Bisnis Daging Olahan, Usaha Menjelang Hari Raya Kurban

Menjelang hari raya kurban, tentunya peluang bisnis semakin besar, misalnya saja bisnis jual beli hewan kurban. Tapi tentunya bisnis tersebut lumayan mahal belum lagi saingan yang besar. Lalu kira-kira apa yang cocok untuk usaha menjelang hari raya kurban ?

Untuk membantu bisnis ini tentunya Anda membutuhkan mesin giling daging  untuk mempercepat proses pengolahannya. Karena dengan mesin giling daging selain bisa cepat menggiling juga bisa membuat ukuran daging yang digiling seragam. Selain itu mesin ini juga sangat higienis sehingga daging yang Anda olah akan terhindar dari kontaminasi yang bisa menyebabkan kebusukan pada daging.

Karena bisnis yang akan kita lakukan sepertinya bisnis daging olahan  Bisnis ini akan cocok dijadikan usaha menjelang hari raya kurban. Tentunya belum sedikit yang membuka usaha ini karena memang tergolong baru. Dan sepertinya akan banyak peminatnya karena terkadang hewan kurban tak bisa didistribusikan secara merata.

Baca Artikel Terkait, Peluang Daging Sapi Naik

Berbeda dengan daerah perkotaan yang banyak melakukan kurban, di daerah perkampungan justru sedikit orang yang berkurban. Kebanyakan hewan ternak mereka dijual di daerah perkotaan. Alhasil tak banyak yang bisa menikmati hewan kurban.

Lalu Bagaimana Cara Memulainya Usaha Menjelang Hari Raya Kurban?

Tentukan Menu Daging Olahan

Hal yang pertama dilakukan adalah menentukan menu daging olahan. Bisa dijadikan kornet, bakso, sosis, nugget atau rendang. Kemudian diberi pengawet alami agar ketika sampai di kota tujuan belum basi.

Usaha Menjelang Hari Raya Kurban

Lakukan Promosi

Tak sedikit orang yang tahu mengenai daging olahan untuk hewan kurban sehingga butuh diinformasikan atau dipromosikan. Jadi untuk orang yang akan berkurban setelah dilakukan penyembelihan hewan kurban, dagingnya bisa diolah sebelum didistribusikan.

Anda bisa mengenalkannya lewat door to door ke tetangga atau kerabat terdekat. Selain itu, Anda juga bisa mempromosikannya lewat online misalnya lewat media sosial. Ada baiknya mempromosikannya jauh-jauh hari, sebelum hari raya kurban jadi orang bisa langsung melakukan orderan.

Perhatikan Kemasan

Jika daging kurban tanpa olahan biasanya tak memperhatikan kemasan karena akan langsung didistribusikan. Namun untuk peluang usaha ini sebaliknya, harus menggunakan kemasan yang kedap udara dan rapat tentunya. Sehingga masih tetap awet ketika didistribusikan. Untuk kornet lebih baik jangan dikemas dengan plastik lebih baik dikemas dengan kaleng sehingga lebih awat.

Merek Dagang

Meski usaha musiman tak ada salahnya Anda memiliki merek sendiri. Sehingga meski hari raya kurban sudah lewat namun tetap bisa ada orderan. Anda bisa mencantumkan merek dagang Anda di plastik kemasan.

Label Halal

Usaha Menjelang Hari Raya Kurban

Bisnis daging olahan biasanya mendapatkan label yang negatif karena banyak pemberitaan yang mencampurkan daging sapi dengan babi. Sehingga banyak orang yang meragukan kehalalannya. Tak ada salahnya jika Anda pun turut mendaftarkan label halal sehingga konsumen akan lebih percaya akan produk yang Anda tawarkan.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY