5 + 1 Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Kreatif

cara mendapatkan modal usaha

Cara mendapatkan modal usaha yang kreatif tentu saja tidak memerlukan banyak sumber daya. Sahabat UKM hanya perlu menggunakan ide kreatif dan jaringan yang telah Anda punya. Apalagi rencana usaha Anda sudah matang dan bagus, tentu modal semakin mudah didapatkan. Bagaimanakah caranya? Nanti akan saya bahas cara kreatif ini di akhir Artikel.

Sebelumnya akan kita bahas beberapa cara dapat modal usaha yang biasa dipakai para calon pengusaha. Cara ini tidak selalu gagal lho, semuanya bergantung pada kegigihan Anda. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan modal beserta langkah-langkah suksesnya.

1. Melakukan Peminjaman ke Bank

Bank adalah lembaga yang sangat sering dijadikan tempat untuk mencari modal usaha. Ada berbagai program yang ditawarkan untuk para Sahabat UKM. Ada yang dengan agunan dan tanpa agunan. salah satunya pinjaman yang dapat dimanfaatkan adalah program kredit usaha rakyat.

Peminjaman Bank dengan Agunan/ Jaminan

Untuk kredit Sahabat UKM ada yang namanya Kredit Multi Guna (KMG). Agunan berupa kendaraan bermotor atau aset berupa properti. Bunga yang ditawarkan dikategorikan lumayan besar, besarnya 9 hingga 12 persen.

Peminjaman Bank tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan cara mendapatkan modal usaha yang paling disukai oleh calon pengusaha. Bagaimana tidak, Sahabat UKM dapat modal tanpa menjaminkan apapun. Hanya saja bunga yang diberikan lebih besar dibandingkan KMG. Yaitu pada kisaran 10 hingga 24 persen.

2. Menjual Aset berharga

Bagi Sahabat UKM yang memiliki aset berharga seperti kendaraan bermotor, properti, atau emas, dapat anda jual. Hasil penjualan bisa dijadikan modal untuk untuk memulai usaha. Dan tentu saja setelah usaha mencapai profit, anda bisa mulai kembali menyicil aset tersebut.

3. Menggadaikan Aset Berharga

Langkah ini dilalui bila Sahabat UKM tidak ingin menjual aset yang telah dimiliki. Memang sulit untuk melepas begitu saja aset yang sudah susah payah kita kumpulkan. Untuk melakukan cara ini, Anda harus mengingat dengan baik kapan jatuh tempo penyicilan. Jangan sampai aset Anda disita oleh lembaga gadai.

4. Joint Venture

Bila Sahabat UKM sudah memiliki modal namun masih belum cukup, Anda bisa mencoba cara ini. Jangan lupa untuk menentukan pembagian keuntungan dan kerugian di awal kerjasama. Selain itu perhatikan segala perjanjian tertulis, agar tidak merugikan Anda.

5. Lomba Wirausaha hadiah Modal Usaha

Dengan mengikuti lomba wirausaha yang berhadiah modak usaha, Sahabat UKM mendapat keuntungan lebih. Karena selain modal, Sahabat UKM juga mendapatkan pelatihan wirausaha yang sangat bermanfaat nantinya. Dibutuhkan mental pemenang dan bersungguh-sungguh jika ingin mendapatkan modal lewat cara ini. Mengingat pemenang yang dipilih adalah yang terbaik.

Cara Kreatif: 6. Pinjaman Modal azas Kekeluargaan

Ada kalanya kepercayaan adalah kunci keberhasilan Anda. Bila Anda yakin dan merencanakan dengan matang, maka modal usaha lebih mudah didapatkan. Oleh karena itu buatlah rencana bisnis yang matang untuk mendapatkan modal kekeluargaan ini. Cara ini akan menyentuh sisi psikologis yang Anda punya. Ada perasaan “enak dan tidak enak” dengan kenalan kita. Oleh karena itu yakinkan diri Sahabat UKM bahwa Anda bisa menjalankan usaha sesuai rencana.

Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Kreatif

Cara ini mirip seperti meminjam modal kepada teman, namun dengan sedikit modifikasi. Modifikasi yang dimaksudkan agar pemberi modal tidak merasa keberatan. Beginilah langkahnya:

  • Dimulai dari menetapkan jumlah modal yang Sahabat UKM butuhkan. Contoh saja 2 juta rupiah. Penentuan ini terserah kepada kebutuhan Anda, asalkan logis. Yang dimaksud logis yaitu sesuai dengan usaha yang akan dijalankan, tidak berlebihan.
  • Lalu buatlah daftar nama teman-teman yang mudah untuk dijangkau. Daftar ini jika semakin banyak maka akan semakin bagus.
  • Dilanjutkan dengan membuat surat rencana usaha dan permohonan peminjaman uang kepada teman-teman Anda.
  • Surat permohonan ini adalah jaminan kepada teman-teman Anda. Anda harus yakin terlebih dahulu sebelum bisa meyakinkan orang lain. Kredibilitas Anda menentukan seberapa berhasil metode ini.
  • Perbanyak/ fotokopi surat tersebut sebanyak daftar teman yang Anda punya.
  • Mulailah datangi teman Anda satu-satu, berikanlah surat permohonan tadi.
  • Kuncinya di sini: Bila modal yang Anda butuhkan 2.000.000 dan mempunyai daftar 200 daftar teman. Maka untuk setiap nama teman Anda pinjam = 2jt/ 200 = 10 rb. Semakin banyak jumlah teman semakin kecil nominal yang dipinjamkan tiap orang. Tentu semakin tidak memberatkan teman Anda.
  • Yang tidak kalah penting: jangan lupa untuk membayar hutang. Karena hutang akan tetap menjadi tanggung jawab Anda hingga Akhirat nanti. Jika Anda berniat jelek dari awal, seperti Cuma ingin mengelabuhi teman Anda, Ada baiknya tidak Anda lakukan. Kepercayaan teman Anda labih berharga dari sekedar uang.

Cara tidak umum ini masih jarang dilakukan, karena sebagian besar orang merasa ‘gengsi’ dengan meminta modal ke teman. Jika kredibilitas Anda bagus dan Anda adalah orang yang terpercaya, tidak usah malu. Justru teman Anda akan merasa senang telah meminjamkan kepada orang yang tepat, yaitu: Anda.

Begitulah 5+1 Cara Mendapatkan Modal Usaha dengan Kreatif. Semoga mermanfaat bagi Sahabat UKM semuanya 🙂  (Syafin)

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY