Cara Jualan Online UKM Menggunakan Messenger

cara jualan online goukm

Bagaimana cara jualan online UKM via Messenger? Sebuah survey menyatakan bahwa transaksi online terbanyak di Indonesia justru dilakukan melalui messenger ketimbang melalui social media, forum ataupun website. dan mayoritas menggunakan BBM, Whatsapp, dan Line.

Ini dikarenakan, orang Indonesia baru akan belanja jika mereka benar-benar sreg dan percaya kepada penjualnya. Dan bercakap-cakap di Messenger meyakinkan bahwa si penjual memang ada. Ditambah lagi kebiasaan calon pembeli untuk menawar harga, sulit dilakukan melalui media lain. Berikut ini GO UKM akan memberikan 7 Habit UKM untuk berjualan online via Messenger (BBM, Whatsapp atau Line)

1 . Menggunakan personal status dan profile picture sesuai usaha Anda

Anda dapat menampilkan foto produk, foto testimonial, foto promosi, dan foto lain yang terkait produk ANda. Beri penjelasan singkat Foto tersebut di personal status Anda. Syarat status yang menarik yaitu, yang membuat pembacanya PENASARAN. bagaimana cara jualan online yang membuat orang penasaran? gunakanlah 3 cara ini:

a. Awali dengan pertanyaan langsung ke pembaca, contonya: pernah ngalamin kayak aku gak…, taugak sis kalau gambar di pp aku itu…, dsb

b. Pesan Paradoks, contohnya: jangan lihat PP aku ya, PPnya biasa aja jgn diintip, di PP itu best seller jadi jangan dibeli deh, dsb

c. Limited edition, contohnya: cuman ada satu stock, siapa cepat dia dapat, promo hanya untuk hari ini tidak diulang esok hari, dsb

2. Simpan beberapa text penting untuk memunculkan jawaban dari pertanyaan penting yang sering diajukan.

kecepatan respon menjadi faktor paling penting untuk bertransaksi. Makan siapkan jawaban Anda secepat mungkin saat pertanyaan datang dari calon pembeli. Kerapkali beberapa pertanyaan yang datang adalah pertanyaan yang pernah ditanyakan. Mau gak mau Anda harus menjawabnya. Nah disini peran text yang Anda simpan menjadi berguna. Dengan copy-paste jawaban yang harus dijawab.

beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan: produknya apa saja? Cara ordernya bagaimana? Bagaimana jika ingin menjadi reseller? Minta no rekening? Kirim darimana dan menggunakan kurir apa?

3. Cara Jualan Online dengan Ramah menggunakan smile Emoticons untuk Mengakhiri Kalimat

Jika berhadapan langsung dengan costumer, rasanya berat sekali untuk selalu konsisten tersenyum ramah dalam kondisi apapun. Tapi saat anda melayani costumer menggunakan messenger, Anda dapat dengan mudah melakukannya. Bagaimana cara jualan online dengan senyum? cukup dengan emoticons smile di akhir kalimat. Inilah ajaibnya emoticon, kalimat apapun yang diakhiri “smile” akan membuat kalimat terkesan ramah dan santun.

Maaf gak bisa kak, ini udah harga pas 🙂

Kakak kok nawar terus, saya mulai kesal nih 🙂

Kakak kalo nanya-nanya nanti aja, saya lagi ngurus anak dulu 🙂

Mulai sekarang gunakanlah smile untuk mengakhiri percakapan dengan costumer anda. hindari penggunaan tanda seru

LEAVE A REPLY