Bisnis UKM Menguntungkan dan Bermodal Kecil

Bisnis UKM

Bisnis UKM merupakan sektor usaha yang paling diminati di Indonesia karena sedikitnya modal yang dibutuhkan serta minimnya resiko kerugian. Usaha kecil menengah ini di Indonesia sendiri menjadi penyumbang terbesar maka tidak mengherankan jika pertumbuhannya pun cukup pesat.

Namun biarpun perkebangannya sangat pesat, masih saja ada yang meragunakan segmen usaha ini karena namanya juga usaha kecil menengah pasti keuntungannya juga kecil dan menengah. Semua usaha pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Mungkin dari segi keuntungan usaha kecil menengah memang tidak seperti usaha dalam skala yang besar, namun usaha ini juga memiliki kelebihan. Apa saja kelebihannya?

Kelebihan Bisnis UKM

Skalanya yang kecil, membuat usaha UKM memiliki cukup banyak kelebihan dalam menjalankannya, terutama dari sisi pembentukan dan operasional. Pembentukan usaha kecil menengah lebih sederhana sehingga bisa digeluti oleh pengusaha pemula. Selain itu kelebihan memulai usaha kecil menengah, yaitu:

  • Inovasi lebih cepat teralisasikan

Karena tidak terpaut oleh sistem kerja perusahaan maka pekerja lebih bebas menyumbangkan ide. Maka bila ada ide atau produk yang dapat mempengaruhi perkembangan usaha maka dapat langsung digarap dan diluncurkan dengan segera.

  • Biaya operasional lebih kecil

Biasanya usaha kecil menengah membuka usaha di domisilinya masing-masing dan tidak memiliki kantor yang tetap. Sehingga biaya oprasional yang dikeluarkan tidak terlalu besar karena biaya yang dikeluarkan sekedar untuk produksi sehari-hari.

  • Bisa lebih sepesifik dan fokus pada bisnis tersebut

Umumnya perusahaan besar harus mengikuti pangsa pasar agar nama mereka tidak tenggelam di makan jaman. Namun untuk bisnis kecil menengah tidak harus mencoba mengikuti keinginan konsumen. maksudnya adalah para pelaku usaha kecil menengah tidak harus mengeluarkan produk di luar dari bidang usahanya. Karena tanggungnya tidak sebesar usaha dalam skala yang lebih besar. Di mana perusahaan besar harus menjemput bola agar bisa memenuhi biaya operasional mereka perbulannya seperti menggaji karyawan, menyewa tempat, dan lainnnya.

  • SDM bisa diminimalisir

Dengan mentargetkan pasar yang lebih kecil tentunya sumber daya manusia yang dibutuhkan akan lebih sedikit. Dalam usaha kecil menengah pemilik merangkap semua manajerial seperti marketing, finance, dan administrasi. Sehingga pembiayaan pun dapat ditekan.

  • Pajak jauh lebih ringan

Meski yang Anda jalani usaha kecil menengah, kewajiban pajak perlu Anda penuhi. Ketentuan ini sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak Penghasilan Atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto tertentu. Namun pelaku usaha kecil menengah berbeda dengan wajib pajak lainnya, di mana pengusaha membayar pajak berdasarkan omzet.

Nah, untuk Anda yang ingin memulai usaha sendiri, berikut kami berikan beberapa jenis bisnis UKM yang cukup menjanjikan dan bisa di mulai dengan modal yang sangat kecil.

Bisnis di bidang kuliner

Usaha di bidang ini merupakan usaha yang sering dipilih oleh pelaku usaha dalam skala kecil menengah. Karena usaha ini merupakan jenis usaha yang tidak akan pernah mati. Tidak heran sebab makanan merupakan kebutuhan utama manusia sehingga sangat laris diburu pelaku usaha. Biarpun banyak pesaingnya, sukses atau tidaknya usaha dalam bidang ini tergantung strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha. Misalnya usaha kuliner tahu bulat, metode usahanya bisa binsis perorangan dengan membuat produk tahu bulat sendiri atau bisnis waralaba yang menawarkan produk orang lain.

Bisnis di bidang pendidikan

Banyak yang bilang bisnis itu butuh modal, nyatanya tidak semua bisnis membutuhkan modal besar. Salah satunya usaha les privat yang merupakan bisnis berbudget kecil, bagaimana tidak Anda cukup bermodalkan penghatuan, waktu, dan tenaga. Anda tidak perlu menyewa tempat karena Anda bisa melakukannya di rumah atau mendatangi rumah anak yang membutuhkan jasa  pengajar. Keuntungan menekuni usaha ini selain Anda dapat membagi ilmu ke orang lain, keuntungannya pun lumayan besar. Namun bila ingin membuat bimbel usaha ini juga masuk ke dalam kategori bisnis UKM. Misalnya seperti primagama, usaha ini mulanya didirikan di Yogyakarta saja, namun kini cabangnya sudah sampai seluruh wilayah di Indonesia dengan pasar yang sangat luas dari siswa kelas 3 Sekolah Dasar sampai 12 Sekolah Menengah Atas.

Bisnis di bidang teknologi dan Internet

Kini teknologi sudah sangat berkembang sehingga peluang usahanya sekamin banyak peminatnya. Bahkan kini pengusaha mulai melirik bisnis jangka panjang yaitu bisnis startup. Jenis startup di Indonesia yang sekarang in sedang terkenal adalah e-Commerce, yaitu media jual-beli online yang bisa digunakan oleh para pengusaha lainnya. e-Commerce tidak menjual produk sendiri, tetapi seperti yang kami bilang ini adalah wadah terpercaya yang dapat mengubungkan penjual dan pembeli. Startup yang cukup popular di Indonesia yaitu Buka lapak dan Tokopedia. Berawal dari startup kecil, kini usaha tersebut sudah sangat berkembang sehingga usaha ini pun sangat potensial bila Anda ingin memulai bisnis UKM.

Bisnis UKM di bidang Agribisnis

Agribisnis adalah usaha yang bergerak di bidang pertanian dan perternakan baik sektor hulu hingga sektor hilir. Di Indonesia peluang usaha di bidang ini sebenarnya sangat menjanjikan keuntungan yang besar. Untuk Modal sama saja prisnsipnya dengan usaha di bidang lainnya, ada yang di mulai dengan modal kecil. Bahkan ada baiknya usaha ini dimulai dari skala kecil terlebih dahulu, sambil mempelajari seluk beluk usanya barulah modal bisa ditambah dan skala usahanya bisa diperbesar. Contoh usaha agribisnis bermodal kecil yang bisa Anda kembangkan adalah usaha rumahan budidaya jamur. Jamur memang bukan bahan yang sering digunakan untuk diolah namun peluangnya masih sangat besar. Berdasarkan data dari BPS perkembangan kebutuhan jamur kini semakin meningkat, jika pada tahun 2015 kebutuhan pasar akan jamur diperkirakan sekitar 17.500 ton dan saat ini baru terpenuhi 13.825 ton pertahun kurangnya pemenuhan permintaan sangat berpotensi untuk memulai usaha ini.

Bisnis menawarkan jasa pengantaran

Meningkatnya penggunaan moda transportasi umum membuat sebagian orang enggan untuk menggunakan moda transportasi tersebut sehingga ini dapat menjadi peluang usaha yang pas jika Anda mencari usaha dengan modal yang kecil. Apa lagi jika Anda sudah memiliki kendaraan pribadi, kendaraan pribadi Anda bisa memenfaatkannya untuk mencari penghasilan. Apa bisnis ini juga menguntungkan? Jelas saja,coba kita hitung misalkan perharinya Anda menerima 7 orderan jasa perhari dengan estimasi bayaran satu orderannya sebesar 20 ribu. Maka perharinya 140 ribu dikurang 2 kali isi bensin, jadi  100. Berarti perbulannya Anda akan menghasilkan Rp 3 juta. Sangat menguntungkan kan ?

LEAVE A REPLY