Mau Jualan Cepat Laku? Belajar Jurus Jual Produk Tanpa Harus Potong Harga

tips jualan cepat laku

Sebelum membahas tips jualan cepat laku, Anda bisa menjawab pertanyaan berikut ini. Bisa kah Anda menjual sebuah pulpen ke orang lain? Anda tentu berpikir bahwa ini adalah hal yang sangat mudah. Jelas saja bisa, toh hanya satu pulpen yang harganya dua ribu.

Benarkah? Tapi bagaimana jika Anda tidak mengetahui barang yang Anda tawarakan? Apakah Anda masih bisa menjualnya ke konsumen? Jawabannya adalah tidak. Karena pasalnya untuk menjual produk tidak semudah membalikan telapak tangan. Ada proses-proses yang harus Anda lewati agar berhasil menjual produk, yaitu pengenalan produk, penawaran, lalu barulah proses pembelian.

Dalam situasi jual-beli, penawaran adalah hal yang lumrah. Kadang konsumen ada yang sebisa mungkin melakukan penawaran dengan harga yang sangat rendah demi mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan harga terjangkau. Dan penjual akan merasa tidak enak bila harus melalui proses penawaran yang alot sehingga secara tidak sadar memperlakukan konsumen dengan tidak sopan. Bahkan ada yang sampai membentak konsumen karena menawar terlalu murah.

Nah untuk itu menjaga kredibilitas usaha Anda dan menghindari situasi seperti ini Anda harus mengetahui bagaimana cara ampuh untuk melakukan penjualan tanpa harus memangkas harga produk. Caranya bagimana? berikut GoUKM ringkas 7 tips jualan cepat laku produk tanpa harus potong harga.

Ketahui Spesifikasi dan Keunikan produk Anda

Mengetahui produk yang Anda jual wajib hukumnya. Jika Anda menguasai produk seperti sepesifikasi, kelebihan dan kekuarangannya maka Anda akan jauh lebih mudah untuk mengajak konsumen membeli produk Anda. Selain mengenali produk Anda juga perlu mengetahui perbandingan produk yang Anda tawarkan sengan pesaing. Kenapa hal ini penting? Karena dengan begitu konsumen akan lebih yakin membeli produk Anda.

Meluluhkan Konsumen dengan Bahasa yang Meyakinkan

Tidak hanya dengan memberikan informasi yang detail dan lengkap, konsumen lebih yakin dengan penjual yang cara berbicaranya lebih meyakinkan. Dari cara menjelaskan informasi produk dan juga menjawap pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang kegunaan dari produk yang Anda tawarkan. Untuk dapat meyakinkan konsumen hindarilah untuk mengungkapkan “menurut saya..” atau “mungkin” itu akan memberikan kesan Anda tidak yakin pada produk Anda sendiri.

Baca Juga : tips jualan di Car Free Day

Memberikan Pelayanan yang Responsif

Pelayanan yang lama jadi salah satu alasan para konsumen untuk tidak kembai lagi ke salah satu toko yang sebelumnya mereka kunjungi. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi pada saat Anda menawarkan produk. Untuk itu, mulai lah memberikan pelayanan yang cepat serta ramah. Intinya perlakukan konsumen sebagaimana Anda ingin diperlakukan jika menjadi pembeli. Semakin baik Anda yang Anda berikan maka semakin besar pula kemungkinan konsumen akan membeli produk yang Anda tawarkan.

Dengarkan Keluhan Konsumen dan Berikan Solusi yang Tepat

Pasti Anda pernah membeli produk berdasarkan rekomendasi dari orang lain. Nah Ini jurus berjualan yang juga cukup ampuh dan digunakan oleh para sales produk dan jasa. Di mana mereka memancing kosnumen untuk membeli dengan memberikan solusi masalah mereka. Ini juga termasuk dalam persuasion marketing, di mana persuasi sendiri diartikan sebagai bentuk komunikasi yang menguatkan pengaruh argumentasi agar menghasilkan komitmen untuk mengikuti tujuan dari bujukan. Jadi para penjual harus memahami prisnsip-prinsip persuasi sehingga dapat diaplikasikan pada saat proses penjualan produk.

Berikan “Komitmen Kecil” Kepada Konsumen

Pembeli tidak akan membeli produk bila tidak ditawarkan jaminan agar konsumen lebih percaya. Oleh karena itu buatlah komitmen kecil agar mereka lebih percaya dengan produk yang Anda tawarkan. Yang dimaksud komitmen kecil adalah bisa berupa jaminan. Bukan hanya garansi saja, bisa sertifikasi atau legalitas produk lainnya yang perlu dicantumkan pada produk Anda. Dengan melakukan sedikit komitmen kecil tersebut, secara tidak sadar calon pembeli Anda jadi terikat dengan Anda dan memiliki kepercayaan yang cukup kuat sehingga potensi pembelian jadi lebih besar.

Baca Juga : Jualan paling laris di pasar malam

Jalin Hubungan Baik Dengan Konsumen

Cara lainnya adalah dengan menjalin hubungan baik dengan konsumen karena akan jauh lebih mudah jika Anda sudah mengenal mereka dan apa keinginannya. Jadi Anda bisa menawarkan produk lain yang sesuai dengan kebutuhan. Selain promosi Anda tepat sasaran, besar kemungkinan konsumen-konsumen yang Anda kenal tersebut akan mau membeli produk yang Anda tawarkan tersebut.

Buat Promosi Bisnis Agar Konsumen Tertarik Membeli Produk Anda

Anda pasti suka melihat promosi potongan harga atau promo undian terbatas sampai waktu yang ditentukan. Ini lah cara lainnya agar produk Anda laku terjual. Maksudnya bagiamana, misalnya Anda menawarkan produk baju, menjelang akhir tahun buatlah promosi potongan harga beli dua gratis satu atau beli dua dapat kupon undian berhadiah. Tentunya akan banyak konsumen yang tertarik dengan penawaran yang jarang ada ini.

Buat Konsumen Mau Ikut Mempromosikan Produk Anda

Seperti yang kita tau bersama konsumen adalah salah satu unsur dibalik kesuksesan usaha kita. Karena tidak ada konsumen pastilah tidak ada pembelian, dan artinya kalau tidak ada pembelian maka tidak ada pemasukan. Peran konsumen tidak hanya sebagai pembeli dan pemakai produk Anda saja, tapi juga media promosi Anda. Di mana konsumen yang sudah menaruh kepercayaan pada produk Anda pasti akan merekomendasikan produk Anda ke orang terdekatnya. Untuk itu peluang untuk menghadirkan konsumen barupun akan kian bertambah.

Untuk mendapatkan penjualan yang fantastis Anda tentu tidak ingin mengambil resiko dengan memberikan potongan harga yang berlebihan. Untuk itu, pahamilah cara menjual produk yang efektif ke konsumen seperti yang sudah GoUKM sebutkan di atas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY