Kemasan merupakan indikator penting bagi sebuah produk apapun. Bagi kamu yang ingin memulai usaha keripik pisang, mengemas kemasan menjadi hal yang unik dan menarik adalah hal yang penting. Karena selain untuk menjadi tempat atau wadah dan menjangkau pasar yang lebih luas. Ternyata kemasan keripik pisang itu bisa menjadi identitas suatu produk itu sendiri.
Kemasan juga bisa menjadi salah satu nilai jual sekaligus untuk memperkuat daya saing antara produk serupa dari kompetitor lain.
Kalau kamu membuat kemasan keripik pisang, perlunya untuk menerapkan tentang produk, distribusi produk, konsumen target dan biya yang kamu alokasikan untuk operasional kemasan.
Karena saat ini pasar semakin luas baik di dunia offline maupun online, maka bukan hanya skala lokal saja yang bisa dicapai. Tetapi pasarnya bisa ke wilayah luar. Maka dari itu untuk mendukung penjualan keripik pisang ini, kamu perlu persiapan yang matang salah satunya adalah dalam memilih kemasan keripik yang tepat.
Tapi sebelum memilih kemasan, penting juga mentukan desain yang unik dan menarik. Berikut beberapa tip desain untuk kemasan keripik pisang yang tepat:
Pilihlah Warna yang Menarik Untuk Kemasan Keripik Pisang
Hampir 90% para konsumen tertarik pada produk berdasarkan warna. Maka dari itu, untuk menentukan kemasan keripik pisang itu sendiri, Anda harus benar-benar melihat peran dan arti warna dalam sebuah kemasan. Misalnya warna merah melambangkan kekuatan cinta, kebranian, hasrat yang besar.
Kuning melambangkan energi dan kebahagiaan. Oranye melambangkan kesan senang, hangat dan tekad. Hijau melambangkan kesegaran dan kekayaan. Biru melambangkan kenyamanan dan ketenangan. Dll.
Mudah Dipahami Oleh Pembaca
Selain warna yang menarik, pentingnya membuat desain kemasan yang mudah diterapkan oleh calon konsumen secara cepat, kurang lebih dalam hitungan 15 detik. Karena itu, buatlah desain kemasan keripik pisang yang mudah diterapkan. Mulai dari kata-kata, warna, dan hal-hal yang berhubungan visual yang Anda buat.
Informasi Produk yang Detail
Sering kali pada desain produk makanan sering kita jumpai berbagai macam informasi seperti logo, nama produk, komposisi, slogan atau jargon lainnya yang membuat produk bisa menjadi lebih menarik. Meskipun begitu, jangan sampai menggunakan kata-kata yang berlebihan, karena akan membuat kosumen bingung. Pakailah bahasa yang sederhana dan mudah diingat agar informasi tersampaikan secara padat dan jelas.
Memilih Model Kemasan Keripik Pisang
Dalam hal ini, Anda juga harus mempertimbangkan aneka ragam bentuk kemasan. Seperti: kotak, persegi, panjag, melengkung, bulat atau yang lainnya. Pertimbangan ini juga harus Anda siapkan sesuai target pasar ya.
Sesuaikan Anggaran
Selain itu beberapa hal penting, namun menentukan biaya anggaran juga penting untuk menentukan desain kemasan. Misalnya dalam bidang kemasan. Kalau segmen pasarnya premuin, Anda bisa gunakan kemasan standing pouch kertas alufoil full printing. Kalau pasarnya reguler kamu bisa gunakan pouch plastik ziplock yang harganya lebih terjangkau.
Rekomendasi Kemasan keripik Pisang
Foil Alumunium
Kemasan ini terbuat dari bahan alumunium foil yang tebalnya sekitar 125 mikron. Kemasan ini dapat tahan terhadap pancaran sinar matahari dan dapat mencegah kontaminasi dari udara luar.
Jendela Alufoil
Kemasan ini sama, terbuat dari alumunium foil tapi perbedaanya adalah memiliki jendela. Sehingga produk yang ada di dalamnya dapat terlihat jelas.
Kerajinan kertas
Kerajinan kertas kemasan luar terbuat dari kertas seni yang diprint sesuai dengan desain merek produk. Dalamnya ramah dengan alumunium foil yang mengkilap.
Untuk konsultasi lebih lanjut mengenai desain grafis berupa stiker, banner, atau kemasan makanan. Anda bisa menghubungi :
Studio Kirana
Kontak Person: (Annius) 081288977785
Email: marketing@goukm.id