Tips Jadi Entrepreneur Wanita yang Sukses di Dunia Bisnis

Kesuksesan adalah impian setiap orang. Tidak ada batasan gender, umur atau bahkan status pendidikan untuk dapat meraih itu. Namun sayangnya, masih banyak orang yang memahami sebuah stigma yaitu sukses hanya bisa didapatkan oleh kaum pria. Itu mungkin dulu.

Jika kita melihat kondisi saat ini, sudah banyak wanita-wanita sukses yang menjadi sosok inspirasi bagi wanita lainnya, misalnya saja Diajeng Lestari yang sukses menjadi entrepreneur teknologi di Indonesia. Selain dirinya, masih banyak nama wanita lain yang tak kalah menginspirasi lewat pencapaian yang mereka raih.

Bagaimana mereka meraihnya? kerja keras dan tekad. Kedua faktor itu mungkin jawaban klise yang sering dituturkan pengusaha namun memang benar adanya. Tanpa kerja keras dan tekad yang bulat, kita pasti akan cepat menyerah suatu saat bisnis yang kita rintis mengalami kendala yang tidak bisa kita selesaikan dalam waktu singkat. Tapi selain kedua hal itu, masih banyak faktor yang bisa membuat Anda jadi entrepreneur wanita sukses. Nah, berikut ini GoUKM akan berbagi tips agar Anda dapat sukses menjadi pengusaha wanita.

Memiliki Visi yang Kuat

Visi adalah pandangan jauh yang ingin Anda capai kemudian hari. Salah satu faktor yang membuat seorang pengusaha berhasil dalam bisnis adalah visi yang jelas. Bicara tentang visi, setiap entrepreneur harus mempersiapkan apa impian yang hendak dicapai dalam bisnis tersebut.

Namun kebanyakan orang menilai bisnis sebagai aktivitas yang dijalankan dengan dasar “action, action dan action”, untuk itu mengapa banyak yang tidak memperhatikan apa yang ingin dicapai dalam waktu 10 tahun mendatang. Sehingga tidak mengherankan jika sebuah bisnis tidak akan mencapai kata sukses karena tidak ada goal yang ingin dituju.

Ikuti Passion, itulah Jalan Menuju sukses

Dalam bisnis bukan hanya memikirkan keuntungan saja, tapi juga semangat dan kecintaan kita terhadap pekerjaan yang kita jalani. Anda harus bisa mengenali potensi diri dan passion yang berhubungan dengan bisnis yang ingin dikerjakan.

Potensi diri akan “mempercepat” keberhasilan dalam bisnis dan ditambah lagi dengan hasrat yang kuat dalam diri untuk menjalankan bisnis tersebut. Namun, passion tidak hanya berkaitan dengan kecintaan kita terhadap sebuah pekerjaan tetapi juga peduli dengan pekerja, memotivasi orang lain juga termasuk ke dalam passion.

Belajar dari Ibu Marta Tilaar, salah satu pengusaha wanita  yang sukses di bidang kosmetik ini mengatakan bawa passion tidak hanya menjalani pekerjaan yang kita cintai, namun peduli dengan apa yang kita kerjakan, berbagi dan memotivasi orang lain dan menghargai konsumen juga termasuk ke dalam passion.

Selalu Optimis

Kebanyakan wanita cenderung memiliki sifat sensitif dan emosional. Bagi wanita yang memiliki kedua sifat ini mungkin belum pas jika terjun ke dunia bisnis. Sebab dalam berbisnis kita wajib untuk menjalin kemitraan dengan rekan bisnis untuk itu kita harus mengesampingkan kedua sifat tersebut agar hubungan antara Anda dan rekan bisa berjalan dengan baik. Cobalah untuk tetap optimis, dan teruslah belajar. Bila Anda gagal dalam satu hal anggaplah semua itu jembatan untuk menuju kesuksesan.

Ketahui Seluk Beluk Bisnis yang Ingin Dijalani

Bisnis itu bukan sekedar mengikuti tren saja, memang menguntungkan tapi pada saat waktu tertentu saja. Nah, bila Anda ingin serius menjalankan bisnis sebaiknya ketahui dahulu seluk beluk bisnis yang ingin dijalani mulai dari, bagaimana potensinya, modal yang dibutuhkan, siapa targetnya, dan bagaimana strategi marketing yang pas agar bisnis yang nantinya Anda jalankan bisa berjalan.

Manajemen Keuangan yang Baik

Wanita apalagi seorang ibu rumah tangga dikenal memiliki manajemen keuangan yang baik. Maka dari itu besar peluang wanita menjadi seorang entrepreneur sukses. Dalam keuangan usaha tersebut ada modal yang harus diputar kembali untuk menambah stok barang atau produk. Karena itu penting untuk Anda mengetahui cara mengurus uang kas bisnis jangan sampai uang masuk dan uang keluar tidak seimbang dan malah membawa bisnis Anda ke jurang kegagalan.

Tingkatkan Kepercayaan Diri

Saat Anda mengerjakan segala sesuatu dalam kehidupan pasti harus dimulai dengan rasa yakin bahwa Anda bisa melakukannya bukan? Nah, untuk itu, Anda memerlukan kepercayaan diri yang kuat agar tidak terkutang-katung saat menjalankan bisnis nantinya. Dengarkan pendapat yang bisa membangun diri Anda agar bisa lebih baik, dan singkirkan komentar miring yang bisa menjatuhkan Anda. Karena bukan mereka yang menjalani mimpi Anda, tapi Anda sendiri lah yang merangkainya serta mewujudkannya.

Temukan Bisnis Sesuai Kebutuhan Target Konsumen

Mengetahui selera pasar penting dilakukan sebelum memulai bisnis. Meskipun menyita waktu tapi tidak ada salahnya untuk melakukan riset kecil atas kebutuhan masyarakat atau calon konsumen yang ingin Anda tuju agar bisnis Anda relevan dengan kebutuhan mereka. Karena dari situlah kesempatan untuk berkembang bisa ditemukan.

Menjalin Komunikasi Intens dengan Mitra Bisnis dan Konsumen

Banyak cara untuk mengembangkan bisnis salah satunya adalah membangun hubungan kerja sama dengan perusahaan yang memiliki visi dan misi yang sejalan dengan perusahaan kita. Untuk itu tips lain yang perlu diketahui oleh pengusaha wanita adalah mengerti bagaimana menjaga hubungan baik, tidak hanya oleh mitra kerja namun juga oleh customer.

Pada saat membangun kerja sama dengan pelaku bisnis kita bisa dapatkan cukup banyak keuntungan, mulai dari ilmu bisnis, pengalaman, serta strategi bisnis, atau mungkin bisa juga berpeluang mendapatkan suntikan dana tambahan untuk mengembangkan bisnis Anda. Sementara itu, pentingnya menata hubungan baik dengan customer Anda bisa mendapatkan kesetiaan konsumen karena Anda memberikan pelayanan dan purna jual yang baik.

Selalu Inovatif

Salah satu cara agar produk Anda dapat menembus pasar yang lebih luas adalah dengan melakukan inovasi agar menambah nilai lebih pada produk dan merupakan cara jitu untuk mempermudah memasarkan produk Anda. Inilah yang dilakukan oleh seorang pengusaha wanita muda sukses Diajeng Lestari, CEO dan pendiri perusahaan fashion e-commerce Hijup.

Diajeng menjelaskan selama ia menjalankan bisnisnya ia selalu mementingkan inovasi dengan cara memperbarui produk-produk yang mereka pasarkan. Misalnya seperti pada saat pemilihan bahan dan desain yang lebih baik lagi. Jadi selalu Diajeng selalu melakukan evaluasi produk yang ada di situs marketplace miliknya.

Lakukan Sekarang Juga

Bisnis itu bisa dibaratkan seperti belajar, Meskipun seberapa sering kita membaca teori-teori, tapi kalau tidak dibarengi dengan praktik pasti kita tidak akan mahir di bidang tersebut. Begitu juga dengan bisnis, Anda mungkin sering sekali membaca teori dari beberapa pengusaha sukses, tapi jikalau masih takut untuk memulainya sudah pasti Anda tidak akan berkembang. Oleh karena itu, saat Anda memiliki sebuah ide usaha sebaiknya mulailah sebelum terlambat.

Memang tidak ada yang dapat memastikan bisnis Anda akan langsung sukses seketika, namun dengan kerja keras yang maksimal dan tekad yang bulat hal itu pasti akan terjadi dikemudian hari. GoUKM mengutip kalimat inspirational dari seorang pengusaha wanita muda Merry Riana, ia mengatakan berani memulai adalah awal dari segalanya, untuk itu Anda harus mulai merencanakan langkah awal yang diambil untuk mencapai kesuksesan.

SHARE
Content writer GoUKM dan event manager GoUKM Training Center. Contact saya di sucirahmadh@gmail.com.

LEAVE A REPLY