Ingin Ajukan KTA Online? Ini Situs Pinjaman KTA Online dan Cara Mengajukannya

Bagaimana dapatkan KTA online? Dewasa ini cukup banyak alternatif pinjaman yang bisa dipilih masyarakat untuk menuntaskan masalah finansial mereka. Cara mendapatkannya pun kian mudah, hanya modal smartphone dan koneksi internet, kita bisa langsung memperoleh pinjaman, salah satunya dengan mengajukan pinjaman KTA online.

Kredit tanpa agunan online merupakan produk pinjaman dari bank dan lembaga keuangan lainnya yang tidak mengharuskan nasabahnya memberikan agunan atau jaminan sebagai syarat untuk mendapatkan dana pinjaman yang proses pengajuannya bisa dilakukan secara online. Karena proses yang mudah inilah membuat banyak orang tertarik menggunakan produk pinjaman dana cepat online ini. Uang yang telah disalurkan pun dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti modal usaha, biaya pendidikan, kesehatan, pernikahan, renovasi rumah dan lainnya.

Bagaimana kita bisa mendapatkan pinjaman ini? Sekarang banyak bank penyalur KTA yang memberikan layanan pengajuan KTA secara online, misalnya BNI, Mandiri, Panin dan BCA. Untuk mengajukannya, nasabah dapat mengunjungi website bank terkait dan mengisi aplikasi pengajuan pinjaman. Namun meski proses pengajuannya telah dipermudah, masih banyak nasabah yang beranggapan mengajukan pinjaman melalui bank memerlukan waktu yang lama. Hal ini kerap membuat calon debitur beralih ke alternatif lainnya, yaitu dengan mengajukan pinjaman secara online di situs pinjaman online.

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, platform pinjaman melalui online sedang banyak dibicarakan. Perusahaan-perusahaan di bidang fintech seperti UangTeman, Cready, Investree, Modalku, Mekar dan lainnya mulai diminati debitur untuk mendapatkan pinjaman cepat tanpa jaminan.

Situs finansial dan pinjaman cepat tanpa jaminan online ini mulai populer pada tahun 2016 dan kebanyakan berstatus startup. Tumbuhnya perusahaan fintech didorong oleh pertumbuhan teknologi yang kian bertambah maju sehingga mengubah karakter generasi milenial yang lebih melek teknologi dan juga karena pelayanan finansial yang belum merata.

Apa yang membedakan mengajukan KTA di bank secara online dengan mengajukan pinjaman KTA Online melalui situs pinjaman online? Meskipun proses pengajuan pinjamannya sama-sama melalui online, tapi keduannya memiliki kelebihan yang berbeda.

Berikut ini perbandingan KTA Bank Online dan KTA dari perusahaan penyedia jasa pinjaman online.

Proses pencairan dana

Mengajukan pinjaman KTA di bank melalui online juga harus melewati proses yang ditetapkan oleh bank bersangkutan. Pada umumnya dari mulai pengajuan sampai tahap persetujuan bank menetapkan waktu 7-14 hari. Proses pencairan dana ini tergantung kelengkapan persyaratan yang telah dipenuhi nasabah dan tentu saja skor kredit dari IDI Historis yang dimiliki nasabah. Jika semuanya sudah sesuai maka pinjaman KTA bisa langsung cari dalam kurun waktu 1-4 hari.

Tidak jauh berbeda dengan KTA pinjaman online, tapi prosesnya bisa lebih singkat. Debitur yang telah mengajukan pinjaman dan melengkapi seluruh persyaratan yang diminta dapat memperoleh pinjaman 1-3 hari, bahkan dana bisa saja dapat dicairkan di hari yang sama saat melakukan pinjaman.

Biaya Administrasi

Debitur yang pinjaman KTA di Bank pada umumnya akan dibebankan biaya administrasi yang termasuk di dalamnya seperti biaya provisi, biaya tahunan, biaya keterlambatan dan biaya pelunasan lebih cepat. Jenis biaya ini membutuhkan dana yang lebih besar sehingga debitur perlu mengeluarkan biaya yang lebih banyak.

Berbeda dengan KTA online melalui situs pinjaman online, di sini debitur tidak diberikan biaya administrasi seperti pada KTA Bank. Biaya tambahan yang dikenakan hanya biaya jasa layanan dan bunga.

Limit pinjaman

Bank memberikan pinjaman KTA dengan jumlah yang lebih besar dibandingkan situs pinjaman online. Di bank, Anda bisa mengajukan pinjaman sebesar Rp 5 juta hingga 200 juta. Sehingga danannya bisa digunakan untuk kebutuhan seperti renovasi rumah, usaha, berobat bahkan pendidikan.

Sementara pinjaman online limit pinjamannya cenderung lebih kecil, hanya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 20 juta. Tapi itu tergantung ketentuan perusahaan masing-masing. Ada saja perusahaan fintech yang berikan pinjaman dengan nominal ratusan juta, tapi memberikan persyaratan lainnya.

Tenor atau jatuh tempo pinjaman

Dengan nominal pinjaman yang besar, Bank memberikan pilihan jatuh tempo yang beragam mulai dari 1 tahun hingga 5 tahun. Jadi, nasabah bisa menyesuaikan pinjaman yang diajukan dengan jangka waktu pinjaman agar tidak menyulitkan mereka.

Sedangkan melalui situs pinjaman, debitur diberikan tenor yang singkat ada yang sampai 1 bulan atau 1 tahun. Hal ini mungkin menguntungkan bagi calon debitur yang tidak mau dibebankan oleh biaya tambahan yang besar.

Suku bunga yang ditetapkan

Suku bunga yang ditetapkan oleh bank biasanya dihitung perbulan. Sementara dengan pinjaman online bunga yang dikenakan dihitung per hari. Hal ini sebab jatuh temponya berbeda. Meski bunga dihitung per hari tapi besar bungannya terbilang lebih kecil, tidak sampai 1%. Bukan hanya itu saja, bunganya pun bersifat tetap dan tidak berubah-ubah seperti pinjaman KTA Bank.

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman

Meskipun tanpa jaminan dan proses pengajuannya mudah, bukan berarti pinjaman ini tanpa syarat. Baik bank dan situs jasa pinjaman online menetapkan persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon dibeturnya. Berikut merupakan syarat-syarat pengajuan KTA online. Sedikitnya ada 5 persyaratan untuk calon dibetur yang harus dipenuhi sebelum mengajukan pinjaman KTA online, di antaranya adalah:

  • Syarat usia yang mengajukan pinjaman

Calon debitur yang bisa mengajukan pinjaman ini harus berusia minimal 21 tahun atau maksimum 55 tahun saat pelunasan kredit. Persyaratan ini diberlakukan untuk menghindari risiko kredit macet dengan mempertimbangkan usia yang pantas untuk bekerja dan memperoleh pendapatan cukup untuk membayar tagihan pinjaman.

  • Minimum penghasilan debitur

Syarat penghasilan minimum diberikan oleh bank untuk melihat kemampuan finansial peminjam. Bisanya bank atau lembaga peminjaman akan mengecek nominal pinjaman yang diajukan debitur dengan pendapatan yang mereka dapatkan per bulannya.

  • Memiliki rekening bank atau kartu kredit

Beberapa bank menjadikan kepemilikan kartu kredit menjadi syarat yang harus dipenuhi debitur. Hal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan kredit nasabah. Kadang ada bank yang meminta pengguna kartu kredit untuk menjabarkan secara jelas bagaimana riwayat kredit dan prilaku atau pola dalam melunasi utang. Namun ada juga bank yang tidak memberikan syarat ini, tapi harus sudah menjadi nasabah bank yang bersangkutan.

Sementara melakukan pinjaman di situs online, tidak ada syarat kepemilikan kredit, namun Anda tetap harus memiliki rekening tabungan. Fungsinya adalah selain untuk menerima dana pinjaman, lembaga peminjam akan menggunakan informasi rekening Anda untuk melihat histori.

  • Menerima payroll dari bank bersangkutan

Syarat ini hanya berlaku bagi debitur yang ingin mengajukan pinjaman di bank dan tidak memiliki kartu kredit. Kredit ini disebut juga KTA payroll, di mana penerima pinjaman harus menjadi nasabah bank terkait dan menerima gaji (payroll) dari bank tersebut. Ketentuan ini diberlakukan untuk memudahkan nasabah melakukan pembayaran cicilan atau menetukan masa tenor yang lebih lama.

  • Melengkapi persyaratan dokumen

Baik kredit tanpa agunan online bank atau situs pinjaman pasti menetapkan persyaratan dokumen yang sama. Adapun dokumen-dokumen penting yang harus disertakan saat mengajukan kredit tanpa agunan online adalah sebagai berikut:

Dokumen

Bank

Situs pinjaman Online

Karyawan

Wirausaha

Profesional
Salinan KTP V V V V
Bukti Penghasilan (Slip Gaji/SKP/SPT) V X V V
Salinan Kartu Kredit (bank) V V V V
Salinan Rekening Tabungan 3 bulan terakhir X V X V
Salinan Surat Izin Profesi X X V V
NPWP V V V V
Salinan Akta Pendirian Usaha/SIUP/TDP X V X V

Persyaratan di atas merupakan syarat umum yang ditetapkan setiap bank dan situs pinjaman online. Namun ada saja mungkin bank yang menambahkan persyaratan dokumen lainnya. Oleh karena itu, untuk info lebih lengkapnya silahkan menayakan langsung kepada bank atau situs pinjaman online yang ingin Anda gunakan.

Daftar Bank Memberikan pinjaman KTA online

Kalau Anda sudah mengetahui apa yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman KTA, berikutnya menentukan tempat mengajukan pinjamannya. Anda bisa memilih antara bank atau perusahaan pinjaman online, berikut beberapa lembaga finansial yang berikan layanan pinjaman secara online.

KTA BCA Online

Bank BCA menawarkan jasa kredit tanpa jamanian dengan plafon pinjaman hingga RP 100 juta dan tenor sampai 36 bulan. Adapun suku bunga yang ditetapkan oleh BCA beragam sesuai jenis kredit KTA yang dipilih debitur, besarnya hingga 1.07%. Syarat utama untuk mengajukan pinjaman ini, debitur harus sudah menjadi nasabah BCA dan sudah memiliki kartu kredit sebelumnya. Selain itu, tentunya persyaratan dokumen yang sudah dijelaskan dalam tabel di atas.

BCA mebebankan biaya-biaya tambahan untuk pinjaman ini, yaitu biaya provisi sebesar 1%, suransi jiwa (optional), biaya pinalti percepatan pelunasan dan keterlambatan bila terjadi. Bila Anda ingin mengajukan pinjaman ini, BCA menyediakan e-form, di mana Anda dapat mengisi aplikasi permohonan pinjaman secara online melalui website BCA atau bisa melalui situs fintech rekanan BCA.

Program Pinjaman KTA  BNI Fleksi Online

BNI Fleksi adalah produk KTA dari BNI yang juga bisa diajukan secara online. Kredit ini diberikan untuk nasabah BNI yang berstatus sebagai pegawai dan menerima gaji atau payroll melalui BNI. Dana pinjaman ini dapat digunakan untuk segala macam keperluan konsumtif nasabah selama tidak bertentangan dengan peraturan maupun undang-undang yang berlaku. BNI menyediakan pinjaman kredit maksimum sebesar Rp 500 juta dengan maksimum tenor sampai 15 tahun tanpa syarat agunan.

Pinjaman KTA online Bank Amar

Bank Amar menyediakan KTA tanpa syarat kepemilikan kartu kredit. Hanya dengan KTP saja debitur mencairkan dana jika lolos verifikasi dan appraisal. Bank Amar njuga menyediakan pengajuan KTA via online yang bisa diakses di website tunaiku.com. Besar plafon yang bisa diajukan oleh debitur mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 juta dengan masa tenor sampai 12 bulan dan suku bunga flat sebesar 3% per bulan. Untuk sistem pembayarannya, debitur bisa melakukan pelunasan sekaligus pada saat jatuh tempo atau sebelumnya melalui ATM atau melalui teller Amar Bank atau bank OCBC NISP.

MayBank Pinjaman Tanpa Agunan

Program pinjaman KTA MayBank disebut dengan PITA, yaitu singkatan dari Pinjaman Tanpa Agunan. Maybank juga memberikan layanan pendaftaran pinjaman online melalui website resminya. Besar pinjaman yang bisa diperoleh nasabah hingga RP 250 juta dengan jangka waktu pinjaman 1-5 tahun dan buna mulai dari 0,99%. Bagi peminjam yang menggunakan payroll bank ini akan mendapatkan kelebihan seperti maksimum jumlah pinjaman, waktu cicilan dan proses pencairan dana yang lebih cepat.

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman ini, MayBank memberikan syarat pernerima harus memiliki penghasilan minimal Rp 2,5 juta per bulan bagi yang berprofesi sebagai pegawai. Jika Anda adalah seorang wirausahawan syarat minimal penghasilan yang ditetapkan MayBank sebesar 4 juta rupiah agar proses yang Anda lalui untuk memperoleh KTA lebih mudah.

HSBC Personal Loan

HSBC menawarkan KTA yang bisa diajukan oleh nasabah untuk memenuhi kebutuhan mereka. Jumlah pinjaman yang bisa diajukan hingga Rp 125 juta dengan bunga maksimum 15.6% per tahun. HSBC memberikan pilihan angusran pinjaman dengan waktu yang sangat fleksibel. Debitur bisa memilih mencicilnya 2 tahun atau 3 tahun. Namun sayangnya HSBC juga menerapkan biaya pinalti untuk debitur yang ingin melunasi cicilan sebelum jatuh tempo. Biaya pelunasan awal sebelum jatuh tempo akan dikenakan biaya 4% dari sisa pokok pinjaman, ditambah bunga berjalan pada bulan pelunasan.

Credy.co.id

Credy adalah situs yang berikan layanan pinjaman untuk menfasilitasi kebutuhan konsumtif peminjam. Situs pinjaman online ini memungkinkan Anda mendapatkan pinjaman dengan dana yang akan dikirimkan langsung ke rekening yang Anda daftarkan. Credy menangani pinjaman di antara Rp 500 sampai Rp 4 juta dengan jangka waktu pinjaman yang singkat yaitu 30 hari.

Jika pada saat jatuh tempo yang telah ditentukan Anda tidak bisa melakukan pembayaran, Credy memberikan kelonggoran dengan syarat debitur harus secapatnya memberikan pemberitahuan ke Credy. Namun, tetap ada biaya tambahan yang harus ditanggung oleh peminjam dan ini harus atas kesepakatan bersama.

Doctor Rupiah

Situs pinjaman online Doctor Rupiah dapat membantu memudahkan masyarakat memperoleh pinjaman kecil tunai tanpa perlu menyediakan jaminan. Pinjaman yang bisa diajukan maksimal sebesar Rp 8 juta dengan waktu pinjaman selama 30 hari. Tidak seperti pinjaman KTA bank yang menawarkan banyak biaya, situs pinjaman online ini hanya menetapkan biaya tambahan berupa bunga dan biaya layanan saja.

Pinjam.co.id

Situs KTA online berikutnya adalah Pinjam Indonesia. Merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan jasa layanan keuangan dengan mengembangkan platform digital untuk membantu penggunannya dalam mengatasi kebutuhan dana cepat mereka. Dengan menggunakan platform ini debitur bisa meminjam dana maksimal sebesar Rp 100 juta dengan syarat memiliki usaha yang sudah 1 tahun berjalan dan dapat diverifikasi. Cara mengajukannya peminjam bisa mengisi form pinjaman sesuai kategori (pinjaman usaha, talangan atau karyawan) pada halaman pinjaman dan selanjutnya akan diproses oleh tim Pinjam Indonesia.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY