Ketika Mendoan Bersaing dengan MC Donald

GoUKM.id Siapa yang tak kenal dengan MC Donald waralaba rumah makan siap saji terbesar di dunia tak diragukan lagi kepopulerannya. Namun siapa sangka jika Mendoan, ternyata bisa dibilang mampu menyainginya.

Padahal mendoan hanya sejenis masakan tempe yang diiris tipis dan digoreng dengan tepung sehingga rasanya gurih dan renyah. Makanan tradisional diklaim asli Banyumas, Berbeda dengan tempe goreng yang beredar di kaki lima.

Tempe mendoan berasal dari jenis tempe bungkus yang lebar tipis, satu atau dua lembar perbungkus. Sedangkan MC Donald merupakan makanan yang berasal dari ayam yang digoreng tepung hingga renyah. Harga tempe mendoan jauh lebih murah dibandingkan dengan ayam MC Donald. Tempe mendoan harganya hanya Rp 2000/potongnya sedangan ayam MC Donald termurah Rp 15.000/potongnya.

Selain itu ada beberapa keunggulan dari Mendoan dibandingkan MC Donald berikut:

Bahan

Bahannya sederhana dan mudah didapat sedangkan bumbunya juga terjual bebas di pasaran baik bumbu tradisional maupun bumbu siap saja. Sedangkan ayam pada MC Donal hingga kini masih rahasia perusahaan. Sehingga tak sedikit orang yang mau membuat ayam mirip MC Donald, namun rasanya tak sesuai.

Banyak Peminatnya Bahan

Mayoritas orang Indonesia menyukai gorengen. Dan ternyata tempe mendoan lebih banyak dicari dibandingkan gorengan lainnya. Sedangkan untuk ayam MC Donald meski peminatnya banyak namun tak semua orang bisa membelinya. Sehingga bisa dibilang lebih sedikit orang yang mampu membelinya.

Peluang Usaha Menjanjikan

Peluang usaha mendoan ternyata menjanjikan dengan modal kecil bisa mendapatkan banyak keuntungan yang banyak. Jika ingin membuka usaha waralaba MC Donald, Anda harus memiliki lahan lokasi sendiri baik sewa maupun milik pribadi.Selain itu Anda harus menyiapkan dana sekitar Rp4,5 miliar atau sampai Rp14.4 miliar. Yang paling menyulitkan jika setiap tahunnya Anda harus menyetorkan 12,5% omzetnya ke pemilik waralaba. Sedangkan untuk Waralaba Mendoan, tak seribet itu karena tidak ada Franchise fee dan royal fee atau distribution fee dibebaskan sama sekali.  

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY