UKM Ingin Pasang Iklan di Internet? Coba Gunakan AdWords Express

Iklan digital memiliki peran penting dalam promosi usaha. Hal ini disebabkan pertumbuhan pengguna gadget dan internet bergerak cukup pesat di Indonesia. Google sebagai perusahaan raksasa berbasis internet dan teknologi terbesar di dunia ini diakui mendominasi pasar iklan digital. Anda mungkin kenal dengan Google AdWords bukan? Layanan Adwords ini adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai media promosi, biasa disebut juga sebagai search engine marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Sistem beriklan menggunakan Google AdWords memiliki 2 cara, yaitu sistem PPM atau disebut dengan Pay Per Million Impressions, di mana dengan sistem ini pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayangnya iklan tersebut. Selain itu ada sistem PPC atau Pay Per Click, di mana pengiklan membayar berdasarkan jumlah klik yang didapat dari iklan tersebut.

Cara kerjanya pun sangat mudah, yaitu dengan menargetkan kata kunci atau keyword pencarian. Misalnya Anda ingin mengiklankan usaha jual mesin kemasan, maka pengiklan bisa menargetkan keyword “jual mesin kemasan” pada Google AdWords dan kemudian iklan tersebut akan muncul pada hasil pencarian ketika pengguna mesin pencari Google melakukan keyword serupa yaitu ‘jual mesin kemasan’. Dengan begitu, iklan bisa lebih tersegmentasi karena yang melihat ialah orang-orang yang memang sedang mencari produk yang Anda tawarkan. Jadi ini memungkinkan produk Anda dipilih oleh orang yang melakukan pencarian tersebut.

GoUKM Media & Services hadirkan : Pelatihan Digital Marketing GoUKM Training Center

Menentukan Setelan Kampanye

Untuk memulai menayangkan iklan, terlebih dahulu Anda harus membuat Campaign atau Kampanye di AdWords. Ini untuk menentukan biaya iklan yang ingin Anda gunakan dan tempat iklan ditampilkan. Dalam menentukan pengaturan Kampanye ini Anda perlu memperhatikan sasaran pemasaran yang jelas. Setelah mengetahui apa yang diinginkan dengan kampanye iklan, maka Anda dapat jauh lebih mudah untuk memutuskan fitur Adwords apa yang ingin dipilih.

Jenis Kampanye

Dalam settingan kampanye ini, Anda diminta untuk memilih jenis kampanye yang Anda mau. Pemilihan jenis kampanye ini guna menentukan tempat iklan yang akan ditampilkan, jenis iklan yang Anda buat dan pengaturan lainnya yang berhubungan dengan jenis kampanye yang Anda pilih. Jenis kampanye yang bisa Anda gunakan antara lain, yaitu:

– Jaringan penelusuran dengan display select, gabungan dari search network dan display network

– Hanya jaringan penelusuran,  iklan tampil di mesin pencari Google, Google shopping, peta Google, pencari gambar Google dan grup

Display Network saja, iklan akan ditampilkan di situs-situs yang menampilkan Google AdSense, Gmail, Blogger dan Youtube.

– Belanja iklan akan ditampilkan di Google Merchant (www.google.com/shoping)

– Video, iklan kemungkinan ditampilkan di Youtube, saat pengguna menonton video, didaftar video sebelah kanan, di posisi atas dalam hasil pencarian video.

Tentukan lokasi geografis yang bisa melihat iklan

Setelah itu, targetkan lokasi geografis tempat Anda ingin menampilkan iklan. Misalnya jika Anda menjalankan bisnis sampai keluar negeri khususnya Amerika dan Asia, Anda bida menetapkan iklan ke beberapa negara yang jadi tempat pemasaran produk Anda saja. Atau, jika usaha Anda pemasarannya masih

Menetapkan Penawaran dan Anggaran

Pada langkah menentukan jumlah yang ingin Anda belanjakan di kampanye AdWords Anda diminta untuk melakukan pengaturan strategi penawaran dan anggaran harian. Strategi penawaran mengontrol cara membayar dan menentukan bagaimana pengguna berinteraksi dengan iklan Anda. Artinya jenis penawaran yang Anda pilih memungkinkan AdWords untuk mengetahui apakah Anda ingin membayar untuk klik iklan (BPK), tayangan (BPS), atau konversi (BPA). Jumlah tawaran (bid) adalah harga tertinggi yang ingin Anda bayar dan memengaruhi peringkat iklan Anda.

Dalam menentukan strategi pembayaran, ada dua cara yaitu cara manual dan cara otomatis. Untuk cara manual Anda yang menentukan dan mengatur sendiri jumlahnya, sedangkan otomatis Google yang akan mengatur bid (jumlah tawaran) untuk mengoptimalkan iklan AdSense menurut Algoritma Google. Jadi sistemnya Google AdWords per klik ditentukan berdasarkan penawaran harga tertinggi. Semakin besar jumlah tawaran yang Anda targetkan, maka itu akan menentukan posisi iklan Anda. Semakin tinggi tawarannya, maka posisinya akan lebih strategis.

Membuat Iklan yang Efektif

Proses selanjutnya adalah membuat grup iklan, di mana grup iklan ini berisi satu atau beberapa iklan dan sekumpulan kata kunci terkait yang nantinya akan ditampilkan di Google AdWords. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah fokuskan semua iklan dan kata kunci di grup iklan ini pada satu produk atau layanan.

Buat Iklan dalam satu grup iklan

Setelah menuliskan nama grup, di bawahnya terdapat form untuk memulai membuat iklan pertama Anda. Anda bisa isi sesuai dengan yang Anda inginkan. Setelah berhasil nantinya Anda bisa membuat iklan lebih banyak lagi.

Membuat Kata Kunci

Kata kunci adalah cara agar iklan kita muncul di sebuah laman atau pencarian Google. Jadi usahakan masukan kata kunci yang berkaitan dengan iklan. Anda bisa masukan lebih dari 1 kata kunci yang ingin ditargetkan di form yang tersedia.

AdWords Express

Tidak hanya Google AdWords yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha untuk memasang iklan digital. Google juga menawarkan Google AdWords Express. Layanan ini adalah produk periklanan yang secara otomatis dapat mengelola iklan online dengan mudah. AdWords Express dirilis pada 17 Maret 2016 silam dinyatakan sebagai program sederhana dari Google AdWords. Dikutip dari DailySocial.id aplikasi yang sudah bisa diakses menggunakan platform iOS dan Android ini menargetkan pengusaha lokal khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM) agar dapat mengembangkan bisnis mereka di ranah online.

Melalui AdWords Express, Google memberi kemudahan bagi pengusaha untuk dapat mengiklankan produknya secara online, meskipun tidak memiliki pengetahuan khusus terkait dengan dunia internet. Meskipun pengusaha tidak mempunyai situs website atau blog, tetap bisa menggunakan layanan ini karena sudah terintegrasi dengan Google Bisnisku yang dapat mencantumkan lokasi tempat usaha.

Kelebihan Menggunakan Adwords Express untuk Beriklan  

Tidak hanya mudah untuk melakukan pemasangan iklan digital, AdWords Express juga menawarkan kelebihan lain, yaitu:

– Pengusaha hanya cukup membayar jika iklan yang dipasang diklik oleh pencari.

– Bagi pengusaha yang memiliki situs website menggunakan layanan ini dapat lebih banyak menarik pelanggan ke situs web atau halaman Google+ usaha Anda.

– Dengan menggunakan sistem Pay Per Click Anda dipastikan hanya dikenakan biaya untuk lead yang berkualitas.

– Tidak diharuskan untuk memiliki website, karena bisa menggunakan Google Bisnisku.

Cara kerja AdWords Express

Bila Anda berniat untuk memasang iklan di AdWords Express, Anda bisa melakukannya melalui dekstop dengan mengunjungi laman ini www.google.co.id/adwords/express/. Tidak hanya itu, layanan ini sudah tersedia untuk perangkat mobile dengan platform iOS dan Android yang dapat diunduh secara gratis. Untuk menggunakan AdWords Express, harus menggunakan akun Gmail yang sudah terdaftar atau bisa juga dengan akun Gmail yang sudah digunakan untuk layanan Google Bisnisku.

Bila sudah mengisi informasi yang diperlukan untuk memasang iklan, pengguna dapat mengatur anggaran yang sesuai dengan pembiayaan iklan yang dibutuhkan. Tidak tahu pasti berapa biaya yang perlu Anda alokasikan? Di website AdWords Express ini disediakan perhitungan taksiran anggaran, jadi Anda dapat memperhitungkan berapa anggaran yang berdasarkan pada kategori bisnis dan lokasi saat Anda mendaftar AdWords Express.

Cara pasang iklan di Adwords Express

– Untuk melakukan pemasangan iklan Anda harus login ke akun Gmail Anda dan masuk ke Adwords Express, kemudian pilih bisnis yang sudah menggunakan layanan Google Bisnisku. Bila Anda belum mendaftar silakan lihat postingan berikut ini.

– Selanjutnya Anda diminta untuk menentukan sasaran iklan Anda. Maksudnya adalah tindakan apa yang ingin dilakukan calon pelanggan saat melihat iklan Anda. Ada 3 pilihan sasaran yang bisa Anda tentukan yaitu Menelepon Bisnis Anda, Mengunjungi Etalase Anda, dan Melakukan Tindakan di situs Web Anda.

– Selanjutnya Anda bisa menentukan lokasi iklan dimunculkan. Untuk pemilihannya Anda bisa sesuaikan dengan lokasi usaha ataupun menargetkan menurut kota, wilayah atau negara sehingga bisa lebih efektif menjaring pelanggan baru lebih banyak.

– Selanjutnya ubah pengaturan bahasa iklan yang Anda inginkan. Karena Anda ingin mengiklankan untuk wilayah Indonesia maka ubah bahasa menjadi Bahasa Indonesia. Setelah itu tentukan kategori produk yang ingin diiklankan. Nantinya Anda akan diminta pengaturan siapa saja yang bisa melihat iklan Anda. – Langkah selanjutnya adalah membuat iklan, isi form pembuatan iklan seperti Judul 1, Judul 2, Deskripsi, Alamat Website dan Nomor Telepon.

– Kemudian tentukan anggaran, pada tahap ini Anda bisa menetapkan harga pasang iklan di AdWords Express. Anda bisa mengukur pembayaran iklan dari yang paling murah sampai paling mahal. Seperti yang kami katakan sebelumnya, potensi iklan tampil di pencarian dipengaruhi oleh anggaran yang Anda tetapkan, untuk itu bila Anda ingin mengoptimalkannya perlu biaya yang tidak sedikit.

– Setelah semua selesai dan sesuai dengan keinginan Anda maka Anda sudah berhasil membuat iklan di Adwords Express.

– Selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran iklan AdWords Express dengan metode pembayaran yang bisa Anda pilih, yaitu debit, kredit atau transfer.

Di mana iklan Anda akan muncul?

Sama seperti AdWords biasa, bila pengguna sudah melakukan pemasangan iklan, selanjutnya iklan akan muncul pada bagian atas ataupun di bawah hasil pencarian saat calon pelanggan mencari apa yang Anda tawarkan degan memasukkan kata kunci yang sesuai. Namun, posisi lokasi ditempatkan tersebut tergantung dengan jumlah anggaran yang Anda investasikan. Selain itu, posisi juga jadi penentu iklan Anda dilihat oleh calon pelanggan.

SHARE
Content writer GoUKM dan event project manager GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY