Usaha Waralaba 2017 di Indonesia yang Keuntungannya Menjanjikan

Peluang usaha Waralaba 2017 yang akan datang tentu dapat kita lihat dari perkembangan bisnis itu sendiri di tahun sebelumnya. Seperti yang kita tahu persaingan dalam sektor bisnis diprediksi akan semakin kopleks dari tahun ketahun. Hal ini berkaitan dengan defisit perdagangan, suku bunga perbankan yang semakin tinggi dan harga nilai tukar rupiah terhadap dolar yang mungkin akan semakin melemah.

Sehingga para pengusaha terutama yang bergerak pada pasar waralaba harus meningkatkan daya saing agar tidak lama-kelamaan tenggelam dan tergerus persaingan pasar yang semakin ketat. Seperti contohnya usaha waralaba Es Teler 77, yang didirikan oleh Murniati. Pada awalnya Es Teler 77 hanya dijual di kantin kecil di pertokoan Duta Merlin Jakarta hingga kini berubah menjadi perusahan swasta dengan nama CV Es Teler 77 dengan cabang kemitraan sampai ke negeri Malaysia, Singapura, India serta Austaralia.

Baca Juga :  Buat Waralaba Es Krim Cone dengan Mesin Es Krim

Mulai bisnis waralaba memang sangat mudah, cukup memberikan modal semua sudah tersedia, Anda tidak perlu repot membuat SOP kerja, mencari peralatan penunjang untuk usaha, bahkan tidak perlu branding usaha Anda. Justru pemilihannya usaha waralabanya yang cukup sulit, mengingat ada banyak hal yang harus Anda pertimbangkan. Pokonya usaha waralaba yang penting namanya sudah besar itu sudah cukup. Tunggu dulu! Pastikan kalau sistem usahanya sesuai dengan yang Anda harapkan.

10 Bisnis Usaha Waralaba 2017

Banyaknya merek waralaba, sedikit yang mampu bertahan hingga bertahun-tahun, sehingga ini lah yang harus dipertimbangkan oleh calon mitra usaha apakah merek waralaba yang akan dipilihnya bisa diprediksi sukses ditahun berikutnya. Nah, berikut adalah 5 usaha waralaba 2017 yang akan laris manis di tahun berikutnya.

Piramizza

Piramizza adalah sebuah merek waralaba PT Baba Rafi yang dibuka pertama kali sejak Oktober 2008 di Surabaya. Konsep pizza berbentuk piramid seperti es krim cone ini diperkenalkan pertama kali oleh Ramadhan Yasmanto yang juga finalis dari wirausaha mandiri tahun 2008. Proses pembuatannya tergolong mudah dan cepat. Pelanggan diberikan pilihan rasa yang punya ciri khas masing-masing, yaitu rasa ayam panggang, ayam jamur, burger & paperoni dan sapi lada hitam. Rencananya varian rasanya akan ditambah dengan 15 pilihan varian rasa baru. Anda cukup berinveastasi sebesar Rp 45 juta untuk memulai usaha waralaba ini.

Toper Crepes

Awalnya usaha ini dimulai dari seringnya membeli cemilan crepes di Mall, Yoyok melihat peluang usaha ini akan berkembang jika ia coba jalani di derahnya. Maka tercetuslah ide untuk membuat crepes sendiri di rumah dengan bantuan teman-temannya yang bekerja di perusahaan bakery. Berbekal informasi dari temen-tamannya tersebut lah tercipta resep crepes ciptaannya. Siapa sangka usaha kecil menengah yang Yoyok tekuni berkembang hingga membuka cabang di berbagai kota, di antaranya Jakarta, Bekasi, Cikarang, Cibitung, Karawang, Purwakarta, Rengasdengklok, Kota Baru, dan Cirebon. Yoyok menawarkan brand waralaba dengan mematok biaya investasi awal mulai dari Rp 7 juta hingga Rp 27 Juta. Usaha ini dipastikan menjadi waralaba 2017 yang akan berkembang nantinya. Anda berminat?

APPLE Laundry Center

Apple Laundry Center adalah sebuah usaha asal Surabaya. Apple Laundry Center baru diperkenalkan sebagai merek waralaba pada tahun 2009 dan selama setahun sudah mengumpulkan 14 mitra usaha yang tersebar di Surabaya,Tanggerang, Lubuk Linggau dan Bengkulu. Kini semakin menjamurnya bisnis ini tidak membuatnya pasarah ditenggelamkan oleh pesaing, justru ia menyiasatinya dengan memberikan harga dan kualitas yang kompetitif, disertai dengan program ekstra yang akan menjadi daya tarik bagi mitra usaha. Bila Anda berniat untuk membuka usaha waralaba ini investasi awal yang perlu Anda diapkan adalah Rp 212 Juta. Untuk modal memulai usaha laundry masih terbilang terjangkau karena Anda juga akan dibebaskan sewa tempat selama 5 tahun serta sekaligus peralatan usaha laundry.

Bakso Malang Kota Cak Eko

Jajanan bakso memang tidak ada matinya, oleh karena itu terjun di bisnis ini sangat tepat. Prediksi usaha waralaba 2017 selanjutnya adalah Bakso Malang Kota Cak Eko, yang berdiri sejak 2006 di kota Malang. Saat diwaralabakan peminatnya cukup besar, bagaimana tidak jumlah cabangnya saja sudah mencapai 26 gerai dan 24 di antaranya adalah milik frenchisee (Baca Juga : cara mewaralabakan usahaKeunggulan bakso Cak Eko adalah dari kuahnya dan varian isinya yang berbeda dari kebanyakan bakso malang lainnya. Selain itu penggunaan bahan-bahan yang sehat juga ia utamakan dan tidak menggunakan bahan pengawet. Hal ini dapat dibuktikan lewat sertifikat BPOM Dinkes dan sertifikat halal MUI yang sudah dikantongi Bakso Cak Eko. Menu produk yang ditawarkan adalah bakso campur, siomay & batagor, Bakso Urat/halus, Soto ayam & daging, cwie mie malang, nasi goreng jawa, mie ayam, mie goreng jawa, mie ayam bakso, mie godok & rawon. Untuk Paket biaya waralabanya Bakso Cak Eko dibandrol mulai dari Rp 47 juta hingga Rp 99 juta.

Moo-moo Korean Milk

Bisnis kuliner memang selalu banyak incaran, contohnya Moo-moo Korean Milk yang menyajikan minuman berbahan dasar susu yang divariasikan dengan 8 pilihan rasa buah-buahan, coklat dan kopi. Usaha yang dirintis oleh Chandra pada tahun 2014 rupanya berkembang sangat pesat hingga kini sudah memiliki lebih dari 58 gerai termasuk gerai dengan mitra usaha. Kelebihan brand waralaba yang ia tawarkan adalah mitra tidak dipungut franchise fee dan royalty fee sehingga ini tidak akan memotong keuntungan pemitra tiap bulannya. Berapa biaya investasi awalnya? Waralaba Moo-Moo Korean Milk di berikan 3 paket pilihan di mana yang paling murah yaitu Rp 4,5 juta tidak disediakan booth untuk usaha jadi hanya bahan-bahan dan alat membuat & menajikan minuman, serta banner Moo-moo Korean Milk.

Hi Fries

Waralaba kentang goreng mungkin sudah banyak dipasaran, tapi bagaimana bila menu kentang gorengnya disajikan dengan saus pasta dengan berbagai varian rasa? Hi Fries adalah salah satu usaha waralaba menawarkan menu kentang goreng dengan toping saus pasta yang variatif, misalnya keju, nori, bolognese, daging asap, dan bawang putih. Usaha yang terkenal di kalangan anak muda ini sudah memiliki 11mitra usaha yang tersebar di daerah Jabodetabek, yaitu Bandung, Yogyakarta, Makassar, Palembang dan Batam, dan rata-rata berlokasi di mall-mall. Untuk harga satu cup kentang dibandrol dnegan harga 25 ribu. Bagi Anda yang ingin menjadi mitra usahanya Hi Fries membudgetkan biaya sebesar 80 juta untuk mengontrak lisensi dagang Hi Fries selama dua tahun.  Modalnya memang bisa dibililang tidak murah, namun Anda diperkirakan bisa meraup keuntungan 50 juta perbulannya.

Tahu Gila

Peluang usaha waralaba lainnya adlah Tahu Gila. Waralaba ini mulai berdiri pada tahun 2013 silam, hingga kini sudah berbagai penghargaan disabet oleh Tahu gila, di antaranya adalah trend Top Franchise Terdasyat 2014 dan Trend Setter dalam bisnis franchise makanan. Dengan menawarkan 13 varian rasa berbeda, Tahu Gila menawarkan citra rasa yang bener-benar gila dan dapat dipastikan berbeda dengan waralaba tahu lainnya. Kini, Tahu Gila sudah memiliki lebih dari 500 mitra di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk modal awalnya Tahu Gila membudgetkan biaya mulai dari Rp 5.7 juta sampai Rp 8.8 juta untuk paket booth outdoor, di mana selain mendapatkan bahan dan alat membuat Tahu Gila, Mitra juga diberikan tenda, Payung dan etalase untuk berjualan.

Hulala

Peminat es krim yang tidak pernah turun membuat bisnis ini sangat berpotensial untuk dijadikan usaha waralaba. Ini lah yang dilakukan oleh Hulala, dengan menerapkan konsep sajian es krim roll atau es krim gulung. Es krim Hulala ini kabarnya sempat menjadi viral di media sosial Instagram, bagaimana tidak sebab penikmatnya kebanyakan anak-anak muda yang cukup aktif di Instagram. Sejak pertama kali didirikan hingga kini Hulala sudah memiliki lebih dari 200 kemitraan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Untuk menjadi mitra Hulala, modal awal yang dibutuhkan mulai dari Rp 25 juta sampai Rp 40 juta. Meskipun mahal tapi yang menarik Hulala tidak akan menarik biaya royalty. Jadi 100% keuntungan yang didapatkan oleh mitra dapatkan adalah untuk mitra itu sendiri.

Valo

Di musim hujan seperti sekarang ini, usaha cuci kendaraan jadi peluang yang sangat bagus. Tapia pa ada usaha waralaba jasa cuci kendaraan? Tentu ada, salah satuny adalah Valo, ialah jasa car care professional yang bersologan cuci mobil hemat air. Elihu Nugroho mengklaim bahwa Valo adalah jasa perawatan mobil pertama dengan konsep waralaba di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa bagi mitra yang berminat ingin membuka cabang franchise, modal awal yang dibutuhkan sebesar Rp 75 juta, dari sana mitra akan mendapatkan produk pembersih mobil beserta pelengkapannya. Selain itu, juga akan diberikan pelatihan bagi karyawan. Perkiraan keuntungan yang akan didapatkan oleh mitra berkisar Rp 180 juta perbulannya. Namun, Elihu tidak bisa menjamin akan berapa lama mitra akan balik modal, karena setiap daerah akan berbeda-beda.

Baca juga : Waralaba Murah, dibawah 10 Juta

JNE

Anda pasti Akrab dengan yang satu ini. Sejak pertama kali didirikan pada tahun 1990, perusahaan jasa pengiriman barang ini berkembang dengan sangat pesat. Pada awal perkembangannya JNE merupakan bagian dari perusahan ekspedisi batang international yaitu PT. Citra Van Titipan Kilat (Tiki).  Dengan modal keytar 100 juta dan dengan beberapa orang karyawan, JNE mulai berdiri hingga saat ini. Pada tahun 1991 JNE mulai melakukan ekspansi usaha di dalam negeri. Kini sudah ratusan agen resmi JNE yang tersebar di seluruh Indonesia, meskipun demikian peluang untuk menjadi agen atau mitra bisnis tetap menjanjikan terlebih jika agen memiliki tempat yang berlokasi strategis. Untuk dapat bergabung, mitra sebelumnya harus menyediakan modal awal sebesar Rp 5.5 juta yang digunakan unruk mengurus perjanjian dan dana promosi. Ditambah Rp 10 juta untuk pihak JNE sebagai jaminan dan akan dikembalikan setelah masa kontrak yang telah disepakati.

Pilih Usaha Waralaba Indonesia dan Mulai Sekarang Juga

Demikian beberapa usaha waralaba yang bisa Anda mulai di tahun ini. Selain menguntungkan, usaha waralaba ini juga mudah dijalankan karena sistem kerjanya sudah dibentuk oleh pemilik waralaba. Namin meskipun begitu Anda juga perlu memiliki strategi agar usaha waralaba yang sedang atau ingin Anda jalani berjalan dengan lancar sehingga nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Semoga informasi ini berguna dan selamat mencoba. Semoga sukses, sahabat UKM.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY