Yuk! Manfaatkan Liburan Tahun 2018 Untuk Berbisnis

Bisnis Saat Libur Tahun 2018

Hari libur nasional tahun 2018 ternyata lumayan banyak mulai dari bulan Januari hingga Desember ada 16 hari libur. Dan ada lima akhir pekan panjang karena hari libur yang jatuh pada hari Senin dan Jumat. Tentunya liburan ini bisa digunakan secara maksimal untuk menggunakan jatah cuti kamu. Jika Anda tak punya rencana untuk liburan tak ada salahnya memanfaatkan liburan tahun 2018 untuk berbisnis. Nanti uangnya ditabung untuk liburan panjang berikutnya. Ide bagus bukan?

Sebelum kita berbicara mengenai bisnis, mari kita lihat tanggal berapa saja yang libur di tahun 2018

Tanggal Hari Event
1 Januari Senin Hari Raya Tahun Baru
16 Februari Jumat Hari Raya Imlek
18 Maret Minggu Hari Raya Nyepi
30 Maret Jumat Jumat Agung
13 April Jumat Isra Miraj
1 Mei Selasa Hari Buruh
10 Mei Kamis Kenaikan Isa Al Masih
29 Mei Selasa Hari Raya Waisak
1 Juni Jumat Hari Lahir Pancasila
15-16 Juni Jum’at-Sabtu Hari  Raya Idul Fitri
17 Agustus Jum’at Hari Kemerdekaan Indonesia
22 Agustus Rabu Idul Adha
12 September Rabu Tahun Baru Hijriyah
20 November Selasa Maulid Nabi
25 Desember Selasa Hari Raya Natal

 

Berikut Bisnis yang Bisa Anda Lakukan di Libur Tahun 2018

Senin 1 Januari 2018, Libur Tahun Baru Masehi

Bisnis Saat Libur Tahun 2018Biasanya ketika pergantian tahun menuju 1 Januari akan ada acara-acara untuk menyambut pergantian tahun tersebut. Berbisnis terompet, kembang api tentunya menarik namun kompetisinya tinggi. Anda bisa mencoba peruntungan lain dalam bisnis ini seperti bisnis pembuatan kalender, buku agenda tahunan, jualan jagung bakar, jualan arum manis, jualan ayam atau ikan bakar, jualan wedang jahe. Bisa juga bisnis guide dadakan, Anda bisa mengantarkan ke tempat wisata atau gunung yang pernah Anda jelajahi.

Baca Juga : Prediksi Peluang Usaha yang Akan Trend di Tahun 2018

Jumat, 16 Februari 2018, Liburan Tahun Baru Imlek

Liburan tahun baru imlek ini Anda bisa mencoba berbisnis kue keranjang. Karena kue tersebut merupakan makanan khas orang imlek. Anda juga bisa berbisnis pakai-pakaian berwarna cerah seperti merah dan kuning. Karena pakaian tersebut merupakan pakaian yang melambangkan arti keceriaan bagi umat Konghucu. Bisa juga Anda berbisnis tiket ke luar negeri, karena biasanya mereka lebih memilih merayakan imlek ke luar negeri. Seperti China, Hongkong, Taiwan, Singapura, dan lain-lain.

Minggu, 18 Maret 2018, Liburan Hari Raya Nyepi

Saat Nyepi memang di beberapa kota di Indonesia akan vakum aktivitasnya seperti Bali. Jadi lebih baik jangan berbisnis pada hari tersebut karena akan sepi pembeli. Namun satu hari menjelang hari Raya Nyepi Anda bisa memulai bisnis Anda seperti menjual Canang, dupa dan ogoh-ogoh. Satu hari menjelang hari raya Anda juga bisa menjual makanan pokok, obat-obatan dan peralatan kebutuhan sehari-hari. Karena pada nyepi tidak boleh ada toko yang buka jadi sebaiknya Anda berjualan di hari H.

Jumat, 13 April 2018, Libur Isra Miraj 

Bisnis Saat Libur Tahun 2018

Pada liburan Isra Miraj kali ini Anda bisa berbisnis baju muslim seperti Koko, Gamis, kerudung, peci, tulisan kaligrafi. Anda juga bisa berjualan buku-buku mengenai Isra Miraj, menjual kaset-kaset ceramah mengenai peristiwa Isra Miraj. Biasanya di masjid-masjid akan ada  kajian-kajian atau tabligh akbar untuk mengenang peristiwa Isro Miraj.

Selasa, 1 Mei 2018  Liburan Hari Buruh

Beberapa tahun ini hari buruh dijadikan sebagai hari libur nasional. Karena pada hari tersebut banyak buruh dari seluruh Indonesia melakukan aksi demonstrasi baik di Istana Kepresidenan maupun di depan kantor gubernur. Bagi Kamu yang tidak ada niatan untuk melakukan demonstrasi moment ini bisa Anda jadikan sebagai ladang bisnis.

Anda bisa berjualan minuman dingin, berjualan makanan bungkus, berjualan topi, kaca mata hitam, jas hujan juga seharga Rp10.000 juga bisa Anda jual karena kemungkinan akan turun hujan. Anda juga bisa menyewakan kursi lipat karena kemungkinan mereka butuh tempat istirahat. Bisa juga menjual bensin eceran karena tak sedikit pendemo yang aksi dengan menggunakan kendaraan motor dan kesulitan dalam mencari bahan bakar.

Kamis, 10 Mei 2018, Kenaikan Isa Almasih

Ketika kenaikan Isa Al Masih banyak umat kristiani yang beribadah ke gereja. Peluang ini bisa Anda manfaatkan dengan menjual kartu ucapan, menjual Al Kitab dan lain-lain.

Selasa, 29 Mei 2018,Hari Raya Waisak

Bagi yang beragama Budha biasanya akan diperingati hari raya Waisak yakni perayaan yang dilakukan untuk memperingati kelahiran sang Budha. Berbagai macam tradisi unik yang dilakukan dan kebanyakan di daerah Candi seperti Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah.

Tradisi yang dilakukan seperti menyalakan lilin dan memasukkannya ke dalam lentera kemudian lentera-lentera tersebit diterbangkan ke udara, ada juga yang melakukan tradisi menerbangkan burung ke udara. Bagi Anda yang ikut merayakannya Anda bisa turut berbisnis dengan menjualkan lilin, korek api, lentera. Bisa juga menjualkan lampion-lampion yang biasanya digunakan untuk menghiasi candi-candi.

 Jumat, 1 Juni 2018, Hari Lahir Pancasila

Hari lahirnya pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni dijadikan sebagai libur nasional memang baru di tahun 2017 dilaksanakan. Meski menjadi hari libur tentunya moment bersejarah ini akan diabadikan dengan event-event nasional di sejumlah daerah. Untuk mengenang peristiwa lahirnya pancasila.

Berikut bisnis yang bisa kamu lakukan ketika moment pancasila sedang dikenang. Stiker-stike perjuangan, frame pancasila berikut 5 silanya, foto tokoh pencetus pancasila Muhamad Yamin, pin-pin pancasila. Biar laris manis kamu bisa berjualan di tugu pancasila.

Jumat-Sabtu,15-16 Juni 2018, Liburan Hari Raya Idul Fitri

Bisnis Saat Libur Tahun 2018

Moment yang satu ini adalah momentnya bagi para pebisnis untuk meningkatkan keuntungan. Karena di hari raya tersebut orang-orang mendapatkan jatah Tunjangan Hari Raya (THR) bagi yang sudah bekerja maupun yang masih anak-anak.

Sebelum hari lebaran Anda bisa berbisnis jasa rental mobil, berbisnis kue lebaran, berbisnis parsel lebaran, baju muslim, perlengkapan ibadah seperti mukena, sarung, sajadah. Bisa juga berbisnis tiket lebaran, bisnis travel mobil, bisnis makanan khas lebaran seperti ketupat,rendang, opor, kartu ucapan lebaran, amplop THR dan lain-lain.

Di hari lebaran bagi Anda yang tidak mudik atau mau berjualan mumpun para pedagang sedang liburan lebaran. Anda bisa berbisnis es krim, bakso, soto, mie ayam atau makanan lainnya di luar makanan khas lebaran. Karena biasa mereka akan bosan dengan makanan lebaran dan mencari menu lain. Bisa juga berbisnis mainan karena biasanya anak-anak yang mendapatkan THR akan mengumpulkannya dan  membeli main yang diidamkannya.

Jum’at,17 Agustus 2018, Hari Kemerdekaan Indonesia

Bisnis Saat Libur Tahun 2018

Pada hari libur nasional tersebut seluruh warga Indonesia tentu merayakannya. Di setiap rumah, sekolah, lembaga pemerintahan, dan perusahaan swasta diwajibkan untuk mengibarkan bendera merah putih. Nah, ini adalah ladang bisnis bagi Anda. Anda bisa mencoba berbisnis menjual bendera merah putih. Selain itu bisa juga berbisnis barang-barang yang mencirikan nasionalisme seperti pin burung garuda, pin bendera merah putih, foto-foto pahlawan nasional.

Anda juga bisa menjual perlengkapan permainan untuk lomba 17  Agustusan seperti kelereng, kerupuk, batang pinang, tali tambang, karung, bola dan lain-lain. Selain itu Anda juga bisa berjualan perlengkapan upacara seperti seragam, topi, dasi, sepatu pantopel dan lain-lain.

Rabu, 22 Agustus 2018, Idul Adha

Bisnis Saat Libur Tahun 2018

Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya yang sangat sakral bagi umat Islam. Karena di sana mereka akan melaksanakan ibadah haji. Anda bisa memanfaatkan momen ini dengan berbisnis travel umroh, namun jangan pada waktu hari H nya. Anda juga bisa berbisnis menjual perlengkapan haji seperti baju ihram, baju gamis putih, kerudung putih. Bisa juga menjual oleh-oleh khas haji seperti kurma, kacang arab, kismis,  coklat, air zam-zam. Tasbih, sajadah, kerudung dan sebagainya.

Dan jangan lupa memanfaatkan momen ini dengan berbisnis hewan kurban seperti kambing, sapi, domba, unta untuk dijadikan daging kurban. Jika Anda mau lebih sedikit kompetisinya Anda bisa berjualan daging kurban kalengan yang akan didistribusikan ke daerah perkampungan.

 Rabu 12 September 2018, Tahun Baru Hijriyah

Berbeda dengan tahun baru Masehi atau tahun baru lainnya yang identik dengan hura-hura, pesta dan kembang api. Tahun Baru Hijriyah yang dirayakan umat muslim justru terasa berbeda. Umat muslim berkumpul di masjid untuk melaksanakan sholat taubat atau sholat istighosah.

Ketika tahun baru hijriyah kebanyakan dari mereka juga berselawat dan berdoa. Sehingga moment ini bisa Anda manfaatkan dengan menjual buku-buku doa, buku sholat dan buku sholawat. Anda juga bisa menjual kalender Hijriyah, baju-baju muslim, peralatan sholat dan lain-lain.

20 November 2018, Maulid Nabi

Memperingati Maulid Nabi atau kelahiran Nabi SAW tak sedikit orang mengadakan kegiatan sholat sunah berjamaah di masjid, setelah itu melakukan salawatan dan doa bersama. Di moment seperti itu Anda bisa manfaatkan untuk berjualan perlengkapan sholat, tasbih, buku salawat, doa, buku sholat, dan lain-lain.

25 Desember 2018,Hari Natal

Hari Natal identik dengan libur panjang karena berdekatan dengan pergantian tahun. Sehingga moment ini sayang jika tidak dimanfaatkan. Anda bisa menjual tiket mudik, menjual pakaian, pernak-pernik natal, kartu ucapan natal, kue-kue kering dan bungkus kado. Karena biasanya natal identik dengan acara tukeran kado. Sayang bukan jika penutupan libur tahun 2018 tidak digunakan sebagai ajang untuk mencari uang.

LEAVE A REPLY