Peluang Usaha Agribisnis 2017: Sedang Trend dan Menguntungkan

Agribisnis menjadi bisnis yang dipandang sebelah mata. Padahal Agribisnis merupakan bisnis yang patut diperhitungkan. Bahkan 5 dari 10 orang terkaya di Indonesia membuka peluang usaha Agribisnis. Jadi salah jika selama ini orang-orang memandang remeh. Apalagi tahun ini peluang usaha Agribisnis 2017 berpotensi besar.

Dimana orang-orang sibuk berbisnis lain dan melupakan peluang bisnis agribisnis 2017 disanalah kita mulai untuk membuka peluang usaha Agribisnis 2017.  Berikut peluang usaha Agribisnis 2017 yang rekomendid untuk Anda

  1. Hidroponik

Peluang Usaha Agribisnis

Ketika tanah sudah sulit dicari maka hidroponik menjadi solusi. Apalagi di daerah ibukota lahan sulit sekali. Begitu juga media tanam berupa tanah. Dan meskipun daerah tersebut kekurangan air hidroponik tetap menjadi solusi karena hidroponik kebutuhan airnya lebih sedikit dibandingkan jika kebutuhan air pada budidaya tanah.

Meski tak semua orang tahu bagaimana bercocok tanam dengan hidroponik. Budidaya ini mudah untuk dikembangkan. Selain itu hemat tempat, benda-benda yang digunakan untuk hidroponik bisa ditemukan di sekitar kita seperti stoples, ember, gelas, botol plastik. Namun meski menggunakan media air tidak boleh benih diusahakan media dibungkus dengan almunium foil atau sejenisnya untuk menghindari lumut yang tumbuh bila media bening.

Tanaman hidroponik menjadi salah satu peluang usaha agribisnis 2017 karena tanaman hasil hidroponik lebih sering dicari oleh restauran dan supermarket karena hemat air untuk mencuci, tidak menggunakan pestisida, higiensi karena tidak menyentuh tanah dan tidak diserang hama seperti ulat.

  1. Jual Bibit untuk Parfum

Peluang Usaha Agribisnis 2017

Hampir semua orang tak percaya diri jika tidak menggunakan parfum. Sehingga parfum bisa dibilang merupakan salah satu bisnis yang potensial. Namun untuk membuat parfum tentulah tidak mudah membutuhkan alat khusus dan tentunya tempat yang khusus seperti laboraturium. Namun Anda tetap bisa membuka bisnis ini dengan menjual tanamannya.

Tanaman untuk parfum beraneka macam seperti cendana, akar wangi, mawar, melati, bunga sedap malam, lavender, cengkeh, jahe, kapulaga. Kayu manis, kenanga, selasih, sereh, vanila dan daun mint. Tanaman-tanaman tersebut bisa mudah tumbuh di Indonesia sementara di negara tetangga belum tentu. Sehingga banyak orang asing yang mencari bibit parfum ke Indonesia. Anda mungkin bisa menjadi pemasoknya. Membuka usaha untuk menjual bibit untuk parfum.

  1. Tanaman Hias

Peluang Usaha Agribisnis 2017

Tanaman hias tentunya salah satu peluang usaha. Karena tanaman hias memang dijadikan penyejuk udara sekaligus mata. Apalagi wanginya juga menggoda. Biasanya tanaman hias digunakan untuk mendekorasi rumah, kantor, gedung, sekolah, taman, dan rumah sakit. Tanaman hias memang sangat dibutuhkan untuk keindahan suatu ruangan.

Harga tanaman hias pun patut diperhitungkan tanaman hias yang ukurannya masih kecil saja mencapai Rp5000 apalagi yang ukurannya besar.

Untuk berbisnis ini jangan lupa Anda harus rajin membaca trend pasar karena tanaman hias trendnya selalu berubah. Misalnya gelombang cinta, saat sedang trend tanaman hias tersebut satu bibitnya yang ukurannya masih 3 cm seharga Rp50.000 namun saat tidak trend dengan Rp50.000 bisa mendapatkan gelombang cinta yang ukuran besar.

Selain itu Anda juga harus mengetahui tanaman hias apa yang selalu dicari sepanjang masa seperti mawar, melati, anggrek, daisy, dahlia itulah tanaman yang selalu dicari meski trend terus berganti. Harga tanaman tersebut tetap di atas rata-rata.

  1. Bunga Potong

Peluang Usaha Agribisnis

Jika berbicara mengenai bunga potong tentunya tak jauh dari tanaman hias. Bedanya bunga potong merupakan tanaman hias yang akarnya sudah dipotong. Sehingga untuk bertahan hidup bunga potong diberikan larutan sukrosa sehingga bisa bertahan lama. Bunga potong biasanya digunakan untuk acara pernikahan untuk mendekorasi pelaminan atau sebagai bunga tangan sang mempelai. Bunga potong juga biasanya digunakan sebagai hadiah wisudaan, hadiah kepada sahabat hingga untuk acara pemakaman.

Setangkai bunga potong biasanya seharga 20 ribu rupiah. Harganya lumayan mahal bukan. Namun berbisnis ini memang berisiko tinggi karena bunga potong hanya bertahan seminggu. Itu pun harus dengan perawatan yang khusus.

  1. Bonsai

Peluang Usaha Agribisnis 2017Bonsai termasuk ke dalam tanaman hias. Namun tak semua tanaman hias bisa dibonsaikan. Karena tanaman yang bisa dibonsaikan harus memiliki usia yang panjang sehingga memiliki batang yang keras dan daun yang lebat. Selain itu tanaman tersebut bisa dikembangkan secara vegetatif atau stek.

Bisnis bonsai berbeda dengan tanaman umumnya yang hanya membutuhkan penyiraman dan pemupukan. Bonsai merupakan tanaman yang harus dilakukan perawatan khusus sehingga bisa tumbuh dengan baik. Seperti harus sering dilakukan penggantian pot, karena bonsai merupakan tanaman yang butuh pot yang dangkal agar mendorong pertumbuhan akar yang baru. Penyiraman bonsai juga tidak boleh terlalu banyak karena bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur.

Bonsai juga tidak boleh terlalu terkena sinar matahari karena bisa merusak tanaman. Pemangkasan secara rutin pun perlu dilakukan karena bonsai merupakan tanaman yang kerdil. Jadi jangan sampai dia justru tumbuh besar. Ada beberapa jenis bonsai seperti bonsai serut, bonsai kelapa, bonsai beringin. Dan paling umum ditemui adalah bonsai beringin.

  1. Kaktus

Peluang agribisnis yang diprediksi akan trend di tahun 2017 adalah bisnis kaktus. Tanaman sukulen yang berduri tersebut ternyata ada penggemarnya sendiri. Dan bukan hanya sebagai tanaman hias, kaktus bisa dijadikan sebagai sovenir untuk acara wisudaan, pernikahan, ulang tahun dan sebagainya.

Biasanya kaktus yang digunakan sebagai sovenir adalah kaktus. Namun tak semua kaktus bisa dijadikan sebagai sovenir. Misalnya saja kaktus hias Ariocarpus, kaktus Hias Astrophytum, kaktus hias Cereus Tetragonous, Echinocactus Grusonii, Echinofossulocactus, Ferocactus, Gymnocalycium, Haworthia Attenuata (Zebra), Lobivia Oganmaru, Mammillaria Elongata Var Intertexta, Melocactus, Parodia.

Baca Juga:  Prediksi Peluang Usaha yang Akan Booming 2018

  1. Sayuran packing

Peluang Usaha Agribisnis 2017

Berjualan sayuran tentunya sudah sering ditemukan dan banyak saingan. Namun bagaimana dengan berbisnis sayuran packing? Tentunya jarang dan hanya biasa ditemukan di supermarket. Namun bagaimana jika ini dicoba? Di kota-kota besar banyak kaum hawa yang sibuk bekerja sehingga ingin yang praktis agar cepat dimasak.

Dan biasanya sayur tersebut selain sudah dipotong-potong juga sudah dikemas berdasarkan jenisnya. Misalnya sayur sop maka sayurang packing berisikan wortel, kentang, kol, seledri, daun bawang, tomat. Dengan itu meski wanita tersebut adalah wanita karier maka masih bisa memasak sendiri.

8. Tanaman Hidrogel

Peluang Usaha Agribisnis

Bagi orang yang memiliki hobi bercocok tanam namun di daerah perkotaan. Sepertinya agak sulit menemukan lahan yang cukup luas dan tanah yang subur untuk menekuni hobinya. Namun jangan khawatir kini sudah ada media tanam hidrogel.

Media tanam ini cukup menarik karena warnanya yang berwarna-warni. Bentuknya pun unik dingin seperti gel. Sehingga tanaman hias Anda akan tambah cantik. Hanya saja media tanam hidrogel hanya cocok digunakan di dalam ruangan. Karena tidak boleh banyak tergenang air yang bisa membuat busuk pada akar.

Dan tak semua tanaman bisa ditanam dalam hydrogel hanya tanaman yang memiliki kriteria Aglaonema sp, Anthurium sp (berbagai jenis kuping gajah),Diffenbachia sp, Philodendron sp, Dracaena sp (bambu china, bambu jepang), Scidapsus sp (sirih belanda), Syngonium sp, Spathiphyllum sp, Cyperus sp (rumput payung), Cordyline sp (berbagai jenis hanjuang), (Philodendron berdaun belah), rumput hias (berwarna hijau dengan garis putih di sisi daun dan berumbi), bambu rejeki, sansiviera, sirih hias, sri rejeki, serta tanaman sayuran seperti caisim, selada dan kangkung

9. Terarium

Di kota-kota besar, banyak orang ingin memiliki taman namun tak memiliki lahan. Ini bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda. Karena Anda bisa membuat taman buatan yang tak perlu lahan yang besar. Taman tersebut bernama terarium. Taman tersebut berada di dalam ruangan dengan wadah kaca.

Dan di dalam kaca tersebut bisa diletakan tanaman. Keunggulan dari terarium bisa ditanamkan oleh hampir seluruh tumbuhan. Tidak hanya pada tumbuhan paku, lumut, sukulen dan kaktus. Dan sebaiknya memilih tanaman yang memiliki karakteristik sama sehingga bisa tumbuh dengan baik.

Ukuran terarium tentunya tak sebesar taman pada umumnya. Hanya sebesar akuarium rumahan. Sehingga pilihlah tanaman yang ukurannya tidak besar. Selain itu pilihlah tanaman yang suka teduh karena terarium harus toleran terhadap tingkat cahaya rendah. Karena jika tanaman disimpan dalam cahaya gelap maka tanaman bisa stres dan mati. Hindari terkena sinar matahari langsung. Karena matahari langsung bisa membuat kelembapan terjaga. Dan penyiraman dilakukan hanya 1-2 minggu untuk melembapkan tanah

 10. Boneka Horta

Peluang Usaha Agribisnis

Bagi wanita boneka memiliki arti yang tersendiri. Berbagai jenis bentuknya ada yang berbentuk bayi, wanita cantik, tokoh animasi hingga hewan. Namun bagaimana jika boneka tersebut berbentuk tumbuhan? Boneka horta namanya.

Boneka  yang terbuat dari serbuk kayu tersebut apabila di siram terus menerus maka akan tumbuh rambut berupa berwarna hijau di atas kepalanya. Karena memang di dalam boneka horta terdapat bibit rumput yang berada di antara serbuk gergaji yang merupakan media tanamnya.

Boneka ini dijadikan sebagai hadiah untuk orang wisuda, souvenir pernikahan dan event-event pertanian.  Boneka ini juga bisa dijadikan sebagai hadiah untuk anak-anak agar mereka bukan sekedar bermain namun juga meningkatkan kreativitas dan imajinasi mereka. Harga boneka horta mulai dari Rp12-30 ribu.

11. Boneka Potty

Peluang Usaha AgribisnisJika dilihat selintas boneka potty mirip dengan boneka horta padahal berbeda. Namun boneka potty lebih dirancang sebagai pot. Karena potty memang boneka yang dirancang untuk media tanam baik tanaman hias maupun sayur-sayuran. Layaknya sebuah pot boneka potty dibuat agar akar tanaman bisa berkembang di dalam boneka tersebut.

Perbedaan lagi antara boneka potty dan horta terletak pada daya gunanya. Boneka horta digunakan hanya satu kali sementara boneka potty bisa digunakan berkali-kali karena berfungsi sebagai pot tempat menyemai aneka benih.

Boneka ini selain banyak digunakan sebagai sovenir pernikahan dan hadiah juga busa dibuat untuk memerangi global warning, selain itu bisa digunakan juga untuk mengajarkan anak-anak agar lebih bertanggung jawab, kreatif dan imajinatif karena menggunakan boneka potty untuk bermain dan belajar.

12. Tabulampot

Peluang Usaha Agribisnis

Tanaman buah dalam pot atau yang disebut dengan tabulampot memang menjadi alternatif bagi orang yang ingin punya pohon yang berbuah namun terbatas dengan lahan yang sempit. Merekalah yang bisa menjadi market Anda dalam berbisnis tabulampot.

Anda tak mesti menjadikan ini sebagai bisnis utama namun bisa menjadi bisnis sampingan karena Anda masih bisa bekerja. Yang terpenting Anda rutin menyiramnya. Perawatan khusus yang bisa diberikan adalah dengan memberikannya pupuk yang bisa dilakukan seminggu sekali.

13. Merangkai Bunga

Peluang Usaha Agribisnis

Bisnis yang satu ini sedang naik daun. Terutama ketika banyak pelantikan kepala daerah. Pastinya banyak pesanan menyusul. Tak hanya itu ketika acara wisuda, pembukaan rumah makan, restoran, kelahiran, pernikahan hingga kematian rangkaian bunga menjadi pilihan sebagai ucapan.

Harga rangkaian bunga sendiri beragam dan rata-rata Rp 500.000/rangkaian. Tentunya untuk membuka usaha ini butuh seni dalam merangkai bunga. Juga pasokan dari bunga potong tentunya. Sehingga Anda harus bekerja sama dengan petani bunga atau distributor bunga potong. Jika memiliki lahan sendiri Anda bisa menanamnya sendiri.

14. Sayuran dan Buah Organik

Peluang Usaha Agribisnis

Back to nature, trend beberapa tahun ini ternyata bukan sekedar slogan. Namun juga mulai diterapkan oleh orang Indonesia. Mereka ingin kembali ke alam. Menggunakan bahan alami tanpa zat kimia. Karena mereka sudah mengetahui bahwa sayuran dan buah organik tersebut banyak menimbulkan penyakit,  terutama kanker.

Memang harga sayuran dan buah organik lebih mahal karena perawatannya pun ekstra. Karena jika tanpa menggunakan pestisida maka tanaman lebih rentan terserang hama penyakit. Rasa dari sayuran dan buah organik pun lebih enak tidak mengandung rasa pahit. Seperti buah atau sayuran yang menggunakan pestisida. Selain sayuran dan buah organik ada juga beras organik yang kini sedang trend di masyarakat.

15. Obat-Obatan Herbal

Peluang Usaha Agribisnis

Kini sebagian masyarakat lebih memiliki menggunakan obat-obatan herbal dibandingkan jika mengonsumsi obat-obatan kimia. Tentunya karena sudah tahu efek samping obat-obatan kimia lebih berbahaya dibandingkan jika obat-obatan herbal. Selain itu harga dari obat-obatan herbal pun lebih murah dibandingkan obat-obatan kimia.

Berbisnis obat-obatan herbal bisa dimulai dengan membuka toko sendiri atau toko secara online. Biasanya obat-obatan yang dijual berupa sari kurma, jinten, kunyit asam, temulawak, kulit manggis dan lain sebagainya.

16. Bisnis Merangkai Buah

Peluang Usaha Agribisnis

Jika biasanya orang merangkai bunga untuk keperluan bisnisnya Nmaun, yang satu ini justru merangkai buah. Bisnis ini memang terbilang baru Tapi ternyata banyak peminatnya Biasanya rangkaian buah akan dipesan ketika ada event-even besar seperti makan-makan dalam acara pernikahan, pelantikan, ulang tahun, hingga acara keagamaan

Buah yang dirangkai berbagai macam muai dari semangka, anggur, melon, nanas, apel Biasanya buah-buahan tersebut dibentuk menyerupai bunga atau daun Bahkan ada juga yang menyerupai manusia Dan ternyata merangkai bunga bukan hanya untuk bisnis saja namun juga untuk perlombaan.

17. Usaha Asinan dan Manisan

Peluang Usaha Agribisnis

Meski banyak peminatnya namun berbisnis buah ternyata terbilang sulit. Karena buah lebih cepat membusuk jika disimpan dalam waktu lama. Namun Anda tak perlu khawatir karena buah bisa diasinkan dan dibuat manisan. Dengan begitu buah menjadi lebih lama masa simpannya. Namun tak semua buah bisa diasinkan atau dimaniskan.

Biasanya buah tersebut seperti kedongdong, pepaya, nanas, jambu, bengkoang dan lain-lain. Sementara untuk membuat manisan hampir semua bisa dibuat manisan asalkan buat tersebut kadar air sudah dikeringkan kemudian diberikan gula yang bukan hanya untuk memberikan rasa manis namun juga mengawetkan.  

SHARE

LEAVE A REPLY