Raup Untung dengan Membuka Usaha Bakso Kemasan Ekonomis

Bakso kemasan sering kali kita lihat di minimarket karena banyaknya konsumen yang menikmati bakso terutama di Indonesia ini. Untuk itu, kesempatan emas untuk membuka usaha bakso kemasan terbuka lebar untuk Anda yang ingin menekuninya. Apakah bisnis bakso dalam kemasan ini harus memiliki kemasan yang bagus? Atau harus memiliki mesin bakso yang banyak? Mari kita ulas satu persatu.

Sering sekali kita melihat pengusaha bakso yang mengemas bakso mereka dengan kemasan yang kedap udara dengan bahan plastik transparan. Inilah yang membuat kemasan bakso semakin menarik. Salah satunya adalah pada kemasannya yang sederhana tetapi terlihat keseluruhan. Selain kemasan, pengusaha bakso juga menggunakan mesin bakso. Hal ini dilakukan untuk mempercepat produksi bakso.

Baca Juga: Kursus cara membuat Bakso untuk jadi Pengusaha Bakso

Tapi, apakah memang kita harus membeli itu semua terlebih dahulu? Tidak, karena semua usaha adalah proses. Anda bisa memulainya dengan hal kecil terlebih dahulu seperti langkah-langkah buka bisnis usaha bakso kemasan berikut ini.

Jadwal Kursus Usaha Makanan GOUKM Training Center

Pastikan Jenis Produk Usaha Bakso yang akan Dijual

Bakso sendiri adalah daging giling yang terdiri dari beberapa jenis seperti bakso ikan, bakso daging sapi, atau bahan lainnya. Ada juga bakso sehat dengan bahan yang menggunakan sayuran. Setelah menentukan bahannya, Anda juga perlu menguasai bakso yang ingin Anda buat dengan resep Anda sendiri.

Bagaimana mengetahui resep bakso yang enak dan banyak diminati orang? Salah satunya adalah dengan mengikuti kursus atau dengan mencari resep di internet. Pastikan Anda mencoba membuatnya terlebih dahulu dan beritahu tentang teman-teman atau kerabat terdekat Anda tentang bakso buatan Anda.

Siapkan Modal Usaha Bakso Kemasan dari Dana sampai Mesin

Anda tidak sanggup membeli mesin daging giling besar? Anda bisa meminjam modal mesin atau dana ke bank yang Anda pilih karena perbankan tidak hanya menyediakan modal dana saja, tetapi juga modal membeli mesin juga termasuk. Maka dari itu, persiapkan rencana keuangan Anda dengan matang. Pastikan jangan terlalu sedikit karena masih akan ada banyak lagi keperluan lainnya yang tak terduga.

Mesin bakso pun juga tidak harus langsung yang besar. Pastikan Anda hanya membeli mesin yang penting terlebih dahulu seperti mesin bakso serta mesin kemasannya saja. Bahan lainnya bisa Anda olah sendiri dengan mesin-mesin rumah tangga yang masih berskala kecil. Jika memang masih dirasa berat, Anda bisa menggunakan cara manual seperti dengan menggunakan lilin atau blender.

Khusus untuk kemasan, pastikan juga kemasan Anda juga bisa menarik perhatian tanpa harus menutupi bakso sebagai “hero”-nya. Anda bisa menggunakan kemasan yang kedap udara agar bakso Anda bisa tahan lama. Pastikan juga setiap komposisi, perizinan produk dan detail lainnya tertera di atas kemasan tersebut agar konsumen semakin percaya kepada produk bakso kemasan Anda.

Promosikan Bisnis Bakso dalam Kemasan

Biasanya hal pertama yang dilakukan untuk mempromosikan usaha pengusaha pemula yaitu dengan mempromosikan kepada kerabat dan teman dekat. Pastikan Anda membuka pikiran untuk saran dan kritik agar usaha bakso Anda akan semakin berkembang.

Setelah promosikan kepada kerabat, Anda bisa sambil mempromosikan secara online lewat internet seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan situs lainnya. Mengapa demikian? Karena bisnis online kini sudah banyak digeluti para pengusaha terutama pengusaha makanan. Ditambah dengan ketahanan lama bakso dalam kemasan lebih lama daripada bakso yang dibuat biasa, Anda bisa memperjualkan bakso ini tidak hanya di daerah Anda saja tetapi bisa sampai keluar negeri.

Baca Juga: Ingin Usaha Bakso Dapat Bersaing? Inilah Macam Mesin Untuk Usaha Bakso

Membuka Sistem Reseller atau Distributor Bisnis Bakso Kemasan

Bisnis bakso kemasan Anda tidak perlu hanya dijual diri sendiri saja. Cara laiinya yaitu menggunakan sistem penjualan orang ketiga seperti reseller atau distributor. Strategi ini sering sekali digunakan para pengusaha makanan bakso. Anda bisa membuka penawaran ini lewat online dan juga offline. Pastikan Anda menerima data pribadi dan melatih cara pemasarannya calon reseller agar bisa selalu bisa berkomunikasi.

Dengan adanya sistem penjualan distributor ini pastinya Anda akan mendapatkan untung yang banyak karena selain menjual, distributor juga sambil mempromosikan merk produk bakso Anda sehingga penjualan bakso dalam kemasan Anda akan semakin naik.

Mudah bukan membuka usaha bakso kemasan ini? Tidak ada usaha yang langsung untung dan sukses, pastinya semua membutuhkan proses. Akan ada proses naik dan juga turun. Pastikan usaha dan doa dalam satu tujuan agar usaha Anda selalu konsisten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here