Mesin Giling Cabe, Meski Modern Cita Rasa Tetap Tradisional

mesin giling cabe

Anda penyuka sambal jika iya, Anda tentu lebih memilih sambal hasil ulekan bukan? Karena rasanya lebih enak dibandingkan dengan menggunakan blender. Namun menggiling cabe bukan perkara mudah apalagi jika cabe yang digiling dalam jumlah besar. Maka dibutuhkan teknologi seperti mesin giling cabe.

Sebuah alat yang digunakan untuk menggiling cabe menjadi sambal. Alat tersebut biasanya digunakan oleh industri rumah tangga yang menjual berbagai jenis makanan matang. Alat tersebut akan membantu industry rumah tangga untuk menghasilkan sambal yang yang rasanya tetap tradisional selain itu memiliki tingkat kelembutan yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Salah satu keunggulan dari mesin giling cabe untuk membantu mempercepat penggilingan cabe bagi industri  kuliner seperti pengusaha catering, pengusaha warteg, rumah makan hingga restaurant untuk mendapatkan sambal sesuai dengan keinginan konsumen. Selain untuk menggiling cabe, mesin ini juga bisa digunakan sebagai mesin penggiling bumbu lainya seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, merica, kemiri dan lainnya.

Memilih Mesin Giling Cabe yang Tepat

Sebelum membeli mesin giling cabe, ada baiknya anda menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika mesin giling hanya digunakan untuk industri rumah tangga, warteg atau catering skala kecil ada baiknya menggunakan mesin giling cabe tipe GLB-20 yang mampu menggiling cabe dengan kecepatan 20-30 kg/jam. Sedangkan jika untuk skala besar misalnya untuk rumah makan atau industri pembuatan saus sambal anda sebaiknya meggunakan mesin giling tipe GLB 100 yang kecepatan 75-100 kg/jam.

Dengan melihat spesifikasi tersebut sangat membantu bukan? Mesin penggiling cabe. Bisa dibayangkan berapa banyak tenaga kerja dan waktu yang terbuang jika hanya meggiling dengan gilingan manual (ulekan) atau blender.

Selain itu tekstur sambal atau bumbu yang dihasilkan oleh mesin giling ini lebih unggul dibandingkan dengan  yang dihasilkan oleh blender. Teksturnya lebih lembut karena bisa menggiling cabe hingga bijinya hancur. Rasa sambal yang dihasilkan pun tak jauh berbeda dengan rasa sambal ulekan spare part yang digunakan menggunakan batu gerindra.

Cara kerja menggunakan mesin ini cukup mudah. Caranya dengan memasukkan bahan ke dalam corong mesin dan menambahkan sedikit air kemudian hidupkan tombol ON nya.  Kemudian sistem penggilas batu gerindra akan berkerja ke arah kiri dan kanan untuk menggiling bahan. Untuk mengatur tekstur kelembutan dari bisa diatur dengan cara mengatur jarak batu grindra.

LEAVE A REPLY