Tips agar Berbisnis Pulsa Tidak Bangkrut

Bagi pemula yang ingin memulai bisnis disarankan anda memulai usaha jual beli pulsa. Karena saat ini pulsa seperti makanan pokok yang setiap harinya pasti dibutuhkan. Namun memang perlu tips bisnis pulsa agar tidak mengalami kebangkrutan. Karena kebanyakan yang menjalani bisnis ini mengalami kebangkrutan.

Baca artikel terkait: 7 Bisnis Dengan Modal Dibawah 1 Juta

Berikut tips bisnis pulsa agar tidak bangkrut

  1. Jangan Menghutangi Orang yang Susah Ditagih

Biasanya jual beli pulsa secara elektronik lebih laku dibandingkan voucher zaman sekarang ini. Namun kelemahan dari pulsa elektronik biasanya pembeli tak bertatap muka dengan kita. Sehingga pembayaran dilakukan ketika bertemu saja. Dan kelemahannya terkadang sulit untuk bertemunya sehingga lama pembayarannya. Ada juga yang susah ditagihnya untuk mengatasi hal ini maka hindari seseorang yang lama atau susah untuk membayar utang. Apalagi yang sudah ditagih tak mau membayar. Karena hal yang seperti inilah yang bisa membuat kebangkrutan.

  1. Jangan Segan Untuk Menagih

Ada orang yang memang lupa untuk membayar utang pulsa maka lebih baik Anda mengingatkannya. Jangan segan untuk menagihnya apalagi buat yang sering berutang meskipun dia teman Anda. Karena hal seperti ini membuat anda tak balik modal.

  1. Beri Jangka Waktu Tertentu

Untuk orang yang membeli pulsa namun jarang bertatap muka dengan Anda karena kesibukan. Lebih baik Anda memberikan jangka waktu. Atau bertanya langsung kira-kira kapan bisa membayarnya. Buat jangka paling lama seminggu karena jika lebih justru membuat Anda kurang modal untuk membeli kembali pulsa.

4 Buat Catatan Khusus

Jangan malas untuk mencatat, siapkan catatan khusus atau buku khusus untuk merinci siapa saja yang membeli pulsa namun belum membayar.

  1. Pisahkan Antara Uang Pribadi dan Uang Pulsa

Hal yang paling menghambat bisnis adalah pencampuran antara uang pribadi dengan uang pulsa. Maka siapkan dua dompet, satu untuk uang pribadi yang satunya untuk uang pulsa. Sehingga Anda tahu apakah bisnis Anda untung atau rugi, berapa modal berikutnya untuk berjualan kembali.

  1. Jangan Menjual Nominal Pulsa dalam Jumlah Besar

Keuntungan justru didapat dari menjual pulsa dengan nominal yang besar. Bayangkan jika Anda hanya mengisi pulsa dengan nominal 250.000 dan pembeli Anda membeli pulsanya dengan dengan jumlah 100.000, 100.000 dan 50.0000 maka Anda hanya mendapatkan keuntungan Rp 5000, Rp 5000 dan Rp 2000 sehingga total keuntungan Anda hanya Rp 12.000. Sedangkan jika Anda menjual pulsa dengan nominal 10.000 yang keuntungannya Rp 2000 maka total keuntungan Anda bisa mencapai Rp 50.000.

Begitulah Tips Bisnis Pulsa agar tidak bangkrut. Selamat Mencoba 🙂

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY