Ide Usaha Makanan Kreatif yang Bakal Menguntungkan

Ide Usaha Makanan

Makanan sepertinya tidak akan ada habisnya jika dijadikan peluang usaha. Karena hampir semua orang menyukai kuliner. Namun bagi Anda yang pebisnis bukan hanya harus memiliki ide usaha makanan yang bakal menguntungkan namun juga unik, kreatif sehingga membuat orang tertarik untuk membelinya.

Selain itu ide usaha makanan terbaru pun diperlukan untuk menarik pelanggan. Karena terkadang pelanggan enggan datang karena bosan dengan makanan yang itu-itu saja. Tentunya bukan mudah untuk memiliki ide bisnis makanan yang inovatif apalagi untuk ide usaha makanan ringan. Biasanya cenderung itu-itu saja.

Namun jangan khawatir, Go UKM akan memberikan ide-ide usaha kuliner untuk Anda. Tentunya ide usaha makanan tersebut adalah ide usaha makanan terbaru. Sehingga ide usaha kuliner ini bisa Anda terapkan dan akan menjadi makanan yang menguntungkan.

Berikut Beberapa Ide Usaha Makanan yang Bakalan Menguntungkan Anda

  1. Ide Usaha Kuliner Nusantara

Indonesia sepertinya beruntung karena memiliki kaya akan makanan khas nusantara. Namun untuk mengembangkan ini Anda memang butuh ide usaha kuliner tradisional yang jarang dijual di Indonesia. Jangan mengikuti pasaran dengan menjual makanan yang biasa ditemukan. Hindari menjual rendang, pempek, gado-gado, soto karena itu mudah sekali ditemukan.

Ada baiknya Anda memiliki ide usaha makanan terbaru meski tetap menusantara. Misalnya saja grontol jagung, kue rangi, gulo puan, bubur bassang, kue geplak, cungkring. Ide usaha makanan tersebut bisa Anda coba. Siapa tahu menguntungkan apa lagi saat ini banyak orang yang justru ingin mencari makanan khas daerahnya yang sulit ditemukan di zaman sekarang.

2. Ide Usaha Makanan Ringan yang Unik

Ide Usaha Makanan

Makanan ringan tentunya banyak namun makanan ringan yang unik masih sangat jarang. Nah makanya sebelum Anda membuka usaha makanan, ada baiknya Anda menemukan dulu ide usaha makanan ringan yang unik. Berikut beberapa makanan ringan yang unik yang bisa Anda jadikan ide usaha makanan yang bakal menguntungkan

3. Ide Bisnis Makanan Modal Dikit Untung Banyak

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang banyak bukan berarti Anda harus mengeluarkan uang yang banyak. Cukup dengan ide bisnis yang kreatif, Anda bisa mendapatkan untung yang banyak meski modal hanya sedikit.

4. Ide Usaha Makanan dengan Unsur Seni

Selain enak, bagi Anda pebisnis kuliner dituntut agar makanan tersebut menarik sehingga Anda harus menambahkan ide usaha makanan dengan unsur seninya. Tentunya tak semua pebisnis kuliner bisa. Karena biasanya mereka hanya memiliki ide usaha makanan yang bakal menguntungkan.

Baca Juga : 5 Ide Kemasan Kue Kering Cantik Untuk Memikat Konsumen

5. Ide bisnis Makanan Beku

Ide bisnis makanan beku atau frozen yang kini sedang trend bisa Anda jadikan peluang usaha. Banyak jenis makanan beku yang bisa Anda jadikan peluang usaha mulai dari sosis, nugget, somay, otak-otak ikan, udang, bakso. Jika Anda belum bisa membuat frozen food kini sudah banyak agen frozen food yang menawarkan untuk kerja sama.

6. Ide Usaha Makanan untuk Vegetarian

Ide Usaha Makanan

Di Indonesia banyak sekali orang yang vegetarian atau tidak konsumsi daging dengan alasan perintah agama atau memang tak menyukai daging. Sehingga mereka konsumsi sayur-sayuran untuk makanan sehari-hari. Bagi mereka vegetarian yang bosan makanan rumahan pastinya mereka ingin mencari makanan di luar. Nah, ide bisnis makanan untuk vegetarian bisa Anda coba buka. Pastinya banyak vegetarian yang melirik. Misalnya nugget jamur, salad sayur, salad buah, dan lain-lain.

7. Ide Bisnis Makanan untuk Orang Diet

Biasanya orang diet ingin konsumsi makanan yang tidak akan menambah berat badannya. Namun di rumah-rumah makan, sulit ditemukan. Ide usaha kuliner untuk orang diet ini sepertinya akan membawa rezeki pada Anda. Agak sulit memang untuk membuat makanan enak dan tidak membuat naik berat badan. Karena Anda harus pintar-pintar mengkombinasikan jenis-jenis makanannya. Selain itu Anda juga harus tahu berapa kandungan gizinya, jangan sampai lemaknya terlalu tinggi.

Berikut Beberapa Ide Usaha Makanan yang Sepertinya Akan Menguntungkan Anda

  • Mie Pelangi

Seni memang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan termasuk dalam sajian mie. Anda bisa mencoba ide usaha makanan dengan unsur seni seperti mie pelangi ini. Sebenarnya rasanya sama begitu juga adonannya hanya saja ketika diberi pewarna, mienya bukan kuning saja. Namun ada hijau, merah muda, ungu sehingga disebut dengan mie pelangi.

  • Bakso Hello Kitty

Jika biasanya bakso identik dengan bulat namun ukurannya saja ada yang mini ada yang jumbo. Namun kali ini bakso justru bentuknya animasi, berupa Hello Kitty. Bakso ini memang dibentuk menyerupai helo kitty, termasuk ide bisnis makanan unik bukan? Anda pun bisa mencobanya dengan bentuk animasi lainnya seperti Doraemon, Conan dan lain-lain.

  • Bolu Batik

Ide Usaha Makanan

Ide usaha makanan unik lainnya seperti bolu batik yang kini sedang viral di beberapa daerah. Bolu batik ini biasanya untuk acara-acara resmi seperti pelantikan, pernikahan, lamaran hingga upacara kenegaraan.

  • Rambutan Goreng

Bagi Anda yang suka beli gorengan, pasti tak pernah menemukan rambutan goreng di gerobak tukang gorengan. Karena ide usaha makanan ringan unik ini memang masih langka ditemukan. Namun mengapa bukan Anda saja yang mencoba mengaplikasikan ide usaha makanan tersebut. Siapa tahu menguntungkan. Untuk membuat rambutan goreng tentunya tak semudah membuat gorengan biasa, karena rambutan mengandung kadar air yang tinggi, Sehingga sebelum digoreng rambutan dibuang isinya dan diiris tipis baru dicampur adonan seperti telur, tepung terigu dan digoreng di dalam minyak panas.

  • Keripik Bayam

Jika bayam biasanya hanya sebagai sayur. Namun kali ini berbeda, justru dijadikan keripik. Ide usaha makanan ringan ini patut Anda coba. Saat ini di beberapa daerah seperti Jawa Barat, Keripik Bayam memang sudah banyak dijual namun di luar daerah tersebut. Keripik bayam masih jarang ditemukan. Cara membuat keripik bayam pun mudah, karena keripik bayam memang sudah tipis sehingga tidak perlu diiris lagi dan tinggal mencelupkannya ke dalam terigu.

  • Keripik Tomat

Ide Usaha Makanan

Keripik tomat mungkin banyak yang baru mendengarnya. Rasanya pun tak kalah dengan keripik lainnya. Ide usaha makanan ringan ini bisa Anda coba. Mungkin saja bisa menjadi ide bisnis kuliner yang menguntungkan. Berbeda dengan keripik pada umumnya yang diiris tipis saja sebelum digoreng, keripik tomat justru diblender kemudian ditambahkan dengan bahan-bahan seperti tepung sagu, terigu, merica, garam dan kaldu. Setelah mendapatkan adonan yang kalis maka adonan digiling tipis sambil ditaburi dengan tepung terigu. Setelah dipotong bula-bulat dengan diameter 5cm. Dan digoreng dengan minyak panas.

  • Mochi Es Krim

Jika mochi isinya kacang hijau namun kali ini mochi justru isinya es krim. Es krim mochi ini mengikuti trend dari kota Jepang. Dan kini sedang trend di beberapa kota seperti Bandung dan Jakarta. Ide usaha makanan unik ini bisa Anda coba kembangkan di kota Anda. Kemungkinan akan banyak peminatnya. Karena kombinasi antara mochi yang kenyal dengan es krim yang dingin dan lembut pastinya sangat enak ketika di makan.

  • Pempek Pelangi

Ide Usaha Makanan

Jika biasanya pempek berwarna putih agak kekuningan namun kali ini pempek berwarna pelangi. Ide usaha makanan unik ini akan Anda temui di kota penghasil pempek, Palembang. Warna-warni pempek tersebut berasal dari saripati sayur-sayuran. Pempek tersebut memang sengaja dibuat untuk mengatasi anak-anak yang tidak menyukai sayuran. Selain warnanya yang berasal dari sayuran, pempek pelangi juga berisi sayur mayur.

  • Kerupuk Daun Bambu

Banyak orang hanya memanfaatkan batang bambu, sementara daun bambunya terbuang percuma. Padahal daun bambu bisa dibuat sebagai camilan. Ide usaha makanan ringan ini sangat pas jika dibuat kerupuk bambu. Untuk membuatnya harus daun bambu pilihan, yang  masih muda dan berwarna hijau yang kemudian dihaluskan dengan menggunakan blender yang telah dicampur dengan air.

Setelah itu dicampurkan dengan tepung tapioka, terigu, bawang putih, garam damn gula. Jika sudah tidak lengket maka adonan diratakan. Kemudian dikukus hingga warna menjadi hijau bening. Setelah itu diangin-anginkan selama 12 jam, dan ketika sudah mengeras diiris tipis-tipis dan dikeringkan di bawah sinar matahari. Jika sudah benar-benar kering maka kerupuk daun bambu siap untuk digoreng.

  • Grontol Jagung

Jogja ternyata bukan hanya memiliki gudeg saja sebagai kuliner nusantaranya. Namun grontol jagung juga. Grontol jagung, bukan hanya namanya yang untuk namun juga rasanya unik. Sayangnya makanan ini sudah jarang ditemukan kecuali di daerah perkampungan di Jogjakarta. Padahal wisatawan daerah jika ke Jogja ingin mencicipinya. Nah, ide usaha kuliner usaha ini cocok untuk Anda coba. Cara membuatnya pun simple cukup campurkan jagung kering yang sudah direndam semalaman. Kemudian dicampur dengan kelapa muda, garam, gula pasir dan daun pandan.

  • Kue Rangi

Ide bisnis makanan yang berasal dari Betawi ini patut dicoba menjadi salah satu bisnis kuliner Anda. Kue yang berasal dari Betawi Asli ini, terbuat dari campuran tepung kanji dengan kelapa parut yang dipanggang dan dicetak khusus di atas tungku kecil. Kemudian kue rangki disajikan dengan olesan gula merah yang sudah dikentalkan dengan sedikit tepung kanji.

  • Kue Rambut

Ide Usaha Makanan

Banyak yang menyangka bahwa kue rambut adalah rambut nenek padahal sangat berbeda. Makanan khas Nusa Tenggara Timur ini termasuk kuliner yang enak terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan nira, gula palem, garam, air yang kemudian digoreng.

  • Cungkring

Ide usaha kuliner nusantara yang bisa kita coba adalah cungkring. Bila mendengar namanya mungkin kita tak berselera namun jika dilihat saat penyajiannya pastinya Anda tergiur untuk mencoba. Sayangnya makanan yang berasal dari olahan kaki sapi ini sudah jarang ditemui. Bahkan di Kota Bogor, tempat asalnya. Nah, Anda bisa mencoba ide bisnis makanan ini. Jangan lupa setelah cungkring dimasak Anda tambahkan dengan saus kacangnya.

  • Bulung

Bulung, makanan yang terbuat dari rumput laut ini bukan hanya enak namun juga biasa disantap untuk meningkatkan gizi kulit. Makanan khas Bali tersebut ternyata dinilai mampu meningkatkan kecantikan. Bulung sendiri ada uda macam cara pengolahan dan penyajiannya. Pertama bulung buni yang rumput lautnya tidak dimasak melainkan dicuci dengan air panas kemudian disajikan dengan campuran parutan kelapa bakar, lengkuas, jahe, serai, potongan cabai, air jeruk limau, yang kemudian ditaburi dengan kacang atau kedelai goreng di atasnya.  Sementara Bulung rambut direbus dengan menggunakan cabai, terasi, air jeruk limau dan disajikan dengan kuah pindang atau kaldu.

LEAVE A REPLY