Wirausaha Perempuan Lebih Sukses? Ini Faktor-faktornya Menurut Braman Setyo

Perempuan mulai mengeratkan cengkaramannya di dunia bisnis. Istilah dahulu yang mengatakan setinggi-tingginya pendidikan seorang perempuan pasti jatuhnya ke dapur-dapur juga jelas dipatahkan. Semanjak RA Kartini, sang pembela emansipasi wanita, di mana ia memperjuangkan kesejajaran perempuan, kini Perempuan berhak mendapatkan pendidikan dan bekerja layaknya laki-laki. Semangat ini lah yang terus dipelihara oleh para wanita mandiri di Indonesia, terbukti dengan dibentuknya Perkumpulan Perempuan Wirausaha Indonesia (PERWIRA).

Pada Senin kemarin (07/11) baru diresmikan PERWIRA untuk Provinsi Sulawesi Selatan. Pembentukan organisasi hingga ke daerah ini bertujuan agar lebih memperkuat eksistensi wirausaha perempuan di Indonesia. Pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Wirausaha Indonesia (PERWIRA) Sulawesi Selatan diresmikan Ketua Umum Perwira Elsya Syarif, di Makasar, Sulawesi Selatan. Ini merupakan provinsi ke 27 yang telah memiliki DPD Perwira imbuhnya.

Peresmian ini pun diapresiasi oleh Deputi Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM Braman Setyo dengan mengatakan bahwa dengan terbentuknya organisasi ini mengisyaratkan bahwa pengusaha perempuan tidak mau kalah dengan laki-laki. Dan juga menunjukan bahwa kaum perempuan memiliki banyak keunggulan dan juga bisa sukses di bidang entrepreneurship.

Mengapa wanita bisa lebih sukes menjadi entrepreneur?

Barman memambahkan ada 4 faktor yang membuat perempuan bisa lebih sukes menjadi pengusaha, yaitu pertama, pengusaha perempuan lebih banyak memiliki jaringan. Ini sangat penting karena dalam berbisnis kita pasti perlu membuat pasar lebih luas, nah itu didapatkan bila memiliki kemampuan bersosial yang baik. Kedua, Wanita lebih kreatif, karena secara umum kaum hawa memiliki dan banyak memanfaatkan celah usaha yang dimiliki. Ketiga, perempuan lebih telaten, hal ini lah yang jarang dimiliki laki-laki sehingga dalam berbisnis perempuan lebih efesien dan cermat. Keempat, tidak mudah putus ada dan perupaya ingin membantu penghidupan keluarga. Hal ini cukup terbukti, dapat dilihat banyak dari para pegawai atau karyawan yang perekonomian rumah tangganya cukup terbantu dengan istri yang punya usaha sampingan di rumah.

Selain memberikan apresiasi untuk organisasi PERWIRA, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyeraahan KUR BRI kepada anggota PERWIRA Sul-Sel yang dilakukan oleh  Deputi Pembiayaan Kementrian Koperasi dan UKM Braman Setyo.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY