Ide Bisnis Makanan Online yang Menjanjikan dan Cocok Digeluti Pebisnis Pemula

Dewasa ini bisnis makanan online mulai banyak dilirik pelaku usaha yang menginginkan buka usaha. Alasannya karena bisnis kuliner satu ini tidak akan pernah surut pembeli meskipun banyak orang yang merintis usaha serupa. Apalagi ditambah dengan hadirnya teknologi internet yang mendukung dalam hal pemasaran. Tidak dapat kita pungkiri adanya internet memudahkan segala sisi kehidupan kita. Dalam berbisnis, teknologi daring ini dapat membantu kita dalam hal pemasaran dan memperkenalkan brand.

Maka dari itu, cara bisnis makanan online adalah langkah yang tepat untuk mendapatkan keuntungan. Tidak heran kalau banyak pelaku usaha yang makin tertarik merintis binsis ini di dunia maya. Tidak hanya menguntungkan bagi pelaku usaha saja, dengan adanya toko online makanan konsumen pun dimudahkan untuk mendapatkan makanan kesukaan mereka di mana pun mereka berada.

Punya rencana bisnis online makanan? Kalau ada, cobalah mulai dari sekarang. Bukanya sudah terlabat jika kita baru memulainya dari sekarang? Tidak ada kata terlambat untuk mencoba kok, Selama Anda bisa menciptakan produk yang berbeda konsumen pasti menginginkan apa yang Anda tawarkan. Bicara soal produk, apa Anda sudah tentukan ingin menjajakan sajian kuliner apa?

Jika masih bingung ingin menawarkan apa berikut beberapa ide makanan yang saat ini sedang tren yang bisa Anda jadikan referensi dan juga cara bisnis kuliner online.

Beberapa makanan yang tahan lama dan bisa dijual secara online:

  1. Kue Khas Daerah

Saat ini kue khas daerah tengah naik daun seiring dengan banyaknya artis yang mulai rintis usaha kuliner satu ini. Meliat mulai trennya artis yang berbisnis usaha kue daerah ini, tidak heran semakin banyak usaha serupa lainnya yang bermunculan dengan merepresentasikan masakan khas daerah masing-masing.

Nah, maka bila Anda punya keahlian membuat aneka kue daerah yang menggugah selera, apa salahnya buat dan pasarkan secara online. Untuk memulai usaha ini, tentu saja diperlukan keahlian memasak dan tentunya paham strategi pemasaran secara online. Manfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube atau marketplace online layaknya Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lain sebagainya.

  1. Makanan Jajanan Pinggir Jalan

Jajanan pinggir jalan merupakan makanan yang sebenarnya tidak begitu memiliki nilai gizi, namun anehnya banyak peminatnya dan dari semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Contohnya seperti kue cubit, siapa yang tidak suka dengan kudapan langsung lahap yang manis ini? Ukurannya yang kecil dan lumer di mulut membuat orang-orang menyukai jajanan murah ini. Bahkan saking banyaknya permintaan, sajian ini pun dimodifikasi sedemikan rupa untuk menyesuaikan lidah konsumennya.

Selain jajanan berbahan dasar terigu barusan, mie instan juga merupakan menu yang cukup laris dan secara perlahan juga mulai disugukan di restoran-restoran mentereng. Sama halnya seperti kue cubit, ada juga yang memvariasikan sajian ini agar lebih menarik.

  1. Katering untuk event, keluarga atau kantor

Usaha catering merupakan salah satu masakan yang juga jadi favorit para pebisnis online. Banyak pelaku usaha yang mulai menjajal bisnis ini karena keuntungannya sangat besar, belum lagi kalau mendapatkan pesanan dalam jumlah besar. Pada umumnya mereka yang memulai bisnis ini menyediakan jasa catering untuk acara, perusahaan atau pribadi.

Bisnis ini sangat menguntungkan bila dijalankan di daerah perkotaan melihat tingkat kesibukan di wilayah perkotaan cukup tinggi. Untuk itu, banyak masyarakatnya yang tidak sempat mengerjakan pekerjaan rumah, salah satunya memasak. Nah, bila Anda ingin mulai bisnis ini manfaatkanlah platform khusus untuk promosikan bisnis jasa Anda, seperti Wakuliner, Alakart, GoFood, Keppo Makan, dan lainnya.

  1. Makanan beku atau frozen food

Bisnis makanan online berikutnya Anda bisa coba jual makan beku atau yang biasa disebut dengan frozen food. Makanan yang diolah menjadi beku ini kebanyakan adalah sosis, bakso, siomay, tempura, dll. Produk ini jadi pilihan banyak orang yang memerlukan sajian yang praktis dengan daya tahan yang cukup lama (dengan penyimpanan yang tepat).

Selain produk olahan daging beku, ternyata sayur bisa dikemas dalam bentuk frozen food loh. Saat kita menyebut frozen food, yang akrab dibenak kita pasti makanan yang berbahan dasar olahan daging, padahal banyak juga sayur yang diawetkan dengan cara dibekukan agar tahan lama, contohnya kentang, wortel dan kubis.

  1. Usaha Cemilan Permen dan Cokelat

Ide makanan yang bisa dijajakan dengan cara online berikutnya adalah cemilan permen, biscuit atau cokelat. Ketiga makanan manis ini dapat dijadikan pilihan jenis makanan yang bisa dipasarkan secara online sebab bisa disimpan dalam waktu yang lama sama seperti frozen food.

Namun ada beberapa anggapan kalau cokelat akan menjadi buruk ketika disimpan lama. Ini bisa terjadi, bila cokelat tidak disimpan pada suhu konstan, jadi lemak bisa naik ke permukaan, meninggalkan mekar yang terlihat seperti jamur.

Maka dari itu, jika Anda ingin jual cemilan cokelat sebaiknya pilih kemasan yang tepat, almunium foil misalnya sebab bahan kemasan tersebut bisa mencegah cokelat terpapar dengan senyawa di luar kemasan. Selain itu, simpan pada suhu yang tetap, sehingga cokelat bisa bertahan selama dua tahun atau lebih.

  1. Usaha Jual Lauk Kering Alternatif Frozen Food

Banyak orang yang tidak punya waktu untuk memasak makanya dipilihlah menu makanan yang mudah disiapkan dan langsung disantap misalnya seperti frozen food. Selain itu, makanan kering atau lauk kering juga sering jadi pilihan setiap orang yang tidak ingin repot memasak lauk untuk makan siang dan malam. Bahan makanan yang biasa dibuat kering bermacam-macam, misalnya tempe, daging sapi yang diolah menjadi rendang kering, abon, keripik dan masih banyak lainnya.

Nah, bila Anda punya resep atau keahlian memasak makanan kering Anda bisa mulai usaha ini dan menjajakannya secara online. Jangan takut makanan akan cepat basi saat pengiriman, karena jenis makanan seperti ini daya tahannya cukup lama. Apalagi jika cara penyimpannya benar dan menggunakan kemasan yang tahan lama.

Tips Cara Jalankan Bisnis Kuliner Online

Itulah tadi beberapa ide makanan yang bisa Anda jadikan referensi untuk usaha makanan online. Bila Anda ingin coba jual salah satunya, tapi masih awam berjualan dengan cara online berikut beberapa tips untuk Anda. Sebenarnya, ada empat faktor penting jika Anda ingin usaha makanan online, yaitu rasa, tampilan makanan, cara pengemasan dan pengirimannya. Berikut kami juga akan akan jelaskan kenapa hal-hal tersebut perlu diperhatikan.

Nomor satukan cita rasa

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menciptakan cita rasa masakan yang lezat. Sebab rasa ialah salah satu alasan konsumen kembali membeli makanan yang Anda ditawarkan. Sekarang coba kalau Anda adalah konsumen dan mencicipi makanan yang rasanya aneh dan tidak enak, pastinya Anda akan kecewa dan tidak ingin membelinya lagi bukan. Untuk itu hal ini sangat perlu Anda perhatikan sebelum Anda mencoba bisnis di bidang kuliner.

Buat tampilan makanan yang mengugah selera

Tidak hanya rasa, makanan yang memiliki visual yang menarik juga jadi faktor penentu pilihan konsumen. Meskipun rasa makanan Anda dijamin lezat, tapi kalau secara tampilan makanan yang Anda jual berantakan konsumen pasti tidak akan membelinya. Apa lagi di sini Anda menawarkan makanan secara online, yang otomatis konsumen tidak bisa mencobanya. Oleh karena itu lah, tampilan makanan juga cukup penting. Namun Anda jangan beranggapan tampilan saja sudah cukup untuk menarik konsumen, Anda juga perlu pertahankan rasa yang nikmat dan lezat agar pembeli tidak kecewa.

Gunakan kemasan yang tidak akan merusak produk saat proses pengiriman

Kalau Anda beranggapan kemasan tidak penting, Anda salah besar. Pasalnya semua barang yang dijual secara online pasti melalui proses pengiriman agar sampai ke tangan konsumen. Nah, coba bayangkan bila Anda tidak mengemasn produk Anda dengan baik? Bagaimana tampilan produk Anda saat diterima konsumen? Makanya mulai pertimbangkan kemasan yang kuat dan tahan lama, dan jangan lupa lapisi kemasan produk dengan kotak atau kardus yang cukup tebal agar isinya tidak rusak selama proses pengiriman barang.

Gunakan jasa layanan pengiriman yang tepat waktu

Sebelum kami jelaskan faktor berikutnya ini, coba jawab pertanyaan mengapa konsumen lebih banyak membeli sesuatu lewat online? Asalan pertama karena lebih pemesannya lebih praktis, kedua adalah konsumen tidak perlu ke toko untuk mengambil barang.

Untuk itu wajib sekali bagi Anda memilih jasa pengiriman barang yang memiliki ketepatan waktu, sebab permintaan konsumen sekarang semakin terus meningkat. Buktinya jika dulu untuk mengirimkan barang dibutuhkan waktu 2 sampai 3 hari, kini sudah banyak jasa yang menawarkan pengiriman barang di hari yang sama. Nah, maka bila Anda dapat memastikan proses pengiriman yang cepat ini bisa jadi nilai tambah Anda.

Tulis detail deskripsi makanan di toko online Anda

Dengan cara memasarkan produk makanan melalui online, sudah pasti konsumen tidak bisa mencicipi makanan yang ditawarkan. Maka Anda perlu mencantumkan deskripsi detail setiap menu makanan. Seperti bahan dasar dan tambahannya sehingga pengunjung toko bisa mengira-ngira rasanya. Selain itu, agar lebih meyakinkan konsumen Anda pun bisa cantumkan testimony beberapa konsumen yang telah mencicipi produk Anda.

Gunakan media soial untuk memasarkan produk

Untuk memasarkan melalui online banyak platform yang bisa Anda gunakan, contohnya seperti media sosial Instagram, facebook, dan twitter. Cara memanfaatkan portal sosial ini bisa dnegan cara upload foto-foto makanan, lalu tagging ke beberapa teman atau kerabat, selain itu Anda juga bisa gunakan hashtag agar foto Anda mudah ditemukan dengan keyword tertentu.

Kalau sosial media tidak terlalu membantu penjualan bisnis makanan online Anda, coba buat toko online dari blog gratis atau langusng membuat website khusus. Buatlah desain toko online Anda semenarik mungkin dan sesuai dengan image makanan yang Anda jual.

SHARE
Content writer GoUKM.id dan marketing GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY