Usaha Sabun Curah sebagai Usaha Rumah Tangga yang Menguntungkan

Usaha sabun seperti usaha sabun curah ternyata memiliki prospek bisnis yang menarik. Sebagai contoh sebuah perusahaan usaha sabun Neotech dari pengusaha Musawir Halim dilansir dari ideusahabisnis.com Lelaki asal Jawa Barat ini meninggalkan pekerjaan lamanya demi membuka usaha sabun curah rumahan dengan omzet sekitar 100 juta rupiah perbulannya. Menarik bukan?

Usaha sabun ini memang terbilang masih jarang, karena hanya beberapa orang saja yang bisa membuat racikan sabun yang paten untuk bisa digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Bukan hanya sabun mandi saja, masih banyak tipe-tipe sabunĀ  yang bisa Anda usahakan seperti berikut ini.

Jenis Sabun yang Bisa digunakan untuk Usaha Sabun Curah

Bisnis Usaha Sabun Laundry

Berbeda dengan sabun mandi biasa, sabun laundry atau sabun untuk mencuci pakaian memiliki konsentrat kimia yang tidak sama. Ini karena komposisi dari sabun laundry juga bisa dibedakan lagi sesuai jenis kegunaannya. Contohnya seperti sabun pencuci pakaian merk Rinso yang sudah populer di telinga masyarakat.

Rinso sendiri mempunyai berbagai merk sabun pencuci pakaian yang berbeda tergantung jenis pemakaiannya seperti Rinso untuk mesin cuci baju matic atau Rinso untuk pakaian warna putih. Rinso juga terbagi lagi ada yang jenis bubuk dan ada yang jenis cair. Nah, ini bisa menjadi salah satu kesempatan untuk Anda menjadi pembuat sabun khusus laundry karena sabun laundry membutuhkan sabun yang banyak dengan harga terjangkau.

Cuci Kendaraan dengan Sabun Cuci Mobil dan Motor sebagai Peluang Usaha Sabun Mobil

Sabun mobil atau motor tentunya memiliki kebutuhan komposisi kimia yang berbeda dengan sabun biasa. Mengapa demikian? Ini karena kendaraan seperti mobil dan motor ini menghadapi jenis kotoran atau noda yang berbeda yaitu berasal dari lingkungan sekitar. Apalagi dengan tipe kendaraan yang selalu dipakai setiap hari. Tentunya membutuhkan sabun yang maksimal untuk membersihkan sekaligus melindungi kendaraan Anda secara langsung.

Bisnis Sabun Pembersih Lantai dan Kamar Mandi

Anda pernah membersih lantai atau kamar mandi milik Anda? Anda pasti melihat merk yang ampuh untuk membersihkan kotoran di tempat ini. Untuk membersihkan atau mengepel lantai, Anda pastinya memerlukan sabun yang selain bersih tetapi juga harum wangi serta terjaga dari kuman agar menjaga kesegaran lantai setiap harinya.

Berbeda dengan sabun pembersih kamar mandi. Selain wangi dan bersih, sabun yang digunakan untuk membersihkan kamar mandi terutama kloset harus mempunyai tingkat pengangkatan noda yang tinggi. Ini karena kloset adalah salah satu tempat pembuangan utama tubuh kita. Maka dari itu, Anda membutuhkan sabun yang bisa bekerja maksimal untuk membersihkan salah satu ruangan di dalam rumah kita ini.

Nyatanya, masih banyak tipe sabun yang bisa kita buat sendiri untuk berbagai kebutuhan. Jika Anda tertarik menjalankan usaha ini, berikut beberapa tips sebelum membuka usaha sabun curah sebagai penopang keuangan Anda.

Tips Membuka Usaha Sabun Curah untuk Berbagai Kebutuhan

Anda mulai tertarik membuka bisnis sabun curah ini tetapi belum mengerti cara memulainya? Tenang saja, semua ada prosesnya. Tetapi sebelum itu, mari kita simak beberapa tips membuka usaha sabun curah di bawah ini.

Mempunyai Racikan Sabun yang Bisa Digunakan untuk Segala Kebutuhan

Racikan sabun untuk membuka bisnis sabun tidak sembarangan. Anda memerlukan rumus pengolahan kimia yang sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Seperti pada jenis sabun di atas. Untuk membuat sabun laundry, Anda harus kenali dulu macam baju atau tipe mesin yang digunakan pada usaha laundry di daerah Anda. Jangan sampai Anda memberikan racikan yang salah karena Anda bisa merusak baju atau mesin yang mereka gunakan.

Kebutuhan apalagi kebutuhan rumah tangga pun bisa bermacam-macam. Kenali segala jenis kebutuhan sabunnya dengan baik. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencari informasi dengan teman atau kerabat Anda. Atau cara lainnya Anda bisa mencari di mesin pencari di internet. Pastikan Anda mencari informasinya secara rinci agar bisa meracik sabun Anda dengan benar.

Mempromosikan Produk Usaha Sabun Anda secara Maksimal

Maksud dari mempromosikan secara maksimal adalah menggunakan segala tipe promosi untuk menjualkan produk usaha sabun Anda. Bagaimanakah caranya? Promosi sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu promosi langsung dan promosi tidak langsung.

Promosi langsung merupakan salah satu memperjualkan produk Anda secara langsung kepada pelanggan Anda. Promosi ini bisa Anda gunakan dengan cara memberikan informasi kepada pembeli secara mulut ke mulut. Biasanya cara ini melibatkan keluarga atau teman-temanĀ  Anda. Cara lainnya yaitu dengan menjualkan di dalam toko usaha Anda. Cara ini menggunakan modal yang cukup besar karena Anda harus mempunyai tempat sendiri.

Sedangkan promosi tidak langsung adalah melakukan penjualan secara tidak langsung misalnya melalui internet seperti media sosial, blog atau bahkan tempat periklanan online seperti olx, tokopedia, dan sebagainya. Promosi ini lebih efektif karena bisa mencakup seluruh daerah bahkan sampai ke luar negeri pun bisa Anda lakukan.

Membuka Peluang Kerjasama Usaha Sabun

Untuk mengembangkan usaha sabun rumahan Anda, Anda bisa menggunakan metode kerjasama dengan sistem seperti agen atau reseller sebagai penjual kedua. Mengapa menggunakan metode ini? Ketika Anda sudah mencakup penjualan yang begitu besar sampai ke pelosok daerah, tentunya untuk mempermudah dan menghemat pengiriman barang, Anda bisa menggunakan cara ini. Selain efektif, cara ini juga sangat berguna untuk memperluas usaha serta membuka lapangan pekerjaan terbaru dengan membuka cabang pabrik sabun di daerah lainnya.

Bagaimana cara membuka peluang kerjasama ini? Anda bisa membuat sebuah proposal analisa usaha sabun Anda supaya menyakinkan calon reseller. Anda juga bisa menambahkan bonus produk atau harga yang lebih murah agar membuat calon agen atau reseller Anda semakin tertarik untuk bekerjasama dengan Anda.

Sudah mulai terpikirkan untuk membuka usaha sabun curah ini? Jangan lewatkan kesempatan emas ini karena usaha sabun curah masih terbilang jarang karena hanya beberapa yang bisa mengetahui racikan kimia pembersih ini. Anda juga bisa mengikuti kursus atau pelatihan sabun sebagai pemula untuk membuka usaha ini. Pastikan niat dan doa Anda menggeluti usaha ini dengan ikhlas agar bisa mempermudah usaha Anda ke depannya.

SHARE

LEAVE A REPLY