Begitu Banyak Pilihan Waralaba. Simak Dulu, Tips Memilih Waralaba yang Menguntungkan

Tips Memilih Waralaba

Berbisnis memang bukan ajang percobaan karena membutuhkan tenaga, waktu dan modal. Namun bagi yang belum memiliki pengalaman dalam berbisnis tentunya merupakan ajang percobaan meski tetap berharap mendapatkan keuntungan. Tentunya waralaba menjadi bisnis yang direkomendasi untuk Anda. Namun Anda harus jeli dalam memilih usaha waralaba yang menguntungkan.

Karena tidak semua usaha waralaba menguntungkan bahkan ada yang mengalami kerugian. Di Indonesia sendiri waralaba membawa dampak positif karena bisa menyerap tenaga kerja hingga 80 persen. Dan kebanyakan yang memulai bisnis waralaba adalah pemula.

Bagi Anda yang baru mau memulai bisnis di Indonesia sendiri kini tercatat sekitar 698 waralaba yang jumlah gerainya mencapai 24.400 yang terdiri dari 63% waralaba dan business opportunity lokal dan 37%  waralaba asing. Anda bisa bebas memilih usaha waralaba yang menguntungkan menurut perkiraan Anda. Industri waralaba ini mampu menyerap tenaga kerja hingga 150 ribu tenaga kerja dengan omzet mencapai Rp172 triliun

Anda pun tak perlu takut untuk memilih bisnis waralaba karena pemerintah sendiri telah memberikan fasilitas sekitar 600 pelaku usaha waralaba yang memiliki potensi untuk diwaralabakan baik dalam bentuk penyediaan stan pameran di dalam maupun di luar negeri. Pemerintah sendiri telah sengaja memfasilitasi agar para pelaku waralaba semangat dalam menjalankan usaha.

Sebelum Memulai Usaha Baca Tips Memilih Usaha Waralaba Untuk Pemula

Pilih Waralaba Sesuai dengan Minat Apa (Passion)

Meskipun ini menjalankan bisnis waralaba. Anda tetap harus memilih bisnis waralaba yang sesuai dengan passion Anda.  Karena passion sangat berpengaruh terhadap semangat Anda dalam bekerja. Biasanya jika sesuai dengan passion maka Anda akan serius menekuninya dan membuat usaha Anda lebih cepat berkembang.

Waralaba yang bisa dipilih seperti bidang kuliner, salon (kecantikan), pendidikan (bimbel), olahraga (fitness), Jasa (pengiriman), Entertainment, Laundry, Otomotif (bengkel), properti, biro perjalanan (travel), fashion, kesehatan, minimarket, dan lain-lain.

Sesuaikan Waralaba dengan Budget Anda

Membuka usaha waralaba tentunya akan mengeluarkan budget yang lebih banyak dibandingkan jika membuka usaha sendiri. Karena usaha waralaba merupakan usaha yang telah sukses dijalankan. Sehingga kita hanya meneruskan saja tanpa harus sibuk mempromosikan karena tanpa perlu dipromosikan orang sudah tahu merek dagangnya. Jadi jangan kaget jika Anda harus mengeluarkan budget yang lebih besar.

Namun jangan khawatir karena waralaba cepat menguntungkan jadi meskipun Anda mengeluarkan uangnya dalam jumlah besar Anda akan cepat balik modal. Tetapi jika Anda memang tak memiliki cukup modal, Anda bisa memilih waralaba lainnya yang modalnya lebih sedikit. Karena di Indonesia kini telah memiliki gerai waralaba yang jumlahnya mencapai 24.400. Anda bisa memilih sesuai dengan budget Anda.

Hitung dengan rinci budget Anda, jangan sampai karena usaha waralaba Anda tak memiliki tabungan. Setidaknya Anda harus memiliki dana cadangan hingga 12 bulan apalagi jika Anda tak memiliki pekerjaan selain usaha waralaba tersebut. Jangan karena menjalankan waralaba ini Anda menjadi stres karena tidak memiliki uang untuk kebutuhan sehari-hari.

Pilih Usaha Waralaba yang Mudah Dijalankan

Memilih waralaba yang mudah dijalankan seperti mutlak bagi pebisnis pemula yang belum memiliki pengalaman. Sehingga Anda tak kerepotan dalam menjalankannya. Misalnya Anda memilih bisnis minuman segar yang cukup dituang ke gelas plastik dengan dispenser kemudian dikemas dengan plastik.

Bisa juga Anda waralaba es krim yang sudah tersedia dalam freezer jadi Anda tinggal tuang sesuai dengan takaran ke gelas es krim. Sebaiknya jika Anda tidak pernah memasak jangan mencoba usaha waralaba makanan karena Anda akan mengalami kesulitan meskipun terlihat sangat mudah.

Pilih Waralaba yang Banyak Dicari Konsumen

Meskipun waralaba usahanya telah terkenal bukan berarti Anda bebas dalam memasarkan. Waralaba Anda harus tetap dipromosikan hanya saja promosinya tak mulai dari awal. Biasanya waralaba yang paling banyak dikonsumsi adalah makanan. Sehingga ada baiknya Anda memulai usaha kuliner saja karena tiga kali lebih sering dicari dibandingkan dengan waralaba lainnya,

Kenali Lebih Dalam Waralaba yang Akan Menjadi Mitra Anda

Sebelum memutuskan untuk bergabung menjadi mitra dari sebuah waralaba ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu calon mitra Anda. Kumpulkan sebanyak-banyaknya calon mitra Anda. Sudah berapa tahun usaha tersebut, latar belakang didirikan, telah memiliki berapa mitra dan pelajarilah dengan saksama sistem kerja sama yang ditawarkan.

Waralaba yang  bisa direkomendasikan adalah waralaba yang sudah berjalan lebih dari empat tahun dan memiliki ratusan cabang, selain itu tidak memiliki modal yang besar sehingga bisa memiliki potensi yang cukup baik. Karena sudah bisa terbukti dengan lamanya waralaba tersebut bertahan.  Ada baiknya Anda juga memiliki calon mitra yang lain sebagai pembanding sehingga Anda bisa melihat yang mana yang cocok untuk Anda.

Pilih Lokasi yang Strategis

Jika ada pepatah yang mengatakan bahwa lokasi menentukan prestasi ternyata benar adanya. Pilihlah lokasi yang strategis untuk membuka bisnis waralaba ini. Pilihlah lokasi yang dekat dengan jalan raya dan angkutan umum.  Misalnya di sekitar stasiun, halte, sekolah, perkantoran, pasar dan lain-lain. Dan ada baiknya pilih lokasi yang dekat rumah Anda sehingga Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi.

Jangan Buka di Mall

Meskipun mall merupakan tempat yang strategis dan banyak pengunjungnya tapi jangan buka di mall, apalagi bagi Anda yang masih pemula sekali dalam berbisnis. Karena harga sewa di mall dibandingkan dengan harga sewa di tempat lain sangat besar.

Bagi seorang pebisnis pemula yang harus mengeluarkan uang puluhan juta hanya untuk sewa tempat saja justru membuat bisnis Anda menjadi tidak sehat. Karena akan terbebani dengan biaya sewa.

Waralaba Es Krim Meski Banyak Kompetisi Tetap Banyak Yang Mencari

Jika Anda ingin waralaba yang peminatnya paling banyak meski banyak kompetisi Anda bisa mencoba waralaba es krim. Sajian yang biasa disajikan sebagai dessert ini hampir semua orang menyukainya baik anak-anak, remaja, hingga orang tua.

Di Indonesia sendiri bermunculan jenis waralaba-waralaba es krim, sebut saja Campina, d’Raos, Ice Cream Bowl, Es Krim Nitrogen, Es Krim Wall, Hulala Ice Cream dan lain-lain. Bahkan kini sudah ada berbagai macam inovasi es krim seperti es krim pot, es krim goreng, es krim kuburan, es krim spageti dan lain-lain. Jika Anda mau, Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah dan mulai mewaralabakannya.

Berikut Beberapa Waralaba Es Krim yang Direkomendasikan Untuk Anda

Waralaba ini didirikan oleh orang asli Probolinggo Jawa Timur, Syarifuddin Zuhri. Usaha es krim yang diberi nama d’Raos ini dirintis sejak tahun 2008 dan memproduksi dua jenis es krim yakni soft es krim dan hard es krim.

Es krim tersebut memiliki berbagai rasa seperti vanila, stroberi, coklat, kopyor, kacang hijau, durian dan leci. Kini es krim tersebut dipasarkan tak hanya lewat offline namun juga online sehingga tak hanya bisa diwaralabakan di Purbolinggo namun juga beberapa kota di Indonesia. Latar belakang Syarifudin membuka usaha ini karena es krim di Indonesia kebanyakan impor padahal Indonesia mampu membuat es krim sendiri.

Berapa Investasi untuk D’Raos Es Krim?

Untuk menjadi mitra waralaba ini Anda bisa memilih ingin menjadi mitra waralaba yang mana. Ada dua pilihan yang tersedia yaitu Master Distro biaya investasi hanya Rp5Juta dan Master Franchise Rp 8Juta. Bedanya Master Distro dapat memproduksi merek d’Raos untuk didistribusikan kepada Depo dan Mitra Outlet yang penjualannya hanya di sekitar wilayah kota/kabupaten Master Distro.

Baca Juga : Mesin pembuat es Krim

Selain itu berhak juga untuk mendapatkan supply bahan dan merekrut agen-agen di bawahnya, Master Distro juga memasarkan dengan merek dagang d’Raos Ice Cream. Selain itu Master Distro juga bisa berkesempatan untuk mengelola bisnis dengan model marketing yang sama persis seperti membuka Depo Isi Ulang Es Krim Galon, baik untuk penjual sepeda keliling, gubuk es krim pesta, kedai, kafe, istana es krim dengan memasang gerai freezer box ice cream di toko-toko, warung atau tempat lainnya.

Hanya saja untuk mengantisipasi adanya kompetisi antar Master Distro dalam marketing maka dibatasi jumlah Master Produksi di tiap wilayah/kota. Juga untuk area pemasaran dibatasi, tidak bisa sampai lintas kota maupun lintas provinsi.

Sementara menjadi Master Franchise biayanya lebih besar Rp8juta karena memiliki hak untuk memproduksi es krim dengan bahan formula d’Raos Ice Cream, mendapatkan supply bahan kontinyu dan merekrut agen-agen di bawahnya.

Selain itu master franchise juga memiliki kesempatan untuk memperbaiki model marketing es krim. Tak hanya itu tak seperti menjadi master distro untuk pemasaran, tak ada pembatasan sehingga bisa untuk lintas kota maupun lintas provinsi se Indonesia.

Selain Es Krim Anda Bisa Coba Waralaba Yoghurt yang Sedang Menjadi Trend Saat Ini

Tips Memilih Waralaba

Yoghurt memang telah lama beredar di Indonesia namun bisnis ini masih jarang. Meski begitu bisnis ini diprediksi akan tumbuh pesat di Indonesia. Bahkan dalam riset AC Nielsen tertulis bahwa pertumbuhan pasar Yoghurt di Indonesia telah meningkat 15% di tahun 2011 dari Rp265,4 miliar menjadi Rp305,3miliar per tahunnya.

Jumlah tersebut memang tak sebanyak es krim yang banyak penggemarnya. Hal tersebut wajar karena Yoghurt rasanya agak masam. Kebanyakan yang konsumsi Yoghurt adalah orang yang alergi terhadap susu namun dia harus meminum susu.

Nilai kandungan gizi Yoghurt tidak kalah dengan produk-produk susu lainnya. Bahkan kandungan yoghurt ada yang tidak dimiliki oleh susu. Dan bila dikonsumsi secara rutin maka Yoghurt bisa menghambat kadar kolesterol darah. Karena minuman ini mengandung laktobasilus.

Harga yoghurt dibandingkan dengan susu atau es krim pun terbilang mahal. Hal tersebut wajar karena proses pembuatan yoghurt memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Biasanya satu porsi Yoghurt bisa mencapai Rp7.000 hingga Rp15.000. Harga ini biasanya tergantung dari lokasi penjualannya.

Biasanya harga akan lebih mahal jika di jual di tempat rekreasi atau pusat perbelanjaan (mall). Untuk membuka usaha ini Anda bisa mencobanya di dekat lingkungan sekolah atau kampus. Karena umumnya yang banyak membelinya adalah remaja dan anak-anak.

Berikut Waralaba Yogurt yang Direkomendasikan Untuk Anda. Waralaba Hai-Yo Yogurt Blend Hanya Rp1,75Juta Saja.

Waralaba ini didirikan oleh CV Sinar Manna Sejahtera Ini  merupakan pionir dari waralaba Yoghurt. Minuman yang telah memiliki enam varian rasa ini telah lolos uji sertifikasi dari MUI. Selain itu untuk waralaba ini juga terbilang murah karena investasi modal awal hanya 1,75 juta saja.

Meski modalnya sedikit namun Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga belasan juta rupiah. Karena minuman ini didirikan bukan hanya mencari keuntungan namun juga memberikan peluang usaha kepada masyarakat sekitarnya sehingga bisa mengurangi angka pengangguran. Hai Yo mengklaim bahwa mereka adalah pelopor waralaba minuman yoghurt berbahan baku bubuk pertama di Indonesia. Haiyo merupakan perusahaan yang mengolah yoghurt secara modern.

Meskipun diolah secara modern namun Yoghurt ini tidak menggunakan pemanis buatan sehingga aman untuk dikonsumsi. CV Sinar Manna Sejahtera memproduksi Yoghurt juga sesuai dengan aturan pemerintah yang mementingkan kesehatan dan kandungan gizi. Selain itu Haiyo juga diproduksi layaknya susu bayi yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

Jika Anda ingin mengikuti waralaba ini Anda bisa memilih beberapa paket yaitu

  • Paket Meriah dengan membayar Rp1.750.000
  • Paket Hore dengan membayar Rp3.500.000
  • Paket A dengan membayar Rp5.500.000
  • Paket A+ dengan membayar Rp6.500.000
  • Paket B dengan membayar Rp6.900.000
  • Paket C dengan membayar Rp8.500.000

Berikut Waralaba Terbaik Indonesia 2016 yang Telah Mendapat Penghargaan dari Pemerintah

Jika Anda masih bingung memilih usaha waralaba yang mana. Kami akan menyajikan waralaba-waralaba terbaik yang telah dianugerahi penghargaan oleh pemerintah.

Kategori Waralaba Pratama

Waralaba yang mendapatkan penghargaan ini adalah waralaba yang telah memiliki mitra usaha dengan masa operasi mitra usaha maksimal 2 tahun dan  telah memiliki gerai mitra 2-5 gerai. Yang mendapat penganugerahan adalah

Yagami Ramen House – CV. Satria Jaya Food

  • Bakso Alex – Bakso Alex
  • Klinikita – PT. Dokter Moez Indonesia

Kategori Waralaba Utama

Kategori waralaba ini sudah memiliki mitra usaha yang telah beroperasi lebih dari dua tahun lamanya atau telah memiliki jumlah gerai mitra usaha lebih dari 5 gerai. Berikut pemenangnya

  • Indomaret – Indomarco Primastama
  • Apotek K-24 – PT. K-24 Indonesia
  • Coffee Toffee – PT. Coffee Toffee Indonesia
  • Kategori Waralaba Global Indonesia

Perusahaan Indonesia yang sudah memiliki cabang di luar negeri dengan menggunakan pola waralaba. Berikut pemenangnya

  • Kebab Turki Baba Rafi – PT. Baba Rafi Indonesia
  • CO Donuts & Coffee – JCO Donut & Coffee
  • Alfamart – PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk

Kategori Waralaba Mancanegara

  • Kategori waralaba luar negeri yang telah beroperasi di Indonesia minimal 3 tahun
  • Pemenangnya adalah
  • Mc Donald’s – PT. Rekso Nasional Food
  • Roto Rooter – PT. Roto Rooter Perkasa

LEAVE A REPLY