Friday, November 22, 2024
spot_img
HomeTips UKMKembangkan Brand Lokal Melalui Gambaranbrand

Kembangkan Brand Lokal Melalui Gambaranbrand

Brand atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan merek. Brand memiliki pengaruh yang sangat penting, apalagi saat ini telah banyak brand lokal bermunculan di Indonesia. Melalui brand inilah konsumen dapat mempertimbangkan untuk membeli atau tidaknya sebuah produk.

Semakin hari masyarakat semakin konsumtif. Pembelian barang didasarkan oleh rasa gengsi, bukan dari seberapa manfaatnya barang yang dibeli. Ditambah lagi, kecanggihan teknologi membuat semua orang bisa membeli barang dari belahan dunia manapun.

Hal tersebutlah yang akhirnya membuat persaingan pasar menjadi semakin ketat. Perbedaan brand bukan lagi menjadi jati diri atau identitas dari sebuah perusahaan, melainkan telah menjadi cara perusahaan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Oleh karena itu, sebuah merek sangat berperan penting bagi kemajuan dan kelancaran sebuah usaha. Pembangunan merek adalah sebuah proses yang intensif dengan tujuan membangun persepsi yang konsisten. Persepsi membangun kepercayaan, dan akhirnya menciptakan komitmen. Oleh karena itu, sebuah merek perlu dijaga dan diawasi sesuai dengan tujuan awal pembentukannya.

Anda yang bingung dalam menentukan sebuah merek, kini tak perlu pusing lagi karena Gambaranbrand dapat mengatasi permasalahan Anda

Gambaranbrand merupakan tim pengembang merek lokal Indonesia yang terdiri dari sekumpulan ahli pengembangan merek dari berbagai disiplin ilmu seperti desain komunikasi, periklanan, sumber daya manusia, manajemen strategis, pelayanan, psikologis, dan komunikasi massa serta riset.

Gambaranbrand hadir untuk merancang, mendesain, mengeksekusi, dan menjaga impian merek Anda. Semua metode dibuat secara sistematis dan spesifik sehingga proses membangun merek dapat diikuti dan dilaksanakan oleh seluruh anggota perusahaan.

Melalui beberapa program, Gambaranbrand siap membantu Anda. Program-program yang ditawarkan oleh gambaran brand yakni

Brand Adventure

Sebuah program televisi dan digital tentang penjelajahan host untuk melihat secara langsung bagaimana sebuah brand diciptakan dan dikembangkan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui bagaimana brand tersebut berfungsi di masyarakat, sampai akhirnya brand tersebut mampu menjadi besar.

Brandstart

Program yang mengajarkan bagaimana caranya membangun brand yang sesungguhnya. Terdiri dari berbagai program dan kelas pendek yang mengulas rahasia brand dapat bekerja sesusai dengan karakteristik brand yang dimiliki.

Pelatihan Brandstart ini dilakukan dalam bentuk in class training dan exercise yang nantinya akan dipandu oleh para spesialis dari Gambaranbrand yang telah berpengalaman dibidangnya. Sesi yang ada pada pelatihan Brandstart akan meliputi sesi lecture, tanya jawab, dan exercise yang interaktif dan menarik.

Dalam program Brandstart ini, peserta dituntut untuk memahami tahap demi tahan untuk menciptakan panduan bagi brand milik mereka sendiri. Hal ini ditujukan untuk menciptakan konsistensi dan memastikan agar tujuan utama dalam membangun brand tercapai.

Brandstart memiliki dua program yakni 100% Branding dan 1001 Branding.

  • 100% Branding

Pada program ini, Gambaranbrand memberikan pelatihan lengkap tentang bagaimana cara brand bekerja dan diciptakan. Apa saja yang harus dilakukan ketika memulai membangun brand dan bagaimana cara agar brand selalu tumbuh dan terpelihara dengan baik.

  • 1001 Branding

Pelatihan praktis dalam setiap fase pengembangan brand yang dinamis dan up to date dengan dunia profesional. Dipandu dengan para ahli brand dari berbagai latar belakang dan pengalaman.

Forum Brand Lokal (FBL)

Forum Brand Lokal adalah wadah komunikasi seputar brand dan branding dalam format Whatsapp Group, di mana para anggotanya terdiri dari para pemilik brand lokal yang ada di Indonesia. FBL akan berbagi berita, tips, dan informasi terkini tentang brand dan branding di daerahnya masing-masing.

Brand Outlook

Kegiatan diskusi yang membahas mengenai prediksi perkembangan brand di Indonesia untuk tahun yang akan datang dan berdasarkan kondisi yang terjadi beberapa waktu terakhir.

Mengenai bagaimana kebijakan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam mendukung usaha para pemilik merek lokal di Indonesia, apa saja yang telah disiapkan oleh para pemilik lokal dalam menghadapi tantangan, dan mengetahui trik dan tips untuk terus mempertahankan kehidupan mereknya sesuai dengan impian para pemilik merek.

Melalui program ini, diharapkan merek Indonesia akan terus memperbaiki dan menyiapkan diri dalam menghadapi semua tantangan yang terjadi di masa yang akan datang.

Citra Kemasan

Departemen yang khusus dilahirkan untuk merancang, mendesain, dan membuat desain kemasan dari produk-produk lokal yang diproduksi oleh para pengusaha UKM yang ada di Indonesia.

Apalagi saat ini produk-produk lokal semakin berkembang, namun sayangnya masih banyak yang kurang memahami pentingnya segi tampilan kemasan. Oleh karena itu, Citra Kemasan hadir untuk membantu mereka agar brand mereka tampil baik dan dapat bersaing di pasar internasional.

Layanan Gambaranbrand

Gambaranbrand memberikan beberapa layanan yang bisa membantu Anda dalam pembuatan merek, maupun perencanaan kedepannya.

Beberapa layanan yang diberikan oleh Gambaranbrand yaitu menciptakan nama dan jiwa merek, membuat strategi merek, merancang manajemen merek, membuat panduan dan standarisasi, membuat tugas kerja dan khusus, alat rekrutmen berbasis merek, mendaftarkan dan mematenkan merek.

Selain itu, terdapat juga layanan berupa membuat identitas merek, merancang strategi komunikasi merek, membuat ide komunikasi kreatif, melakukan perencanaan kehumasan, mendesain dan melakukan kegiatan aktivasi, melakukan riset yang berkaitan dengan merek, serta menghitung nilai merek.

Gambaranbrand juga bekerja sama terkait dnegan hal-hal seperti pajak, perencanaan bisnis, dan pengembangan modal yang memiliki hubungan tidak langsung dalam proses membangun brand dam bergantung pada keadaan merek Anda. Oleh karena itu, analisa untuk menditeksi kebutuhan merek sangat dibutuhkan.

RELATED ARTICLES