Tips Manajemen Waktu Untuk Mencapai Sukses

tips manajemen waktu

Selain jeli dalam melihat peluang dan memiliki keberanian menghadapi resiko, waktu adalah hal yang krusial bagi pengusaha. Manajemen tidak terbatas pada pengelolaan staff, keuangan dan aset saja. Dalam mengelola bisnis, apalagi jika kita menjalani beberapa bisnis, tips manajemen waktu tentu harus diutamakan.

Pengusaha yang mampu mengatur waktu dengan baik biasanya tidak menemui kesulitan dalam mengelola bisnis. Dengan pengaturan waktu yang tepat, bisnis dapat berjalan dengan baik dan keuntungan siap menyusul.

Berikut adalah beberapa tips manajemen waktu Anda sebagai pengusaha:

  • Buat sebuah list hal-hal yang harus dilakukan

tips manajemen waktu yang pertama adalah To-do list. To-do list merupakan sebuah metode paling tepat untuk memulai hari Anda. Tuliskan rangkaian pekerjaan atau aktifitas yang harus dilakukan hari itu. Daftar tersebut dapat berupa urutan sesuai prioritas atau deadline. Letakkan daftar tersebut di tempat yang mudah dilihat seperti di layar komputer atau di dompet. Dengan begitu, Anda akan tetap ingat apa yang harus dilakukan ketika melihat daftar tersebut.

  • Ikuti setiap kegiatan sesuai dengan aturan-aturan

Hidup lebih teratur dan memiliki waktu luang untuk hal lainnya adalah keinginan setiap orang. Tidak terkecuali di kalangan pengusaha yang sibuk dengan berbagai pekerjaan. Ikuti aturan yang telah ditetapkan, contohnya saat ada meeting. Jangan terlambat dan jangan menunda-nunda agar Anda tidak kehilangan waktu untuk kegiatan lainnya.

  • Berani bilang tidak

Belajarlah untuk sekali-sekali mengatakan TIDAK dan menolak untuk melakukan hal yang tidak dapat Anda lakukan. Misalnya ajakan nongkrong bersama teman pada saat load pekerjaan sedang tinggi. Bukannya tidak boleh sama sekali, namun disesuaikan dengan prioritas Anda saat itu. Setelah sukses nanti, akan ada banyak waktu untuk menikmati hidup Anda kembali.

  • Jangan mengerjakan semua sendiri

Selain berperan sebagai leader, Anda juga merupakan seorang team player. Mulailah mengenali tugas mana saja yang dapat dikerjakan oleh orang lain dan percayakan kepada mereka. Belajarlah mempercayai tim Anda untuk membantu jalannya usaha Anda. Ini adalah cara yang paling tepat untuk memiliki waktu yang benar-benar Anda butuhkan.

  • Cara alternatif? Bisa!

Jika cara-cara di atas tidak cocok dengan gaya Anda mengelola waktu, Anda juga dapt menggunakan cara Anda sendiri. Jangan terpaku dengan tips-tips yang mungkin tidak cocok, percayalah pada naluri Anda. Terlebih lagi jika ada pekerjaan yang sulit diselesaikan dan membutuhkan waktu lama. Anda tidak boleh hanya diam karena waktu Anda sangat berharga. Oleh karena itu, percayalah dengan kemampuan Anda mencari jalan keluar untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan baik.

Dalam satu hari terdapat 24 jam yang dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, ayo manfaatkan agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia tanpa hasil. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk SahabatUKM, salam sukses!

LEAVE A REPLY