Mesin Kopi dan Mesin Kemasan Agar Mempermudah Usaha Minuman Kopi

0
318

Tak terkecuali kaum hawa, kopi menjadi minuman favorit di dunia. Makanya tak sedikit orang membuka bisnis warung kopi meski diselingi juga minuman lainnya dan makanan. Sehingga bisa dibilang membuka peluang usaha minuman kopi menguntungkan apalagi untuk daerah sibuk seperti Jakarta. Untuk mempercepat usaha ini tentunya membutuhkan mesin kopi.

Mesin kopi sendiri beragam dari yang jenisnya hanya sebagai penggiling, penyangrai hingga pengemas kopi. Tentunya jika ingin membeli mesin kopi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sehingga memudahkan Anda untuk membuka peluang usaha minuman kopi.

Berikut Beberapa Mesin yang Bisa Digunakan untuk Memudahkan Usaha Anda

Mesin Sangrai Kopi

Mesin Kopi

Cita rasa kopi sangat dipengaruhi oleh metode sangrainya. Cara penyangraian dan alatnya pun turut mempengaruhi mesin kopinya. Sehingga tak sedikit orang yang menggunakan alat tertentu untuk menyanrainya. Dan salah satu cara untuk menyangrai kopi adalah dengan mesin sangrai kopi.

Mesin kopi ini digunakan untuk menghasilkan cita rasa kopi yang berkualitas tinggi. Mesin ini sangat cocok untuk para pengusaha kopi baik untuk pengusaha kopi bubuk maupun kopi yang sudah siap untuk di minum. Khususnya untuk skala menengah dan besar.

Mesin sangrai kopi memiliki keunggulan mampu mengatur suhu secara otomatis jadi Anda tak perlu repot mengatur suhu. Dilengkapi dengan kompor LPG, dan portable karena sudah dilengkapi dengan roda.

Mesin Kopi

Mesin Kopi

Ini merupakan alat yang digunakan untuk menggiling biji kopi menjadi bentuk serbuk. Sehingga bisa mendapatakn kopi yang siap untuk diseduh. Teksturnya pun lebih halus sehingga ampas kopi yang dihasilkan lebih sedikit.

Mesin kopi digunakan untuk mempercepat proses penggilingan kopi. Selain itu pada mesin ini terdapat pula sendok pengaduk yang digunakan untuk membantu bahan campuran pada kopi seperti susu, gula atau lainnya. Selain itu sendok pengaduk juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jadi Anda tinggal memencet beberapa tombol yang ada pada mesin tersebut. Setelah itu kopi siap disajikan.

Anda pun bisa secara langsung memutar tutup kopi dan menuangkan langsung kopi ke dalam gelas canggkir atau wadah yang bisa disesuaikan dengan terhadap kebutuhan Anda.  Mesin kopi ini selain meningkatkan cita rasa kopi juga mempercepat proses pengolahan kopi dan pastinya tetap higienis dibandingkan dengan menggiling dengan cara manual.

Kopi yang dihasilkan juga lebih banyak dibandingkan dengan kopi yang digiling secara tradisional. Sehingga mesin kopi ini cocok digunakan untuk para pengusaha minuman kopi baik yang membuka kafe maupun hanya sekedar kedai kopi.

Mesin Cup Sealer

Setelah kopi disangrai, digiling kemudian kopi diseduh menjadi beberapa jenis kopi yang sesuai dengan keinginan. Seperti yang sudah diulas diatas, setelah itu kopi dimasukkan kedalam gelas plastik kemudian ditutup dengan kemasan plastik. Karena jika ditutup dengan cup biasa maka kopi akan tumpah atau bocor. Namun jika dikemas dengan menggunakan kemasan plastik yang telah dipress dengan mesin cup sealer maka meminimalisir tingkat kebocoran.

Mesin Cup Sealer sendiri memiliki beberapa tipe seperti

Mesin Kopi

Manual,  mesin ini harus digunakan secara manual sehingga operator harus menggulung rol plastik. Cara menggunakan mesin ini dengan menarik tuas untuk menurunkan pemanas kemudian setelah proses pengesealan operator harus keluarkan dudukan gelas dan mengambil gelasnya secara manual.

Semi-Auto, mesin semi antara otomatis dan manual. Mesin ini dilengkapi dengan sensor yang bisa membaca kode plastik sehingga secara otomatis akan mengatur sehingga plastik bisa dengan presisi di atas cup. Cara menggunakan mesin ini dengan menarik tuas untuk menurunkan pemanas. operator masih harus meletakan dan mengeluarkan cup secara manual. Mesin juga dilengkapi dengan digital counter yang berfungsi untuk menghitung jumlah cup yang telah diseal kemudian untuk memudahkan proses perekapan penjualan.

Full Otomatis, mesin ini bisa digunakan secara otomatis ehingga operator bisa melakukan kegiatan lain selama proses pengesalan. Sehingga mesin ini memang cocok jika digunakan untuk kafe kafe yang ramai pengunjungnya. Salah satu mesin yang bisa digunakan untuk mengemas minuman adalah mesin capping. Berbeda dengan mesin cup sealer yang digunakan untuk menutup gelas plastik. Mesin capping digunakan untuk mengemas minuman yang ditutup botol. Dengan mesin ini biasanya bisa mengemas secara cepat bersih dan efektif. Mesin bisa digunakan untuk menutup botol berbagai jenis baik botol beling maupun plastik.

Mesin Coding

Mesin Kopi

Setelah melalu proses pengemasan maka sebaiknya minuman kopi dicetak tanggal kadaluarsanya sesuai dngan kapan minuman awetnya. Biasanya untuk mencetak tanggal kadaluarsa digunakan mesin coding. Mesin ini untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa makan produk minuman Anda akan terjamin kualitasnya dibandingkan jika tidak menggunakan mesin coding. Selain itu mesin ini sangat cocok untuk minuman yang tidak tahan lama.

Beberapa Jenis Minuman Kopi yang Bisa Dijadikan Peluang Usaha

Minuman yang menjadi andalan untuk menghilangkan rasa kantuk, sters hingga menambah semangat untuk beraktivitas. Apalagi saat ini banyak pegawai kantoran yang lebih memilih meeting di luar kantor seperti kafe atau warung kopi. Dan meski banyak minuman lain yang terjual kopi tetap menjadi minuman andalan. Meski begitu kopi yang dijual tak melulu kopi hitam tapi juga kopi yang dimodifikasikan. Berikut Beberapa Jenis Minuman Kopi yang Bisa Dijadikan Peluang Usaha

Cappuccino

Merupakan minuman kopi terbuat dari espresso dan susu. Sejarah minuman ini berasal dari biji-biji kopi yang tertinggal dari tentara Turki. Jika dulu membuka usaha minuman cappucino terkesan mahal dan mewah sekarang tak lagi karena sudah ada waralaba minuman cappucino yang bisa kita temukan di pinggir-pinggir jalan. Misalnya saja cappucino cincau atau akrab ditelinga capcin. Minuman dingin ini biasanya dijual dengan harga tiga ribu rupiah.

Mocacino

Selain itu minuman kopi lainnya yang memang digemari adalah mocacino. Minuman bisa dibuat secara hangat maupun dingin. Biasanya jika minuman ini dingin, diblender dengan es batu dan ditambahkan dengan toppping.

Latte

Kopi atau espreso atau kopi yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa di atasnya. Berbeda dengan cappucino minuman ini dua pertiganya adalah susu sehingga lebih kerasa susunya dibandingkan dengan kopinya. Minuman ini biasanya disajikan dalam bentuk sesuai dengan selera.

Kopi Soda

Jika biasanya minuman bersoda hanya minuman ringan saja namun kali ini yang bersoda adalah minuman kopi. Meski minuman bersoda kerap dibilang dengan minuman yang berbahaya namun minuman es kopi soda justru menyehatkan. Karena dalam minuman ini terdapat nutrisi seperti kafein. Kalsium, fosfor, karbohidrat,magnesium, folat dan niacin.

Minuman ini juga ternyata bermanfaat untuk mencegah rasa kantuk, nyeri otot, kesehatan hati dan kanker kulit. Minuman ini juga ternyata mampu menetralisis racun dalam tubuh. Dan anehnya meski minuman  ini terbuat dari kopi yang membuat orang tidak mengantuk namun minuman ini justru bisa mengatasi insomnia. Minuman ini terbuat dari kopi, gula, air panas, susu soda dan ice cream.

Flat White

Hampir sama dengan latte, minuman ini lebih banyak mengandung susunya dibandingkan dengan kopinya. Meski begitu minuman ini sangat berbeda dengan latte karena pada bagian atasnya terdapat krema kopi dan setitik foam.

Yuanyang

Merupakan minuman perpaduan antara kopi dan teh dengan rasio yang sama. Minuman ini merupakan ciri khas dari Cina yang biasanya diminum oleh muda-mudi antara pria dan wanita.

Affogato

Berbeda dengan minuman kopi lainnya yang bentuknya cair minuman ini lebih ke es krim. Rasnya merupakan perpaduan antara espresso yang kuat dan pahit dengan es krim vanila.

Kopi Madu Rempah-Rempah

Jika biasanya pemanis yang digunakan untuk minuman ini adalah susu atau gula namun untuk minuman ini berbeda di campukan dengan madu dan rempah-rempah. Sehingga aroma yang tercium bukan hanya aroma wangi kopi namun juga jahe dan madu. Minuman berguna untuk membuat tenggorokan Anda hangat dan menambah kesegaran tubuh Anda. Selain jahe rempah-rempah yang dicampurkan pada minuman ini adalah kapulaga dan serai.

Cara Penyajian Minuman Kopi

Jika biasanya minuman kopi disajikan dalam keadaan panas atau hangat-hangat kukuh namun trend tersebut sudah berubah. Minuman kopi lebih unik disajikan dalam bentuk es sehingga meski diminum siang yang terik lebih nikmat.

Minuman kopi yang biasanya disajikan dalam bentuk gelas juga sekarang tak mesti. Karena di beberapa rumah makan atau café lebih menyukai penyajian minumannya dengan di gelas plastik bahkan kertas sehingga lebih simple dan bisa dibawa kemana saja.

Biasanya minuman kopi yang diletakan digelas plastik atau kertas agar mudah dibawa ditutup bagian atasnya dengan cup. Ada juga yang menyajikan minumannya dalam bentuk botol. Namun untuk bisnis yang masih dalam skala kecil biasanya kopi hanya dikemas dalam gelas plastik.

Cara Memasarkan Minuman Kopi 

Anda tak mesti harus membuka kedai kopi apalagi kafe untuk memulai usaha minuman kopi cukup menyediakan gerobak yang dilengkapi dengan mesin kopi dan bahan ltambahan lain seperti air panas, gula, susu, dan lain-lain Anda sudah bisa memasarkan minuman kopi Anda. Untuk lokasi Anda bisa menyesuaikan dengan jenis minuman kopi yang Anda jual. Jika seperti capucino capcin Anda bisa menjualnya di dekat sekolahan, kampus, halte bahkan tempat wisata lainnya.

 

LEAVE A REPLY