Tips Agar Laris Manis Jualan Makanan di Kantin Sekolah

jualan kantin sekolah goukm

Ternyata berbisnis bisa dilakukan dimana saja termasuk di sekolah. Peluang usaha yang cukup menjanjikan dengan target anak-anak sekolahan yang memang hobi jajan. Tapi bagaimana caranya agar jualan kantin sekolah lebih banyak dibeli dibandingkan jajanan lainnya.

Baca juga artikel: Bisnis  Modal Kecil

Tips jualan Makanan kantin sekolah

  1. Buatlah makanan yang mengenyangkan

Terkadang untuk anak sekolah yang dikasih uang jajan pas-pasan namun belum sarapan biasanya lebih memilih makanan yang mengenyangkan dibandingkan enak rasanya. Karena terkadang makanan yang enak tak mengenyangkan karena ukurannya yang tidak besar.

  1. Makanan yang Hangat Bukan Dihangatkan

Meskipun masih anak-anak biasanya mereka pintar memilih makanan. Mereka lebih memilih makanan yang masih hangat dan menghindari makanan yang dihangatkan. Apalagi jika itu gorengan, pasti ketahuan dari kulit gorengan yang lebih coklat atau menghitam. Jadi lebih baik memasak makanannya sejam menjelang istirahat pelajaran jadi makanan yang dijual masih hangat untuk di makan.

  1. Perhatikan Cuaca

Untuk minuman ada baiknya memperhatikan faktor cuaca. Jika cuacanya panas lebih baik Anda membuat es namun jika cuacanya dingin atau musim hujan ada baiknya Anda menjual teh hangat, bajigur, susu coklat atau minuman hangat lainnya.

  1. Harga Terjangkau

Karena berjualannya di kantin sekolah, ada baiknya harga jangan terlalu mahal karena uang jajan anak sekolah biasanya terbatas. Untuk jajanan seperti gorengan ada baiknya Anda menjual dengan harga Rp 500-Rp1.000 per buahnya. Begitu juga untuk roti atau snack-snack lainnya. Tapi jika Anda menjual makanan berat seperti bakso, mie ayam, nasi uduk atau siomay disarankan harganya tidak melebihi Rp 5000 per porsinya. Karena batasan harga 500 rupiah adalah harga maksimal untuk kemampuan beli anak sekolah.

  1. Perhatikan Kebersihan

Jangan menjualnya di tempat terbuka, pilihlah tempat yang tertutup kemudiah wadahkan makanan dengan wadah yang tertutup sehingga terhindar dari serangga seperti lalat yang bisa menyebabkan penyakit. Bersihkan secara berkala juga kantin Anda, misalnya pagi-pagi sebelum kantin Anda buka, setelah istirahat dan ketika mau pulang sekolah. Jangan lupa sedikan juga tempat sampah namun letaknya jangan dekat makanan melainkan beberapa meter dari kantin.

Berikut Makanan yang paling laris dijual di Kantin Sekolah

Gorengan

Salah satu makanan yang paling diminati di kantin sekolah adalah gorengan, karena murah meriah dan enak sekaligus mengenyangkan. Anda bisa menjual aneka gorengan mulai dari tahu, tempe,gehu, pisang, bakwan, molen, risol hingga pisang coklat. Makanan ini akan cepat laku walaupun dijual dalam cuaca panas maupun dingin.

Nasi Goreng/ Mie Goreng

Makanan ini biasanya sangat dicari oleh mereka yang tak sempat sarapan. Namun harganya memang lebih mahal dibandingkan jika membeli makanan lainnya apalagi jika ditambahkan dengan lauk seperti tempe, telor dan ayam. Meski begitu makanan ini sayang jika tak dijual di kantin Anda karena salah satu makanan yang dicari saat istirahat maupun sebelum masuk kelas. Jika ingin menjual ini tak perlu repot-repot membawa penggorengan dan kompor ke kantin sekolahan cukup dibungkus dengan kertas plastik yang sudah Anda siapkan dari rumah. Namun jika kantin sekolah mumpuni untuk menampung penggorengan dan kompor tak ada salahnya jika Anda membawa kedua peralatan tersebut ke sekolahan. Karena nasiatau mie goreng Anda jadi lebih enak karena disajikan hangat.

Nasi Uduk

Meski sama-sama nasi, namun nasi uduk memiliki cita rasa sendiri sehingga ada penikmatnya sendiri. Namun nasi ini harganya lebih murah dibandingkan dengan nasi goreng ataupun mie goreng. Tapi nasi ini lebih tidak enak jika disantap saat istirahat karena lebih enak disantap sebelum masuk ke kelas atau pagi hari untuk sarapan.

Siomay

Bagi yang lapar namun tak ingin makan nasi biasanya anak sekolah memilih untuk makan siomay. Karena selain mengenyangkan makanan ini juga enak rasanya dan harganya tidak terlalu mahal, cukup untuk anak sekolah yang berkantung sedang.

Seblak

Makanan yang terbuat dari kerupuk yang direbus dan diberi bumbu pedas ini memang sedang trend apalagi di kantin sekolahan.harganya pun tidak terlalu mahal. Biasanya seblak bisa dijual dengan aneka rasa, mulai dari original, seblak bakso, seblak ceker, seblak ayam hingga seblak campuran.

Sosis Bakar

Makanan yang terbuat dari daging giling ini cukup banyak yang mencarinya. Seperti makan siomay makan sosi bakar cukup membuat perut kenyang. Anda bisa menjual sosis bakar dengan beraneka rasa bisa original, keju, pedas, balado dan lainnya. Biasanya untuk menjual ini Anda membutuhkan teflon untuk memanggang sehingga asap sisa pemanggangan tidak terlalu mengganggu kanti sekolahan.

Cimol,Cilok,Cilor

Ketiga makanan yang terbuat dari aci ini sangat laris jika dijual di kantin sekolahan. Karena terbilang murah, enak dan bisa mendapatkan dalam jumlah banyak. Makanan ini sangat menguntungkan jika dijual di kantin karena bahannya yang simple yakni tapioka bisa mengembangkan ketika dimasak.

Bolu Kukus

Bolu kukus juga merupakan makanan yang banyak dicari karena mengenyangkan. Bisa menjadi makanan pengganti nasi bagi yang belum sarapan. Jika Anda tak bisa membuatnya Anda bisa membelinya di pasar atau memesannya ke toko kue.

Pizza Mini

Makanan enak, kenyak dan murah meriah ini banyak juga mencarinya. Karena makanan ini mengenyangkan sekaligus enak jika buat cemilan. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan teflon yang kemudian diberi toping sosis atau bakso, saos dan juga sayur-sayuran.

Agar atau Puding

Anak-anak pastinya suka agar-agar, makanya pelega tenggorokan ini juga banyak yang mencarinya. Anda juga bisa membuat sendiri di rumah. Selain itu makanan ini paling mudah dibuat jika ingin variasi Anda bisa menambahkan susu. Biasanya anak-anaknya menyukai puding rasa coklat, strabery dan rasa buah lainnya.

Crackers

Makanan ini enak buat cemilan, karena kriuk-kriuk namun untuk membuatnya dibutuhkan ketrampilan karena harus membuat secara tipis hingga cepat lebih crispy. Karena jika tak tipis maka seperti martabak bukanlah crackers.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                       

LEAVE A REPLY