KURBE Solusi Pinjaman Dana untuk Eskpor Produk UKM

Pemerintah rupanya sangat serius untuk mengembangkan usaha kecil menengah (UKM) dan mikro di Indonesia. Sebelumnya kebijakan KUR atau kredit usaha rakyat sudah dikeluarkan oleh pemerintah untuk memberikan pinjaman oleh pelaku usaha yang ingin mengembangkan usaha mereka, setelah itu keluarlah KURBE yaitu kredit usaha rakyat berorientasi ekspor. KURBE sebuah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk memberikan dana pinjaman untuk pelaku usaha yang memiliki usaha berorientasi ekspor.

Sama seperti KUR sebelumnya, kredit yang diberikan dengan pinjaman bunga yang rendah yaitu 9% per tahun. KURBE dirasa diperlukan sebab selama ini para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah kesulitan melakukan ekspor akibat keterbatasan pembiayaan. Untuk penyalurannya kredit usaha ini berbeda dengan KUR yang sudah berjalan sebelumnya. Bila KUR disalurkan ke beberapa perbankan dan lembaga keunagan non bank lainnya, pinjaman ini pemerintah menjunjuk Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, Eximbank sebagai penyalur dana kredit usaha rakyat berorientasi ekspor.

Melalui pinjaman tersebut para pelaku usaha yang ingin mengekspor produk keluar negeri juga mendapatkan fasilitas terkait resiko kegagalan usaha, kegagalan bayar dan resiko politik di negara tujuan.

Produk Kredit Usaha Rakyat Berorientasi EksporĀ 

Eximbank memberikan 3 produk pinjaman yang bisa dipilih oleh pelaku usaha UKM, yaitu Kurbe Mikro, Kurbe Kecil, Kurbe Menengah.

Kurbe Mikro

Kredit modal kerja ekspor (KMKE) dan/ atau Kredit Investasi Ekspor (KIE) dengan palafon sampai dengan Rp 5 milyar.

Kurbe Kecil

Kredit modal kerja eskpor dan/ atau Investasi Ekspor dengan plafon sampai dengan Rp 25 miliar. Terdiri dari KMKE maksimal Rp 15 miliar dan KIE maksimal Rp 10 miliar.

Kurbe Menengah

Kredit Modal Kerja Ekspor dan/ atau Investasi Ekspor dengan palafon sampai dengan Rp 50 Miliar. Terdiri dari KMKE maksimal Rp 25 miliar dan KIE maksimal Rp 25 miliar.

Dengan jangka waktu cicilan Kredit Modal Kerja 3 tahun, sedangkan Kredit Investasi Ekspor 5 tahun. Jika Anda ingin mengajukan kredit pinjaman ini, berikut adalah syarat yang harus Anda penuhi.

  • Menyertakan surat permohonan
  • Dokumen identitas pengurus dan pemilik usaha
  • Dokumen legalitas usaha
  • Laporan keuangan atau data keuangan lainnya
  • Data lain yang diperlukan.
SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY