Usaha Sampingan Jualan Lauk dalam Kemasan Saat Bulan Ramadhan

Saat bulan Suci Ramadhan segala pulang usaha terbuka lebar, khususnya di bidang bisnis kuliner. Contohnya bisnis lauk pauk kemasan yang sudah mulai diincar pembeli sebelum Ramadhan tiba. Saat bulan puasa kebanyakan orang sering kebingungan menyiapkan makanan untuk saur, apa lagi orang yang tinggal sendiri dan punya kesibukan di siang hari. Sehingga untuk saur, makan siap saji jadi pilihan mereka. Coba bayangkan kalau selama sebulan harus membeli makanan di luar. Pasti boros bukan? Nah, dari sini lah mengapa peluang usaha lauk pauk kemasan sangat terbuka lebar.

Namun untuk memaksimalkan usaha olahan daging Anda, Ada baiknya Anda menggunakan mesin giling daging. Dengan mesin tersebut Anda bisa mengolah daging Anda secara cepat, higienis, ukuran yang seragam dan masa simpan lebih lama. Karena mesin giling daging bisa mengolah daging per jamnya 4-200 kg. Tergantung dari mesin giling daging yang kita gunakan. Mesin tersebut pun sangat higienis karena secara otomatis bisa menggiling daging tanpa harus dipegang dulu dengan operator. Sehingga otomatis mesin olahan daging yang disajikan bisa tahan lama.

Baca juga: Peluang Usaha Saat Ramadhan

Selain mesin giling daging yang mesti kita punya, kita pun harus memperhatikan daging apa yang dipilih untuk dijadikan peluang usaha. Karena sifatnya pratis dan tahan lama, lauk pauk ini mulai ramai diburu oleh konsumen untuk disajikan pada saat sahur atau berbuka. Sering kali malah dipilih untuk bekal saat mudik (pulang kampung) atau berlibur pada hari raya Idul Fitri. Apa saja menu-menu yang biasa untuk usaha lauk kemasan ini?

Rendang Kering

Rendang adalah sajian olahan daging sapi yang merupakan masakan tradisonal khas padang. Meskipun dikenal makanan daerah, tapi ketenaran rendang sudah sampai mancanegara karena citra rasanya yang unik dan nikmat. Bahkan masakan ini pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN. Maka tidak heran jika penggemar makanan ini sangat banyak dan mencakup semua kalangan masyarakat. Melihat begitu banyaknya penggemar rendang, peluang usaha makanan ini jadi sangat menjanjikan. Apa lagi ditambah modifikasi baru yang dilakukan oleh pengusaha agar rendang lebih awet dan praktis.

Pada umumnya rendang memiliki jangka waktu konsumsi yang cukup lama, yaitu sekitar 3-7 hari. Tapi ditangan pengusaha rendang bisa dibuat tahan hingga 2-3 bulan dengan dibuat kering. Bagaimana membuat rendang kering? Untuk membuat rendang kering Anda harus menyiapkan bahan-bahan berikut

  • 500 gram daging sapi, diutamakan untuk memilih daging sapi dengan tektur lebih lunak
  • 2 lembar daun jeruk (buang tuangnya)
  • 3 sung bawang merah (iris tipis-tipis)
  • 1 lembar daun kunyit
  • 1 batang serai yang telah diambil bagian putihnya dan dimemarkan
  • 1 sdt gula merah yang telah disisir
  • Garam secukupnya
  • 150 gram kelapa parut yang telah disangrai hingga menjadi kecoklatan
  • 400 ml santan
  • minyak secukupnya untuk menumis

bumbu halus :

  • 8 cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari lengkuas
  • 1 ruas jari kunyit bakar
  • ½ sendok teh biji ketumbar
  • Dan siapkan juga ¼ sendok teh lada putih

Cara pembuatannya:

Terlebih dahulu tumis bawang merah hingga harum lalu masukan semua bahan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya dan tambahkan daun kunyit, serai, daun jeruk, aduk bumbu hingga semuanya tercampur merata, beraroma harum dan matang. Lanjutkan dengan memasukkan daging sapi sambil diaduk hingga bumbu tercampur dengan baik baru kemudian tuangkan santan kelapa.

Tunggu beberapa saat, selanjutnya masukkan gula merah, garam serta asam kandis dan masak daging sapi hingga daging sapi menjadi lebih empuk. Tambahkan kelapa parut sangarai dan aduk kembali daging sapi hingga semua bahan dan bumbu tercampur merata serta kuah rendang padang mengering dengan sempurna. Bila air sudah menyerap kedalam daging tirisakan dan tunggu sampai daging tidak terlalu panas sebelum dikemas ke dalam plastik.

Selain rendang kering, rendang basah juga bisa dibuat lebih tahan lama asal cara penyimpanan dan kemasan yang digunakan benar. Untuk rendang basah biasanya pengusaha menggunakan teknik penyimpanan vacuum dengan mesin vacuum sealer.

Caranya, rendang dimasukan dalam plastik tahan panas kemudian di vakum. Setelah itu, rendang yang sudah di dalam kemasan disterilisasi dengan cara dikukus. Melalui proses tersebut membuat daya tahan Rendang bisa sampai setahun tanpa pengawet.

Keripik Paru

Kalau Anda ke salatiga, menu yang satu ini wajib dan harus dibeli untuk oleh-oleh. tidak hanya dikenal di salatiga saja, menu ini juga jadi masakan andalan orang Padang. Rasanya yang gurih dan awet disimpan dalam jangka waktu yang lama membuat menu ini sangat tepat Anda jadikan usaha sampingan saat Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

Sajian ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti tepung beras, tepung sagu, ketumbar, asam jawa, garam, dan penyedap rasa dan tentunya irisan paru sapi dengan ketebalan yang tidak telalu tebal dan harus diberi bumbu serta dijemur terlebih dahulu agar paru lebih renyah. Cara pengolahannya tidak terlalu rumit dan juga tak membutuhkan peralatan-peralatan khusus.

Cara membuat keripik paru:

Masukkan bumbu halus dan larutan air asam jawa ke dalam wadah. Gunakan untuk membumbui paru sapi yang sudah diiris tipis, diamkan selama 30 menit supaya meresap. Susun paru yang sudah dibumbui di atas loyang, dan jemur kedua sisinya dibawah sinar matahari sampai kering selama 40 menit, kemudian angkat. Sembari menunggu paru sapi siap digoreng, masukkan semua bahan dan bumbu untuk membuat adonan tepung ke dalam wadah, aduk rata sampai licin.

Setelah itu goreng paru yang telah dikeringkan dengan menggunakan api sedang. Goreng sambil dibolak-balik sampai kering, lalu tiriskan. Tunggu sampai minyak di keripik tiris kemudian susun paru ke dalam kemasan.

Untuk kemasan sebaiknya pilihlah kemasan yang kedap udara agar keripik paru tidak alot dan bisa tahan lama. Anda bisa menggunakan toples atau plastik yang disegel dengan hand sealer. Namun kalau Anda ingin keripik paru lebih awet, sebaiknya gunakan cara pengemasan vacuum sealer seperti mengemas rendang basah tadi.

Tempe Dengdeng Kering

Tidak hanya nikmat disajikan bersama nasi, tempe adalah salah satu bahan makanan yang paling mudah didapatkan dan juga murah. Cara pengolahannya pun tidak begitu rumit, cukup goreng tempe, buat sambalnya, kemudian keduanya ditumis sampai sambal tercampur rata dengan tempe.

Peluang usaha tempe kering ini sangat potensial dijalankan di Indonesia karena cocok dengan lidah masyarakat di kota manapun. Sangking banyak peminatnya pengusaha pun mulai memodifikasi sajian ini dengan berbagai bahan makanan lainnya, misalnya ditambah dengan kentang kacang, teri, pete bahkan dengan tambahan daging deneng. Kalau Anda berminat untuk mulai usaha tempe dendeng yang renyah ini berikut cara membuatnya.

  • 150 gr daging gandik, iris tipis, jemur kering
  • 250 gr tempe, iris tipis lebar
  • 10 butir bawang merah, iris tipis
  • 5 buah cabai merah keriting, iris serong tipis
  • 20 buah cabai rawit, iris tipis
  • ½ sdt garam
  • 3 sdm gula merah
  • ½ tomat
  • 1 sdt asam jawa, larutkan dengan 3 sdm air
  • 1 lembar daun salam
  • 1 batang serai, memarkan

Bumbu halus

  • 4 siung bawang putih
  • 1 ½ cm lengkuas

Cara membuat

Tahap pertama goreng masing-masing bahan hingga kering, daging, tempe, bawang merah, cabai merah dan cabai rawit bila sudah tiriskan dan tunggu sampai tidak terlalu panas. Setelah itu campur rata dan sisihkan. Kemudian panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan garam, gula merah, air asam, daun salam dan serai. Aduk hingga gula larut dan kental. Selanjutnya masukkan semua bahan gorengan dan aduk cepat hingga semua terlumuri bumbu, angkat dan diamkan tunggu sampai dingin sebelum dimasukan ke wadah kemasan.

Kmi sarankan sebaiknya sambal digoreng sampai kering agar tidak cepat basi. Selain itu hindari pemakaian tomat yang terlalu banyak karena sambal akan cepat bau jika dicampurkan dengan tomat yang terlalu banyak.

Ikan Tepung Krispi Kemasan

Makanan dengan tekstur krispi sudah memiliki tempat di lidah masyarakat Indonesia di bagian manapun. Sajian satu ini memang bukan makanan asli Indonesia. Adalah resto cepat saji seperti KFC dan McD yang membawanya hingga dikenal oleh masyarakat di tanah air. Sajian ini pun dimodifikasi ulang oleh sebagian pengusaha dengan dibuatnya menu makanan dengan tektur renyah, salah satunya ikan dengan tepung krispi.

Achmad Qomari adalah salah satu pengusaha asal Madura yang berkecimpung ke dalam bisnis ikan krispi ini. Ikan teri dipilihnya sebagai bahan utama masakan homemade miliknya. Selain enak dan renyah, lauk kemasan ini ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain adalah mencegah osteoporosis atau kropos tulang karena mengandung kalsium yang tinggi. Tidak hanya enak dan bermanfaat, ikan teri krispi ini juga sangat mudah dibuat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu:

  • 250 gram ikan teri basah kecil, cuci bersih, tiriskan
  • 150 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt lada putih bubuk
  • 1/4 sdt ketumbar bubuk
  • 100 ml minyak goreng

Cara membuatnya:

Pertama campurkan tepung terigu dengan lada putih dan ketumbar, haduk sampai rata. Ambil sebagian ikan teri tempatkan pada piring datar, taburi dengan tepung dan aduk perlahan. Setelah ikan dilumuri semua dengan tepung goreng dengan minyak panas, sampai kering atau sampai tepung berwarna kuning keemasan lalu angkat. Lakukan hal yang sama sampai selesai dan bisa sudah semua tunggu sampai minyak di ikan tiris kemudian bisa disimpan ke dalam wadah kemasan.

Bila Anda sudah menentukan menu lauk kemasan apa yang ingin dijual, selanjutnya adalah tahap penjualannya. Meskipun saat bulan puasa makanan instan dan praktis disajikan ini banyak sekali peminatnya, tapi bukan berarti Anda bisa bersantai-santai menunggu pelanggan saja. Sama saja seperti bisnis lainnya, perlu strategi pemasaran agar produk yang Anda buat laku dipasaran. Lalu bagaimana  caranya?

Buat kemasan semenarik mungkin

Kamasan yang menarik adalah langkah yang paling mudah untuk mendatangkan pembeli. Mengapa begitu? karena sebelum membeli pastinya hal pertama yang dilihat konsumen adalah kemasan. Kemasan unik biasanya jadi pilihan konsumen saat membeli suatu produk. Begitupun sebaliknya untuk produk yang tidak dikemas dengan rapih dan menarik. Untuk itu, kemasan sering dianggap sebagai unsur penetu pilihan konsumen.

Pastikan kemasan bisa membuat lauk lebih awet

Tidak hanya menarik, kemasan pun juga harus disesuaikan dengan produk apa di dalamnya. Selain sebagai daya tarik konsumen, kemasan juga berguna untuk melindungi produk. Untuk itu, pemilihan jenis kemasan perlu dipertimbangkan.

Pemilihan kemasan seharusnya ditentukan dari bagaimana agar produk di dalamnya bisa awet dan terjaga sampai di tangan konsumen. Selain itu, cara pengemasannya pun harus disesuaikan. Misalnya untuk masakan basah, sebaiknya gunakan teknik pengemasan kedap udara atau yang bisa disebut vacuum sealer. Sedangkan untuk produk yang kering, Anda bisa menyegel kemasan dengan hand sealer atau toples yang tersegel.

Jangan lupa memberikan label pada kemasan

Bagi Anda yang ingin memulainya dalam skala rumahan, Anda dapat memulainya dengan memperhatikan cara pengemasannya terlebih dahulu. Pengemasan yang baik penting agar lauk di dalamnya tetap dalam kondisi yang layak konsumsi saat di tangan konsumen. Selain itu, yang tak kalah penting adalah labeling pada kemasan. Namanya usaha makanan Anda perlu menyertakan informasi produk pada kemasannya. Ada 7 hal yang perlu Anda sertakan pada label kemasan makanan Anda, seperti nama produk, info berat produk, informasi produsen, komposisi, tanggal kadaluarasa, legalitas dari lembaga terkait, dank ode produksi.

Cara Memasarkan Lauk Kemasan

Untuk pemasaran, pertama coba lah untuk menawarkannya dilingkungan sekitar rumah Anda atau di tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang. Saat bulan Ramadhan, biasanya taman jadi tempat favorit yang sering dikunjungi sore hari sambari menunggu adzan magrib. Jadi pilihan lain, taman bisa dipilih untuk jadi tempat mempromosikannya lauk kemasan buatan Anda. Selain membuka lapak di tempat umum, media sosial dan marketplace online seperti Tokopedia, Bukalapak atau OLX jadi alternatif tempat promosi produk Anda lainnya.

Buat promo menarik

Strategi lain yang ampuh untuk memasarkan produk Anda adalah dengan memberikan potongan harga atau promo menarik lainnya. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk mendatangkan pembeli. Namun jangan sampai Anda rugi besar karena memberikan promo ini. Berikan masa berlaku untuk setiap promo yang Anda tawarkan.

LEAVE A REPLY