UI Startup Festival 2017: Membangun talenta Mahasiswa menjadi seorang Pengusaha

Setelah melihat perkembangan zaman teknologi yang semakin meningkat ini, ternyata sudah banyak pengusaha yang berminat untuk memajukan ekonomi Indonesia. Menurut hasil laporan Telkomstra, negara Indonesia termasuk negara yang mempunyai startups tertinggi se-ASEAN.

Menyambung dengan acara pada tahun 2016, kali ini para mahasiswa Universitas Indonesia akan kembali menyelenggarakan UI Startup Festival 2017 dengan konsep tema ‘Watch, Take, and Action’. Acara ini ditujukan kepada para mahasiswa khususnya mahasiswa yang baru saja memulai usahanya dan berkeinginan untuk menjadi seorang enterpreneur.

Acara ini akan diadakan diadakan di Balairung UI dan Code Margonda dengan tanggal yang berbeda. Pada ‘Pre-Event’ UI Startup Festival 2017 akan ada acara road show yang diadakan di beberapa fakultas Universitas Indonesia untuk memperkenalkan acara UISF 2017 kepada para mahasiswa khususnya mahasiswa UI.

Acara UI Startup Festival 2017 terbagi menjadi lima bagian acara yaitu Yellow Bootcamp, Pitch Competition, Seminar Bisnis Nasional, Yellow Market Inc, dan terakhir Networking Nite. Semua acara ini berkesinambungan pada tanggal 24 – 25 November 2017 dan 5 – 6 Desember 2017.

Yellow Bootcamp adalah salah satu acara UI Startup Festival 2017 yang mempunyai dua program intensive selama 2 hari. Acara ini diadakan di Code Margonda pada tanggal 24 dan 25 Desember 2017.

Acara yang kurang lebih akan dihadiri 25 partisipan ini bertujuan untuk membuka wawasan para pengusaha muda tersebut sehingga mereka bisa belajar dan menantang diri mereka sendiri untuk menjadi pengusaha yang lebih maju.

Pada mnggu berikutnya, UISF akan menyelenggaran acara keduanya yang berjudul Pitch Competition. Acara ini akan diadakan di Balairung UI pada hari Selasa tangal 5 Desember 2017.

Pitch Competition adalah salah satu acara kompetisi para pengusaha untuk menjadi penarik perhatian para investor. Selain menguntungkan bagi para investor, pengusaha-pengusaha muda ini juga akan belajar bagaimana cara untuk mendapatkan sposor untuk usahanya.

Acara utama dalam UI Startup Festival 2017 adalah Seminar Bisnis Nasional. Seminar ini diadakan di Balirung UI pada hari Selasa, 5 Desember 2017.

Acara ini ditujukan kepada masyarakat umum khususnya para mahasiswa yang ingin belajar dan berdiskusi tentang bisnis serta bagaiamana cara untuk memulai usaha.

Sebanyak 30 tenant yang telah mempunyai produknya sendiri akan hadir dalam salah satu pameran dalam festival ini yang bertajuk ‘Yellow Market Inc.’ untuk dipresentasikan kepada masyarakat. Pameran ini juga akan mengundang banyak investor ternama sehingga mereka bisa mempresentasikan produknya secara langsung.

Acara terakhir UI Startup Festival 2017 adalah Networking Nite yang terdiri dari dua bagian acara yaitu Speed Dating dan Awarding Night. Acara ini akan diadakan di Balairung UI pada tanggal 6 Desember 2017 yang akan diikuti kurang lebih 12 pengusaha muda.

Acara Speed Dating ini juga terbagi dua yaitu Pitch Dating dan Consultation Dating yang keduanya berhubungan dengan para calon investor. Dan lalu diakhirnya dengan Awarding Night dimana disini para pengusaha terbaik akan mendapatkan berbagai penghargaan-penghargaan menarik

SHARE

LEAVE A REPLY