Tips Memilih Tempat Kursus Untuk Tamatan SMA

kursus tamat sma

Lulus sekolah kok ikut kursus? Tamat SMA kok gak cari kerja atau kuliah? Pertanyaan ini yang bisanya akan didapatkan apabila kita memutuskan untuk mengikuti kursus setelah lulus SMA. Bagi sebagian orang mungkin memilih melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Namun banyak juga yang merasa tidak mampu untuk melanjutkannya, alasannya beragam karena tidak punya biaya, sudah bosan belajar atau mau langsung bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Sehingga akhirnya dipilihlah kursus atau pelatihan, tujuannya untuk menigkatkan keterampilan teknis yang siap pakai jadi mereka bisa langsung bekerja atau membuka usaha sendiri.

Nah kalau ingin meningkatkan keterampilan tidak perlu harus kuliah kan? Jadi kalau setelah lulus SMA Anda mau usaha keripik, caranya gampang ikuti kursus membuat kripik dulu biar mengerti cara buatnya bagaimana. Di kuliah pastinya Anda tidak akan mendapatkan ilmu itu. Saat memutuskan untuk menikuti lembaga kursus kita tentunya harus memilih lembaga kursus yang tepat. Untuk dapat memilih lembaga kurus yang tepat Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Sesuai dengan minat Anda

Seperti yang sudah kami bahas sebelumnya tujuan kita mengikuti kursus adalah untuk meningkatkan keterampilan yang kita miliki. Maka dari itu, pilihlah program kursus yang Anda sukai. Kami yakin sebagian dari Anda pasti ingin mengusai semua bidang, tapi lebih baik coba lah untuk menguasai 2 bidang terlebih dahulu. Tapi pastikan lagi kalau keduanya itu berkaitan. Misalnya Anda ingin sekali belajar membuat bakso akhirnya Anda mengikuti kursus bakso, nah untuk bidang kursus yang kedua cobalah untuk mengikuti kursus marketing yang berhubungan usaha bakso. Jadi keduanya bisa Anda gunakan bila suatu saat Anda membuka usaha bakso.

Memiliki pengajar yang professional

Materi akan bisa dicerna oleh peserta jika pengajar bisa menyampaikannya dengan baik. Bagaimana kita bisa tahu bahwa pengajar yang ada di lembaga tersebut professional dan berpengalaman? Caranya dengan mencari track record pengajar itu sendiri. Biasanya Anda bisa temukan itu di website kursus atau mendatangi langsung tempat kursusnya.

Metode pengajarannya

Pilihlah tempat yang metode pengajarannya lebih banyak ke praktik dari pada teori. Kabanyakan kursus keterampilan menggunakan metode 60% praktik dan 40% teori. Sebab jika terlalu terpaku pada teori peserta kemungkinan tidak bisa memecahkan masalah pada saat praktik, jadi percuma saja kursus. Nah dengan cara ini bertujuan agar peserta bisa lebih aktif dan bisa langsung menemukan jalan keluar jika terjadi masalah pada saat pembuatan produk.

Jumlah peserta kursus

Saat belajar Anda pasti menginginkan situasi yang intens jadi Anda bebas bertanya. Bila di satu kelas berisi lebih dari 20 orang, yah ini sama saja Anda belajar biasa di sekolah yang jumlah siswanya hampir 30 orang. Jadi Anda memerlukan fokus yang lebih agar ilmu yang diberikan bisa diterima. Berbeda jika kondisi kelas diisi tidak lebih dari 10 orang. Selain bisa lebih fokus, pengajar juga bisa memperhatikan Anda dengan mudah dan proses belajar pun bisa lebih efektif. Jadi pilihlah tempat kursus yang hanya menerima sedikit peserta dalam satu kelasnya. Karena banyak orang bisa membuat suasana bising, dan kesempatan Anda dalam bertanya, beraksi pun jadi berkurang.

Fasilitas

Selanjutnya pilihlah kursus yang memiliki fasilitas yang lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi perlengkapan pada saat praktik, ruangan yang dilengkapi dengan audio visual, Ac, dan pendukung lainnya sesuai dengan program kursus yang Anda pilih. Semakin lengkap fasilitas yang dimiliki tempat kursus biasanya lebih mahal jadi pastikan juga kalau budget yang Anda miliki cukup.

Biaya yang dibutuhkan

Selanjutnya adalah kantong Anda yang harus dipertimbangkan. Jika Anda mengikuti kursus dengan biaya sendiri di mana itu tidak seberapa, maka solusinya adalah pilihlah tempat kursus yang murah tapi memiliki sistem pengajarang yang baik dan pengajar yang professional. Biasanya untuk kursus 1 kali pertemuan itu biayanya lebih murah, jadi Anda bisa pilih kursus tersebut.

Lokasi kursus

Pilih lokasi kursus yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda. Ingat! Anda bukan sedang bekerja jadi jangan sampai dengan mengikuti kursus malah menambah pengeluaran Anda perbulan. Tidak hanya itu dengan memilih tempat kursus yang jauh juga bisa berimbas pada efesiensi waktu Anda.

Sesuaikan jadwal kursus

Tentukan jadwal kursus yang tak akan menggangu kegiatan Anda lainnya. Biarpun sudah tamat sekolah bukan berarti Anda tidak punya kegaiatan lain bukan? Keanggotaan yang masih Anda ikuti misalnya. Jadi, pastikanlah waktu kursus bisa disesuaikan tanpa harus mengenyampingkan kegiatan yang lain.

Testimoni alumni kursus

Hal lainnya adalah mencari referensi tentang kursus yang ingin Anda pilih sebanyak-banyaknya. Bisa melalui orang lain atau di forum-forum khusus yang membahas tentang lembaga kursu. Penilaian orang pasti berbeda-beda namun bila lebih banyak negatifnya dibandingkan positifnya sebaiknya cari tempat kursus lainnya yang memiliki reputasi yang baik.

Alternatif kursus yang bisa diikuti

Kursus komputer

Ilmu yang diberikan adalah terkait dengan kegiatan dasar komputer, Bahasa program dan masalah teknis misalnya reparasi komputer. Jika Anda memiliki ketertarika dalam di bidang komputer maka mulailah untuk mengikuti kursusnya untuk meningkatkan keterampilan. Mulai tahun 2000 sebenarnya kursus komputer sudah cukup diminati oleh masyarakat. Karena pada saat itu teknologi komputer merupakan hal baru yang dianggap canggih. Dan mulailah beberapa perusahaan mulai mencari pekerja yang memiliki sertifikat ketrampilan komputer. Pada saat ini, beberapa materi yang menjadi favorit masyarakat adalah jenis materi yang terkait dengan program spesialisasi. Seperti materi desain grafis atau juga pengolahan data dan juga materi tentang akuntansi.

Kursus cetak sablon

Keterampilan cetak sablon ini dibutuhkan dalam segala bidang bisnis. Untuk materi yang diberikan peserta akan belajar bagaimana membuat souvenir, membuat stempel, cetak separasi, cetak offset, dan lainnya. Setelah menempuh pelatihan ini kemungkinan Anda bisa langsung membuka usaha cetak sablon dengan modal sendiri.

Kursus komputer

Ilmu yang diberikan adalah terkait dengan kegiatan dasar komputer, Bahasa program dan masalah teknis misalnya reparasi komputer. Jika Anda memiliki ketertarika dalam di bidang komputer maka mulailah untuk mengikuti kursusnya untuk meningkatkan keterampilan. Mulai tahun 2000 sebenarnya kursus komputer sudah cukup diminati oleh masyarakat. Karena pada saat itu teknologi komputer merupakan hal baru yang dianggap canggih. Dan mulailah beberapa perusahaan mulai mencari pekerja yang memiliki sertifikat ketrampilan komputer. Pada saat ini, beberapa materi yang menjadi favorit masyarakat adalah jenis materi yang terkait dengan program spesialisasi. Seperti materi desain grafis atau juga pengolahan data dan juga materi tentang akuntansi.

Kursus cetak sablon

Keterampilan cetak sablon ini dibutuhkan dalam segala bidang bisnis. Untuk materi yang diberikan peserta akan belajar bagaimana membuat souvenir, membuat stempel, cetak separasi, cetak offset, dll. Setelah menempuh pelatihan ini kemungkinan Anda bisa langsung membuka usaha cetak sablon dengan modal sendiri.

Kursus manajemen keuangan

Menurut pelatih bisnis Brian Tracy, salah satu kunci sukses berbisnis berbisnis adalah yang mampu memanajemen keuangan dengan baik. Menurutnya ini dapat dibuktikan dengan meilihat kesuksesan para miliarder, di mana mereka mampu mengatur finansial mereka dengan baik. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin sukes pastikan Anda memahami bagaimana caranya mengatur keuangan. Tidak peduli Anda lulusan SMA atau bahkan SMP sekali pun karena Anda bisa mempelajarinya dengan mengikuti pelatihan.

Kursus public Speaking

Kemampuan public speaking yang baik juga bisa membawa kita menjadi orang sukses. Tidak percaya? Sudah banyak lulusan SMA yang berhasil jadi presenter bahkan pembawa berita karena kemapuan soft skillnya yang baik. Bahkan menurut sebuah riset dari New Charter University, kemampuan komunikasi oral merupakan salah satu aset yang paling berguna di dunia bisnis. Seperti yang dikutip dari Vantage PR, “Kemampuan komunikasi meningkatkan kemampuan kamu untuk berinteraksi dengan sesama profesional dan kolega dengan baik. Public speaking meningkatkan kemampuan ini dan membuat diri kamu tampak lebih bernilai untuk maju dan sukses di bidang yang dipilih.” Maka dari itu, kursus tersebut juga bisa jadi pilihan Anda yang baru tamat sekolah agar bisa mengasah kemampuan berkomunikasi Anda di depan banyak orang.

LEAVE A REPLY