan dikonsultasikan sebelumnya dengan Tim Pesona.

– Pemilik melakukan proses konfirmasi apabila terjadi perubahan harga produk, penambahan varian produk serta informasi lainnya terkait produk maupun event promo yang akan diselenggarakan kepada Pesona.

– Bersedia lokasinya ditempatkan Alat-alat promosi Pesona seperti Banner/Brosur/Acrylliuc Display.

– Mengijinkan Pesona untuk mempromosikan produk yang dimiliki dengan tidak terbatas pada penggunaan Logo, Foto Produk, Nama Produk, Keterangan/Artikel/maupun Video terkait produk, baik di media online maupun offline dengan catatan diketahui oleh kedua belah pihak.

– Data pemesanan harian kepada pihak vendor maksimal jam 11 siang

– Setiap pemesanan dilakukan di atas jam 11 siang maka akan diproses esok harinya

– Data dapat langsung dikirimkan ke email customercare@pesonanusantara.co.id.

Pesona Hadir di Smartphone Android

Untuk memudahkan pemesanan Pesona Nusantara juga hadir secara mobile. Artinya tidak hanya melalui laman website pesonanusantara.co.id saja pembeli bisa melakukan pemesanan makanan khas daerah di Indonesia tapi juga bisa melalui aplikasi Pesona Nusantara. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Android Store.

Sama seperti tampilan Dekstop, pada aplikasi mobile tersebut kategori-kategori yang bisa dipilih konsumen sama lengkapnya, mulai dari bolu, dodol, kopi, jajanan pasar, bumbu, herbal, hingga manisan. Pembayaran juga bisa dilakukan melalui aplikasi tersebut yang akan disediakan beberapa metode pembayaran, termasuk kartu kredit.

Dikutip dari kontan.co.id, Agus Hartono selaku Chief Sales and Marketing Officer JNE mengatakan meskipun sekarang ini produk yang ditawarkan masih fokus pada produk-produk nusantara, namun tidak menutup kemungkinan bahwa ia akan melakukan diverisifikasi produk untuk mengisi portal e-commerce miliknya ini dengan berbagai produk lain yang dibutuhkan oleh konsumen Indonesia.

Dengan latar belakang perusahaan logistik, JNE berharap dengan penggabungan jasa, yaitu jasa wadah jual beli dan pengataran barang akan memberikan pengelaman berbelanja yang memuaskan bagi para pelanggan. Selain itu, layanan ini juga diharapkan dapat berdampak pada peningkatan pengiriman melalui JNE dan peningkatan UMKM di Indonesia. Sehingga mereka bisa tumbuh menjadi pengusaha dengan skala usaha cukup besar dan mempunyai produk dnegan brand yang lebih mentereng.

LEAVE A REPLY