Mengenal Fungsi Website Untuk UKM dan Cara Mudah Membuatnya

website untuk ukm

Tahukah Anda bahwa fungsi website untuk UKM akan memksimalkan promosi dan pemasaran Anda? Kenapa begitu? Karena faktanya pengguna internet berkembang sangat pesat, apalagi dengan adanya smartphone membuat semua orang di belahan dunia terikat dengan internet dan menghabiskan waktunya di dunia maya. Untuk itu lah mengapa pengusaha harus mulai memahami tentang digital marketing, salah satunya adalah menggunakan website. Namun yang cukup mengherankan mengapa pengusaha khususnya pemain di skala usaha kecil menengah atau UKM enggan untuk merambah ke dunia digital. Alasannya tidak jauh karena membuat website susah dan biayanya pertahunnya cukup mahal. Ini salah besar! Kini sudah banyak web developer yang menyediakan aplikasi untuk membuat website. Ada yang berbayar bahkan ada yang gratis.

Dengan menggunakan web builder pengusaha dapat lebih mudah untuk ukm membuat website dengan tampilan yang sudah disediakan. Selain itu, interfacenya pun dibuat agar lebih mudah digunakan. Namun, kekurangan web builder yang gratis adalah kita tidak punya website sendiri, jadi kita hanya berhak menggunakannya. Selain itu fiturnya juga dibatasi sehingga tidak bisa mengubah desain dan tampilan web. Berbeda jika Anda menggunakan layanan berbayar karena fitur dan pilihan desain website akan lebih banyak. Nah, jika Anda berniat untuk membuat website berikut adalah aplikasi web builder yang bisa digunakan UKM.

WordPress.org

WordPress.org berbeda dengan wordpress.com, di mana platform ini kita bisa mendownload aplikasi wordpress yang bisa kita pasang di hosting sendiri dan juga domain sendiri. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat website namun bisa juga dipakai untuk membuat blog. Selain fitutnya cukup lengkap wordpress.org  juga membebaskan pengguna untuk berkreasi pada website miliknya seperti mengkustomisasi thames, plugin, monetisasi dan lainnya. Namun kekurangannya karena kita harus menyewa hosting dan domain sendiri maka membutuhkan modal yang terbilang tidak sedikit.

Wix.com

Selanjutnya adalah Wix, yang merupakan web builder yang juga sering digunakan oleh banyak pelaku bisnis untuk membuat website. Dikutip dari websitebuilderexpert.com Wix memiliki lebih dari 92 juta pengguna. Yang membuatnya banyak digunakan karena tersedia ratusan template website yang cocok untuk berbagai sektor industri apapun. Cara setting template sangat mudah, pengguna hanya cukup drag and drop sesuai keinginan. Web builder ini menyediakan pilihan tampilan sesuai kategori. Selain itu, keunggulan Wix juga bisa diakses menggunakan smartphone atau tablet. Pasti Anda pernah menemukan website yang akan berantakan jika dibuka melalui handpone. Nah, bila menggunakan Wix ini tidak akan terjadi. Bila pengguna ingin mendapatkan fitur lebih, Wix juga menawarkan paket berbayar seperti, Vip, eCommerce, Unlimited, Combo, dan Connect Domain. Biaya yang dikenakan mulai dari US$4.50 sampai US$24.50 (Rp 60.000 – Rp 327.000) perbulannya.

Weebly  

Weebly merupakan salah satu aplikasi membuat website yang terbilang cukup mudah cara membuatnya. Pengguna hanya perlu mendrag-and drop untuk membuat tampilan website sesuai dengan keinginan. Selain itu, dengan mendaftar Weebly kita juga bisa membuat website sebanyak-banyaknya dengan satu akun. Untuk biaya Weebley menawarkan 5 paket, seperti Free, Starter, Pro, Business, performance. Kelima paket tersebut ditawarkan dengan harga dan fitur yang berbeda. Jika Anda ingin menggunakannya untuk keperluan bisnis biaya akan dikenakan sebebsar $25.00 perbulan atau seharga Rp 334.00 perbulan. Itu sudah termasuk hosting dan domain untuk personal.

Squarespace

Aplikasi pembuat website untuk UKM lainnya adalah Squarespace. Aplikasi yang dilucurkan sejak 2004 ini sudah memiliki lebih dari 1 juta pengguna dengan kisaran biaya berlanggan US$ 12 – US$ 18 (Rp 160.000 – Rp 240.000) perbulan. Dengan berlangganan anda mendapatkan hosting, CMS squarespace, perancangan visual, akses ke widget dan add-on, serta bisa menggunakan domain sendiri.  Sama seperti web builder lainnya pengguna dapat memilih theme yang tersedia dan bisa mengkustomisasi dengan cara drag-and-drop atau melalui CSS. Bila Anda menginginkan desain website dengan tampilan yang trendy Squarespace bisa jadi pilihan yang tepat Anda gunakan untuk membuat website Anda.

Nah, demikian 4 aplikasi web builder untuk UKM yang bisa Anda pilih. Tetapi jika Anda memiliki modal lebih dan tidak ingin direpotkan dengan urusan website ada juga alternatif selain menggunakan web builder yaitu dengan menggunakan jasa pembuatan website. Memang biayanya terbilang cukup mahal karena Anda harus menyewa seseorang untuk mengerjakannya, tapi dengan begitu Anda bisa mendapatkan website Anda sendiri sesuai dengan kemuan tanpa harus turun langusung mengerjakannya. Jadi Anda ingin membuat langsung namun biayanya lebih sedikit apa menggunakan jasa pembuatan website namun biayanya cukup menguras kantong?

LEAVE A REPLY