Agar Usaha Bakso Dapat Bersaing, Inilah Macam-Macam Mesin Untuk Usaha Bakso

merawat mesin bakso

Mesin untuk usaha bakso sangat dibutuhkan ketika seorang pengusaha bakso sudah memiliki banyak pelanggan. Mesin untuk usaha bakso ini berfungsi untuk mempercepat proses pembuatan bakso dari mulai menggiling daging, mencampurkan bahan hingga mencetak bakso.

Jika usaha masih dalam skala kecil atau membuat bakso masih sekitar lima kilogram lebih baik tak perlu menggunakan mesin untuk usaha bakso. Namun membuatnya cukup dengan cara manual. Dengan cara menggilingnya dengan menggunakan blender kemudian dicampurkan dengan bahan-bahan seperti sagu, bumbu-bumbu kemudian dibulatkan.

Namun jika usaha bakso skalanya menengah hingga besar dalam sekali pembuatan mencapai lima kilogram lebih, disarankan untuk membeli mesin untuk usaha bakso. Untuk usaha bakso ini biasanya ada beberapa mesin yang diperlukan. Namun Anda tak perlu membelinya secara keseluruhan cukup sesuai dengan kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

BERIKUT BEBERAPA MACAM-MACAM MESIN UNTUK USAHA BAKSO

MESIN PENGIRIS DAGING

Mesin ini disebut juga dengan meat slicer. Alat ini biasa digunakan untuk mengiris dan memotong berbagai jenis daging. Umumnya untuk mengiris daging sapi yang biasanya hanya menggunakan pisau.

Jika menggunakan mesin untuk usaha baksi ini maka irisan daging yang dihasilkan biasanya sesuai dengan apa yang kita butuhkan. Baik ketebalan maupun ukuran bisa kita sesuaikan sesuai dengan keinginan lewat alat pengatur ketebalan yang tersedia pada mesin pengiris daging.  Sehingga daging yang didapat ukurannya bisa mirip.

Keunggulan lain dari mesin pengiris daging ini bisa mengatur ketebalan sesuai yang kita inginkan karena mesin ini memiliki tombol otomatis yang bisa diatur. Selain itu hasilnya juga simetris sehingga bisa menambah daya tarik pembeli daging. Namun untuk mengiris daging pada alat ini suhu daging tak boleh terlalu beku karena irisan yang didapat bisa tidak sesuai. Suhu yang harus dimiliki daging minimal minus 5 dan maksimal 15 derajat celsius.

Jika ingin membeli mesin pengiris daging pun ada dua jenis yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuha dan budget Anda. Ada mesin yang semi otomatis ada mesin yang sudah full otomatis. Meski berbeda namun cara menggunakan mesin tersebut sama saja yaitu dengan meletakan daging pada tray yang telah disediakan setelah itu secara perlahan dan efektif maka pisau akan mengiris daging dengan sistem putar.

Berikut Beberapa Jenis Mesin Meat Slicer

Meat Slicer HS-8

Mesin ini termasuk kedalam mesin semi otomatis yang mampu mengiris daging hingga ketebalan 13 mm. Mesin ini terbuat dari bahan stainless steel sehingga mesin ini tak mudah karat jadi lebih awet dibandingkan dengan mesin yang terbuat dari bahan almunium maupn kuningan. Selain itu mesin yang memiliki berat 14 kg ini juga tak meninggalkan noda seperti bahan logam kuningan yang akan meninggalkan warna kuning pada daging. Mesin yang memiliki daya listrik hingga 210 Watt ini bisa didapatkan dengan kisaran harga Rp4,3 juta.

Meat Slicer HS-10

Mesin semi otomatis ini hampir sama dengan tipe HS-8. Bedanya mesin ini memiliki blade dia (diameter mata pisau) 250 mm lebih besar dibandingkan dengan meat slicer HS-8 hanya 220mm. Sehingga harganya pun lebih mahal dengan kisaran lima juta rupiah.

Meat Slicer HS-12

Mesin ini juga sama dengan tipe HS-8, semi otomatis namun ketebalan mengirisnya bisa mencapai 19 mm. Mesin juga terbuat dari stainless steel sehingga lebih awet dan tidak meninggalkan noda seperti bahan logam kuningan. Diameter mata pisau mesin ini ukurannya mencapai 300 mm. Dan biasa dijual dengan kisaran harga 7,3 juta rupiah.

Mesin Slicer Otomatis

Jika dalam skala yang besar ada baiknya Anda membeli mesin slicer yang full otomatis sehingga lebih cepat dan efisien dalam pengirisan daging dan tak perlu bersentuhan langsung dengan tangan.

Cara menggunakannya cukup dengan memasukan daging ke dalam tray yang terdapat di bagian belakang mesin kemudian atur ketebalan dan kecepatan dalam pengirisan setelah itu mesin akan dengan sendirinya mengiris daging.

Selain itu mesin ini juga lebih mudah dalam pengaturan ketebalan dan kecepatan dalam pengirisan. Hasil irisan daging yang didapat juga lebih rapi dan halus. Mesin ini juga bisa digunakan untuk mengiris buah dan sayuran.

MESIN GILING DAGING

Setelah menggunakan mesin pengiris daging atau meat slicer makan mesin yang digunakan untuk usaha bakso lainnya adalah mesin giling daging. Mesin meryoakan alat untuk membantu proses penggilingan daging sehingga menghasilkan bentuk daging yang lebih halus.

Mesin yang lebih dikenal dengan nama meat grinder ini bisa digunakan untuk membentuk tekstur daging menjadi lebih halus dan akan memberikan rasa yang lebih enak dibandingkan jika dibandingkan hanya daging yang masih memiliki tulang atay yang bentuknya masih normal.

Selain untuk menggiling bakso mesin biasanya digunakan untuk menggiling daging untuk sosis atau nugget. Dan jika ingin membeli mesin giling daging ini maka pilihlah mesin giling yang loyangnya terbuat dari material stainless steel pada bodinya.

Hal tersebut menjadikan mesin terjaga dalam kebersihannya. Mesin giling daging yang terbuat dari stainless steel biasanya dilengkapi dengan alat penggiling yang terbuat dari baja sehingga lebih kuat dengan menggiling.

Jadi putaran mesinnya lebih stabil sehingga menghasilkan gilingan yang lebih banyak. Selain menghasilkan gilingan daging dengan tekstur daging yang lembut, menggiling mesin ini lebih bersih dan higienis dibandingkan jika menggiling dengan menggunakan cara manual.

Jenis-Jenis Mesin Giling Daging      

Household Meat Grinder

Mesin  untu usaha bakso  merupakan mesin yang terkecil dari mesin giling daging. Mesin rumahan hanya  mampu menggiling daging dengan kapasitas sedikit. Mesin ini memiliki kelebihan portable sehingga mudah dipindahkan karena ukurannya hanya 4 kilogram.

Selain itu ini memiliki kelebihan bisa mencetak sosis dan memiliki daya listrik yang rendah hanya 200 watt. Dan harganya lebih murah dibandingkan dengan mesin giling daging lainnya yakni hanya Rp 800.000.

Meat Grinder WFM Series

Mesin ini mampu menggiling daging dengan mulai kapasitas 14 kg hingga 28,44 kg tergantung dari tipe dari mesin. Mesin untuk usaha bakso ini dirancang khusus untuk melumatkan daging dengan lebih cepat dan halus. Keunggulan mesin ini menghasilkan kehigienitisan dari daging yang dilumatkan karena bahan yang digunakan adalah satinless steel sehingga tak mudah berkarat dan meninggalkan noda kuningan. Mesin ini juga bisa digunakan sebagai mesin pencetak sosis.

Taiwan Meat Grinder

Jika usaha bakso Anda sudah skala yang lebih besar Anda bisa menggunakan mesin Taiwan meat grindr. Karena mesin ini selain memiliki body yang kokoh juga memiliki 4 buah pisau, 4 buah saringan dan on-off reverse switch. Kapsitas penggilingan mesin mencapai 200 kg per jam. Sehinga anda bisa menggiling dengan kapasitas yang besar.

MESIN CETAK BAKSO

Setelah diiris dan dilumatkan maka bakso siap untuk dicetak namun sebelumnya harus diberi dengan bumbu dahulu. Agar bakso enak ketika 6disantap. Sebenarnya untuk mencetak bakso bisa dengan cara manual yakni daging menghasilkan 13.000 butir bakso dalam waktu satu jam. Karena mesin ini memiliki kecepatan hingga 2800 rpm. Dan  menghasilksan bakso 250-300 perjamnya. Dengan berat bersih 24 kg mesini memiliki empat mata pisau, 4 buah saringan dan cetakan sosis.

MESIN VACUUM SEALER

Setelah proses pencetakan biasanya bakso bisa langsung disajikan. Namun jika bakso belum terjual dalam bentuk instan tanpa kuah maka dibutuhkan mesin pengemas seperti vacuum sealer.

Mesin ini bisa digunakan untuk mengemas produk dengan cara menghampakan udara yang ada di dalam plastik kemasan sehingga kemasan menjadi kedap udara atau vakum. Dengan menghampakan udara di dalam plastik maka kualitas bakso lebih aman karena terhindar dari proses oksidasi dan mencegah terjadinya kerusakan pda produk akibat adanya proses biologi yang berlangsung selama produk berada dalam kemasan.

Bakso yang dikemas dengan menggunakan mesin vakum ini keawetannya lebih tahan lama dan terhindar dari kerusakan biologis dan menjadikan produk terutama makanan tetap dalam keadaan fresh.

Vacuum sealer sendiri memiliki berbagai jenis yaitu

DZ-280A || DZ-300A

Vaccuum sealer jenis ini biasanya hanya digunakan untuk skala rumah tangga dan UKM pemula. Alat ini berfungsi untuk mengeseal atau merekatkan plastik dengan lebar sampai dengan 28 cm. DZ-300A biasanya dilengkapi dengan tabung untuk menampung cairan atau partikel yang tersedot dalam proses pemvakuman.

HVZ-260T || DZ-400/2T

Vacuum sealer jenis ini sudah mengadopsi sistem vakum pump yang modelnya compact sehingga menjadikannya hemat tempat.

DZ-400/2E|| DZ-500/2E

Vacuum sealer jenis ini yang terlaris karena dilengkapi dengan roda sehingga portable mudah untuk dibawa-bawa.

DZ-510/25

Vacuum sealer jenis ini merupakan mesin vakum double chamber. Output menjadi dua kali lebih banyak karena operator dapat meload produk ketika chamber satunya sedang dalam proses pemvakuman. Tutup vakum dari stainless steel solid sehingga tidak mudah pecah. Sementara vacuum sealer tipe 25 memiliki meja vakum yang datar sehingga mudah dibersihkan.

DZ-800/2L ||DZ-1100/25

Mesin vacuum sealer jenis ini memiliki chamber yang besar dan seal bar 2 biji, satu pendek dan satu panjang, yang cocok untuk memvakum produk dengan ukuran yang jumbo.

DZQ-800L||DZ-800W

Mesin tipe ini menggunakan proses pemvakuman sedot external sehingga cocok yntuk produk yang sangat besar dan berat.

HVB-1020F

Mesin jenis ini dilengkapi dengan conveyor berjalan dan proses penvakuman otomatis, menghasilkan output yang besar.

Q – Nitrogen  

Vacuum sealer jenis ini cocok untuk makan yang mudah remuk seperti keripik, karena setelah proses penvakuman, plastik akan diisi gas nitrogen, menjadikannya menggelembung dan tidak menghancurkan pro

MESIN CODDING ATAU MESIN EXPIRED

Bisa dibilang mesin merupakan mesin yang digunakan pada tahap akhir. Karena mesin ini  digunakan untuk mencetak kode atau tanggal yang akan secara otomatis akan memberikan tanggal kadaluarsa sesuai dengan penyetelan. Tak hanya itu mesin ini juga bisa untuk mencantumkan tanggal produksi sekaligus kode produksi dari setiap produk yang akan dipasarkan kepada konsumen. Sehingga bakso yang akan anda jual ada tanggal kadaluarsanya.

Keunggulan lain coding machine ini adalah cocok digunakan untuk segala permukaan karena mesin, roler dan pitanya bisa mencetak jenis plastik kemasan apapun juga seperti plastik, kertas,almunium foil, metalized dan lain-lain.

Baca Juga : Jago Membuat Bakso dengan Kursus membuat Bakso 

Selain itu mesin juga suhu pemanasnya terjada sehingga bisa konstan dan tahan lama meski digunakan berkali-kali dengan jumlah yang lebih banyak. Sehingga bisa digunakan berkali-kali dengan jumlah yang banyak.

Dengan menggunakan mesin ini juga hasil cetakan menjadi lebih jelas dan rapi, karena pita rol dan ink roler yang digunakan menggunakan kualitas yang terbaik sehingga hasil cetakan kode sangat rapi dan mudah untuk dibaca.

Tak hanya itu mesin ini bisa mencetak informasi penting mengenai produk. Sehingga nilai kandungan gizi pada bakso yang akan Anda jual akan tercantum dalam kemasan. Pencantuman kode dan informasi tersebut bisa sangat mudah dan cepat dengan mesin tersebut.

PALLET WRAPER

Biasanya setelah bakso dikemas kemudian dilengkapi dengan tanggal kadaluarsa dan informasi mengenai nilai gizi maka tahap akhirnya adalah dimasukan ke dalam kardus sebelum  didistribuskan.

Biasanya setelah bakso dimasukkan ke dalam kardus maka kardus bakso direkatkan dengan mesin yang bernama Pallet Wrapper. Mesin ini digunakan untuk membundle tumpukan kardus karton dengan menggunakan strecth film.

LEAVE A REPLY