Mau Produk UKM Anda Diterima Retail Besar? Ini Tipsnya

Semakin tingginya persaingan pasti mengharuskan pengusaha untuk pintar-pintar menemukan strategi pemasaran yang terbaik. Kalau tidak, bukan tidak mungkin mereka akan tenggelam dengan semakin bertumbuhnya saingan-saingan baru. Khususnya UKM, banyak yang menyepelekan kehadiran produk UKM di pasar nasional. Padahal nyatanya banyak sekali produk UKM yang kualitasnya sama seperti produk besar lainnya bahkan produk Internasional. Bagaimana UKM bisa bertahan ditengah gempuran persaingan yang kian ketat ini? adalah dengan melebarkan pemasarannya melalui pasar retail. Tentunya ini merupakan impian bagi sebagian besar pelaku usaha kecil menengah. Selain dapat mendongkrak penjualan, cara ini juga dapat memberikan kesan bahwa produk tersebut prestisius.

Semakin meningkatnya jumlah UKM di Indonesia pun membuat pemerintah ikut andil berperan untuk mengembangkannya. Sehingga selain memberikan kesempatan pada UKM untuk bisa mengikuti pameran, pemerintah juga bekerja sama dengan pasar retail modern di Indonesia seperti misalnya Carrefour, Ranch Market, 7 Eleven dan lainnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini GoUKM akan membagi beberapa tips bagaimana caranya agar produk UKM menembus distribusi ke pasar retail modern tersebut.

Berikan penawaran margin yang menarik

Dalam menentukan margin sebaiknya perhitungkan dahulu harga eceran produk yang kita buat. pastikan marginnya memenuhi minimum yang dipersyaratkan untuk bisa masuk retail tertentu. Jadi sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai retail yang ingin tuju. Seperti biaya-biaya yang harus ditanggung oleh mereka untuk penyimpanan barang hingga promosi untuk mendatangkan pembeli dan lainnya.

Presentasikan produk Anda kedepan klien

Langkah ini lah yang paling efektif untuk mendapatkan deal dari mitra retail. Dengan melakukan pengenalan produk secara langsung, mereka bisa langsung menilai apakah produk Anda berpotensial atau tidak untuk bisa ditampilkan di rak-rak supermarket mereka. Bila produk yang Anda produksi tidak bisa ditampilkan Anda bisa menunjukan foto produk dan menjelaskan detail produknya.

Pastikan produk UKM bersertifikasi

Poin berikut ini berlaku untuk sebagian produk saja misalnya seperti makanan, minuman, obat atau kosmetik. Tentu para retailer tidak ingin mengembil resiko dengan memberikan kesempatan produk UKM yang tidak jelas keamanan produknya. Untuk itu mengapa setiap produk yang ingin didistribusikan di retail-retail besar sudah memiliki sertifikasi yang mendakan produk tersebut legal untuk dipasarkan.

Sertakan marketing kit

Apa itu marketing kit? Digunakan untuk mitra kerja yang ingin mengetahui tentang informasi produk Anda dan perusahaan. Jadi Anda menyertakan informasi mengenai produk, profil perusahaan, informasi kontak, penawaran harga, hingga draft perjanjian kerjasama dan form pemesanan. Jangan hanya tinggalkan brosur dan informasi produk saja.

Jelaskan mengapa produk Anda pantas didisitribusikan oleh retailer

Ini adalah tahap untuk meyakinkan retailer bahwa produk Anda akan laku di saat dipasarkan. Jadi Anda perlu memberikan penjelaskan entang bagaimana penjualan Anda sebelumnya. Selain itu kita juga wajib menunjukan komitment untuk melakukan promosi yang dapat mendorong penjualan di retail tersebut.  Dengan ini Anda bisa membuktikan pada retailer bahwa Anda serius ingin memasarkan produk, dan memperkecil kemungkinan mereka akan menimbun produk-produk yang kurang laku.

Perbaiki kemasan dan produk

Dan yang tak kalah penting adalah kemasan serta produk Anda, banyak yang beranggapan ah kalau produknya memang berkualitas kemasan tidak terlalu penting. Atau sebaliknya kemasan lebih penting ketimbang produknya. Kedua hal tersebut salah besar! Kemasan seperti first impression untuk menentukan kosumen ingin mencoba produk Anda atau tidak, namun kualitas produk adalah penentu kosnumen akan setia pada produk Anda atau tidak. Nah, kalau Anda sepelekan keduanya sudah pasti Anda tidak akan mendapatkan konsumen. Inilah yang juga diperhatikan oleh retailer.

Syarat  menjadi supplier toko retail

Bila para sahabat UKM ingin mencoba menaruh produk Anda berikut ini prosedur dan syarat yang harus dipenuhi:

Syarat produk:

– Jenis produk merupakan food dan non-food yang disesuaikan dengan target market atau segmen retailer.

– Produk kemasan rapi, higenis dan modern.

– Kulitas dan harga haruslah kompetitif.

– Dapat memasrikan produk aman bagi konsumen; dalam artian tertera produsen dan distributor, ukuran, registrasi dari departemen kesehatan atau terkait, tanggal kadaluarsa, halal, barcode.

Syarat pemasok:

– Melengkapi form aplikasi produk dan pemasok.

– Berkomitmen atas pemenuhan order, jadwal pengiriman, dan sistem pembayaran.

– Membuat usulan kerjasama promosi.

– Bersedia melakukan evaluasi penjualan.

Bila Anda sudah memenuhi syarat-syarat di atas, silahkan mencobanya. Caranya bisa mendatangi langsung kantor marketing retailer atau bisa mengirimkan email proposal kerjasama dan marketing kit. Pastikan Anda memasukan semua informasi yang sudah kami jelaskan di atas ya. Jika dari pihak merchandise tertarik dengan penawaran yang Anda berikan, maka Anda akan diminta untuk bertemu untuk memperkenalkan produk Anda.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY