Tips Agar Laris Manis Usaha Jualan Makanan di Kantin Sekolah

Ternyata berbisnis bisa dilakukan dimana saja, termasuk usaha jualan makanan di kantin sekolah. Peluang usaha yang cukup menjanjikan dengan target anak-anak sekolahan yang memang hobi jajan. Tentunya untuk membuka usaha di kantin sekolah berbeda dengan membuka usaha makanan biasa. Makanan yang dijual bukan hanya enak namun juga murah, membuat kenyang dan bergizi.

Karena tak sedikit yang membuka usaha kantin sekolah justru makanan yang disajikan tidak sehat alhasil mereka menjadi terjangkit penyakit. Selain harus ada trik khusus agar makanan menarik untuk dibeli. Tapi bagaimana caranya agar jualan kantin sekolah lebih banyak dibeli dibandingkan jajanan lainnya.

Baca juga artikel: Bisnis  Modal Kecil

Tips jualan Makanan kantin sekolah

  1. Buatlah makanan yang mengenyangkan

Terkadang untuk anak sekolah yang dikasih uang jajan pas-pasan namun belum sarapan biasanya lebih memilih makanan yang mengenyangkan dibandingkan enak rasanya. Karena terkadang makanan yang enak tak mengenyangkan karena ukurannya yang tidak besar.

  1. Makanan yang Hangat Bukan Dihangatkan

Meskipun masih anak-anak biasanya mereka pintar memilih makanan. Mereka lebih memilih makanan yang masih hangat dan menghindari makanan yang dihangatkan. Apalagi jika itu gorengan, pasti ketahuan dari kulit gorengan yang lebih coklat atau menghitam. Jadi lebih baik memasak makanannya sejam menjelang istirahat pelajaran jadi makanan yang dijual masih hangat untuk di makan.

  1. Perhatikan Cuaca

Untuk minuman ada baiknya memperhatikan faktor cuaca. Jika cuacanya panas lebih baik Anda membuat es namun jika cuacanya dingin atau musim hujan ada baiknya Anda menjual teh hangat, bajigur, susu coklat atau minuman hangat lainnya.

Baca Juga : Bisnis Antar Jemput Anak Sekolah, Kerja Sebentar Tapi Untung Banyak

  1. Harga Terjangkau

Karena berjualannya di kantin sekolah, ada baiknya harga jangan terlalu mahal karena uang jajan anak sekolah biasanya terbatas. Untuk jajanan seperti gorengan ada baiknya Anda menjual dengan harga Rp 500-Rp1.000 per buahnya.

Begitu juga untuk roti atau snack-snack lainnya. Tapi jika Anda menjual makanan berat seperti bakso, mie ayam, nasi uduk atau siomay disarankan harganya tidak melebihi Rp 5000 per porsinya. Karena batasan harga 500 rupiah adalah harga maksimal untuk kemampuan beli anak sekolah.

  1. Perhatikan Kebersihan

Jangan menjualnya di tempat terbuka, pilihlah tempat yang tertutup kemudiah wadahkan makanan dengan wadah yang tertutup sehingga terhindar dari serangga seperti lalat yang bisa menyebabkan penyakit. Bersihkan secara berkala juga kantin Anda, misalnya pagi-pagi sebelum kantin Anda buka, setelah istirahat dan ketika mau pulang sekolah. Jangan lupa sedikan juga tempat sampah namun letaknya jangan dekat makanan melainkan beberapa meter dari kantin.

Berikut Jualan Makanan yang paling laris dijual di Kantin Sekolah

Gorengan

Salah satu makanan yang paling diminati di kantin sekolah adalah gorengan, karena murah meriah dan enak sekaligus mengenyangkan. Anda bisa menjual aneka gorengan mulai dari tahu, tempe,gehu, pisang, bakwan, molen, risol hingga pisang coklat. Makanan ini akan cepat laku walaupun dijual dalam cuaca panas maupun dingin.

Nasi Goreng

Makanan ini biasanya sangat dicari oleh mereka yang tak sempat sarapan. Namun harganya memang lebih mahal dibandingkan jika membeli makanan lainnya apalagi jika ditambahkan dengan lauk seperti tempe, telor dan ayam. Meski begitu makanan ini sayang jika tak dijual di kantin Anda karena salah satu makanan yang dicari saat istirahat maupun sebelum masuk kelas. Jika ingin menjual ini tak perlu repot-repot membawa penggorengan dan kompor ke kantin sekolahan cukup dibungkus dengan kertas plastik yang sudah Anda siapkan dari rumah. Namun jika kantin sekolah mumpuni untuk menampung penggorengan dan kompor tak ada salahnya jika Anda membawa kedua peralatan tersebut ke sekolahan. Karena nasiatau mie goreng Anda jadi lebih enak karena disajikan hangat.

Nasi Uduk

jualan di kantin sekolah

Meski sama-sama nasi, namun nasi uduk memiliki cita rasa sendiri sehingga ada penikmatnya sendiri. Namun nasi ini harganya lebih murah dibandingkan dengan nasi goreng ataupun mie goreng. Tapi nasi ini lebih tidak enak jika disantap saat istirahat karena lebih enak disantap sebelum masuk ke kelas atau pagi hari untuk sarapan.

Siomay

Bagi yang lapar namun tak ingin makan nasi biasanya anak sekolah memilih untuk makan siomay. Karena selain mengenyangkan makanan ini juga enak rasanya dan harganya tidak terlalu mahal, cukup untuk anak sekolah yang berkantung sedang.

Baca juga : Dengan Modal Kursus Memasak, Impian Buka Usaha Katering Terbuka Lebar

Seblak

Makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan diberi bumbu pedas ini memang sedang trend apalagi di kantin sekolahan.harganya pun tidak terlalu mahal. Biasanya seblak bisa dijual dengan aneka rasa, mulai dari original, seblak bakso, seblak ceker, seblak ayam hingga seblak campuran.

Sosis Bakar

jualan di kantin sekolah

Makanan yang terbuat dari daging giling ini cukup banyak yang mencarinya. Seperti makan siomay makan sosi bakar cukup membuat perut kenyang. Anda bisa menjual sosis bakar dengan beraneka rasa bisa original, keju, pedas, balado dan lainnya. Biasanya untuk menjual ini Anda membutuhkan teflon untuk memanggang sehingga asap sisa pemanggangan tidak terlalu mengganggu kanti sekolahan.

Cimol,Cilok,Cilor

Ketiga makanan yang terbuat dari aci ini sangat laris jika dijual di kantin sekolahan. Karena terbilang murah, enak dan bisa mendapatkan dalam jumlah banyak. Makanan ini sangat menguntungkan jika dijual di kantin karena bahannya yang simple yakni tapioka bisa mengembangkan ketika dimasak.

Bolu Kukus

Bolu kukus juga merupakan makanan yang banyak dicari karena mengenyangkan. Bisa menjadi makanan pengganti nasi bagi yang belum sarapan. Jika Anda tak bisa membuatnya Anda bisa membelinya di pasar atau memesannya ke toko kue.

Pizza Mini

Makanan enak, kenyak dan murah meriah ini banyak juga mencarinya. Karena makanan ini mengenyangkan sekaligus enak jika buat cemilan. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan teflon yang kemudian diberi toping sosis atau bakso, saos dan juga sayur-sayuran.

Agar atau Puding

Anak-anak pastinya suka agar-agar, makanya pelega tenggorokan ini juga banyak yang mencarinya. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah. Selain itu makanan ini paling mudah dibuat jika ingin variasi Anda bisa menambahkan susu. Biasanya anak-anaknya menyukai puding rasa coklat, strabery dan rasa buah lainnya.

Kue Leker

jualan di kantin sekolah

Makanan ini enak buat cemilan, karena kriuk-kriuk namun untuk membuatnya dibutuhkan ketrampilan karena harus membuat secara tipis hingga cepat lebih crispy. Karena jika tak tipis maka seperti martabak bukanlah crackers.  

Roti

Tak sedikit siswa yang tak terbiasa makan nasi untuk sarapan. Nah Anda bisa membuka usaha roti di sekolah. Karena roti biasanya dijadikan alternatif sebagai makanan pengganti nasi. Roti yang Anda jual bisa roti isi, roti kemasan ataupun roti bakar. Dan kebanyakan yang paling laris memang roti seribuan. Karena roti tersebut lumayan di kantong anak sekolahan dan tentunya mengenyangkan.

Ayam Crispy

Tak sedikit anak-anak menyukai ayam crispy, karena enak dan gurih. Meski tak bermerek namun anak-anak biasanya tetap akan mencari. Anda bisa membuka peluang usaha ini di kantin sekolah. Cara membuatnya juga tak terlalu susah apalagi kini sudah tersedia tepung instan untuk membuat ayam crispy. Biasanya jika menjual ini sepaket dengan nasi, saos dan minumannya.

Bakso

Bukan hanya kantin karyawan atau warung bakso, kantin sekolah pun butuh disajikan bakso. Karena makanan yang terbuat dari daging giling ini memang menjadi makanan favorit dikalangan usia termasuk para siswa. Biasanya para siswa memesan bakso ketika jam makan siang tiba.

Mie Ayam

Di kantin sekolah, mie ayam menjadi makanan mengenyangkan ketika istirahat datang. Biasanya mie ayam akan dipesan untuk anak-anak yang sedang malas makan nasi. Dan biasanya para siswa suka bingung antara makan mie ayam atau bakso. Sehingga suka memesan beberapa bakso untuk dituang ke mie ayam.

Indomie

Tak ketinggalan Indomie pun menjadi makanan andalan di kantin sekolahan. Menjadi andalan karena makanan ini tidak membosankan. Baik digoreng maupun di rebus. Makanan ini pun cocok untuk sarapan maupun makan siang. Dan meski sudah mengandung karbohidrat yang tinggi Indomie tetap disantap bersama nasi.

Soto

Bagi yang ingin makan yang berkuah-kuah biasanya soto menjadi andalan anak sekolahan. Harganya pun tak semahal bakso jadi mereka biasanya menjadikan soto untuk makan siang. Soto yang biasa tersedia biasanya soto ayam, soto daging dan soto mie.

Donat

Roti yang bolong ditengahnya ini menjadi makanan favorit karena mengenyangkan dan murah harganya. Apalagi toppingnya beragam. Ada gula halus, coklat, selai kacang hingga strawberry. Sangat cocok untuk sarapan dan harganya tidak mahal.

Burger Mini

jualan di kantin sekolah

Biasanya makanan ini akan dibeli ketika pulang sekolah. Menunggu jemputan. Makanan ini patut disajikan di kantin sekolah, karena selain praktis burger mini juga bergizi karena dilapisi dengan keju, beef, dan sayuran.

Es Lilin

Es lilin menjadi minuman favorit bagi anak SD. Biasanya yang mereka sukai adalah es lilin kacang hijau, es lilin susu coklat, es lilin sirop buah. Selain rasanya enak, es ini juga sangat segar jika diminum siang-siang setelah olahraga.

Es Krim

Meski harganya lebih mahal dibandingkan dengan es lilin, namun es krim memiliki idolanya sendiri. Biasanya ibu-ibu lebih senang jika anaknya makan es krim dibandingkan dengan membeli es yang lainnya. Karena es krim lebih bergizi kandungannya. Dan es krim juga disebut sebagai pengganti susu bagi yang tidak suka susu bisa membeli es krim.

Es Buah/jus buah

Nah, es buah atau jus buah juga bisa dikatakan menjadi andalan setelah makan berat seperti mi ayam, bakso, siomai dan nasi. Biasanya jus buah harganya lebih mahal. Jika ingin menjual jus buah atau es buah lebih baik di kantin sekolah SMP atau SMA yang uang jajannya lebih besar.

Es Dawet

Es dawet menjadi sangat andalan ketika panas terik apalagi setelah berolahraga. Pasti banyak anak-anak yang mencarinya. Es dawet juga bisa menjadi minuman pendamping setelah makan siang.

Es Teh

Minuman yang satu ini menjadi andalan untuk setiap makanan. Biasanya bisa dibuat sendiri atau dengan teh botolan. Es teh sendiri ada yang tawar dan ada yang manis tergantung pesanan. Dan tentunya harganya akan berbeda.

Tahu Bulat

Tahu bulat saat ini menjadi makanan kekinian. Bisa dijadikan camilan bisa juga dijadikan sebagai makanan pengganjal perut yang lapar. Tapi kurang enak jika dijadikan sebagai lauk makan. Harga tahu bulat juga terbilang murah, sehingga banyak siswa yang mengantri membelinya. Jika Anda berjualan lebih baik jual tahu bulat yang berbeda dengan kebanyakan jangan diberi micin karena tidak baik untuk kesehatan para siswa. Dan bisa-bisa Anda diprotes oleh orang tua dan guru tidak boleh lagi berdagang.

Kentang Goreng

Kentang goreng biasanya dijual bersamaan dengan ayam crispy mirip dengan ayam di MC Donald ataupun KFC. Biasanya para siswa suka membelinya karena rasanya yang gurih ditambahkan dengan saus sambal. Tentunya untuk membuat kentang goreng yang garing tak bisa langsung digoreng seperti menggoreng gorengan. Harus dikukus terlebih dahulu agar sangat garing ketika dimakan.

Air Mineral

Nah meski banyak minuman yang dijual, pastinya minuman mineral tetap akan dicari oleh para siswa. Untuk melepas dahaga dan harganya tidak terlalu mahal. Disarankan jual apa pun Anda, air mineral tetap menjadi pendampingnya.

Pop Ice

Minuman blender satu ini memang menjadi favorit apalagi dikasih topping yang berwarna-warni. Anak-anak pasti ingin membeli. Biasanya harga pop ice tidak terlalu mahal dibandingkan dengan jus. Sehingga banyak siswa yang suka membelinya.

Telor Gulung

Sate telor gulung menjadi makanan yang legendaris dan paling laris hingga saat ini. Makanan ini turun temurun dijual di kantin sekolah. Cara membuatnya juga tak sulit dengan mencampur telur ayam, garam, merica yang dicampur dan digoreng kemudian di digulung ke dalam tusuk sate. Setelah itu ditambahkan saus asam manis.

Lidi-Lidian

Lidi-lidian atau sering disebut dengan mie lidi meski tak mengenyangkan namun anak sekolahan sangat menyukainya. Makanan ini memang cocok di makan santai ketika istirahat pertama sambil ngobrol dengan teman-teman. Rasa pada makanan ini biasanya pedas dan asin. Dan yang paling unik setelah makan mie lidi bungkusnya tidak dibuang melainkan dibalik karena masih banyak bumbunya menempel di bungkusan.

Rambut Nenek

jualan di kantin sekolahMeski namanya rambut nenek namun warnanya tidaklah putih seperti uban. Melainkan merah muda. Rambut nenek sendiri merupakan kerupuk yang renyah dengan isian gulali yang manis. Makanan ini sangat fenomenal sejak zaman dulu dan masih ada di kantin sekolahan hingga sekarang. Jika Anda ingin menjual ini sebaiknya Anda memiliki mesin gulali.

Coki-coki

Anak sekolahan tentunya menyukai coklat. Namun coklat yang satu ini bukan seperti coklat biasanya yang padat dan berbentuk kotak. Coki-coki lebih encer meski pekat. Biasanya dibungkus plastik seukuran pensil. Bisa langsung dimakan, bisa juga dijadikan campuran pada roti.

Mie Kremes

Camilan yang satu ini tentunya tidak mengenyangkan namun sangat asyik untuk dimakan bersama teman. Biasanya disantap dengan bumbu yang rasanya asin atau manis. Camilan ini juga melegenda di sekolahan hingga sekarang masih ada mie kremes di jajakan.

Ciki

Sebenarnya ciki adalah salah satu merek makanan ringan. Namun melegenda hingga sekarang, camilan ringan yang bukan bermerek ciki pun disebut dengan ciki. Meski banyak orang tua yang tak suka jika anaknya membeli ini. Namun, ciki tetap dijual di kantin sekolahan. Alasannya anak-anak menyukainya untuk camilan.

Nugget

Olahan daging ayam yang satu ini memang sangat disukai oleh anak-anak. Biasanya dijadikan sebagai lauk. Makanan ini biasanya disajikan dengan nasi dan saus tomat. Nugget sendiri kini beragam ada yang sapi, nugget ikan, nugget tahu, nugget nasi.

        

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY