Potensi UKM Online Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi menjadi 7%

Tahun 2015 lalu Deloitte mengumumkan kabar gembira kepada Indonesia. Perusahaan akuntan terbesar kedua di dunia itu menyebutkan bahwa potensi UKM Online dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung pertumbuhan ekonomi Indonesia diprediksi dapat mencapai 7% bila melibatkan perkembangan UKM Online sekarang ini. Berarti ada tambahan pertumbuhan ekonomi sebesar 2%.

Wawancara yang dilakukan Deloitte pada 437 UKM Indonesia menggunakan panel online dan tatap muka. Pelaku UKM yang diwawancara berasal dari 6 kota besar Indonesia. Kota-kota tersebut antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, dan Makassar. Dan terbukti bahwa ¾ UKM Indonesia sudah menggunakan pemasaran secara online.

Terhitung 36% UKM Indonesia masih hanya menggunakan pemasaran offline. Sedangkan 37% UKM Indonesia lainnya menggunakan pemasaran online, walaupun penggunaannya masih dalam taraf pemasaran satu arah. Untuk UKM yang sudah memanfaatkan pemasaran online tingkat lanjut seperti medsos dan chat jumlahnya baru 18%. Dan sisanya yang kurang dari 9% UKM Indonesia yang memanfaatkan pemasaran online secara maksimal seperti eCommerce.

Tips UKM Online Sukses merambah ke Pasar Online

1 . Tentukan Goal UKM melakukan pemasaran Online

Banyak yang bisa dilakukan oleh UKM dengan memanfaatkan pemasaran Online. Diantaranya seperti meningkatkan omset, branding, meluaskan cakupan pemasaran, dll. Pastikan dulu fokus tujuan pemasaran online Anda.

2 . Bangun Image yang lebih Profesional

Dengan melakukan pemasaran online maka usaha Anda akan lebih mudah dilihat oleh siapa saja. Tinggalkanlah kesan bahwa UKM anda adalah usaha yang profesional. Agar calon pembeli tertarik untuk mengetahui Usaha Anda lebih lanjut. Profesionalisme bisa dilihat pada foto yang dicantumkan, desain web, tata bahasa dan kejelasan contact yang dapat diubungi.

3 . Tentukan Media Online yang cocok untuk Anda gunakan pertama kali

Mau mulai dari mana? Facebok? Instagram? Kaskus? Website? Tokopedia? Ada banyak sekali marketplace yang bisa Anda manfaatkan untuk pemasaran online. Namun sangat disarankan untuk fokus dulu di satu marketplace agar mendapatkan pelanggan lebih maksimal. Setelah itu baru memulai pemasaran di marketplace lainnya dan begitu seterusnya.

4 . Evaluasi kembali campaign online yang sudah dijalankan

Setelah merambah berbagai marketplace online, sebaiknya Anda mulai melakukan evaluasi. Manakah marketplace yang menghasilkan penjualan yang bagus? Manakah yang perlu ditingkatkan lagi? Apa saja fitur yang perlu/ tidak perlu digunakan?

Keempat langkah ini merupakan langkah mudah memulai UKM online. Disarankan untuk banyak membaca artikel tentang pemasaran online. Ada baiknya juga Anda bergabung ke grup diskusi dan forum untuk UKM online. (syafin)

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY