Cara Alokasi Modal Usaha Untuk Bisnis UKM

alokasi modal usaha

Di dalam dunia bisnis diperlukan strategi untuk menghadapi persaingan yang kian ketat. Ditambah kini bisnis tidak hanya berwujud atau offline, sudah banyak yang memulai usaha dengan basis online. Di mana pelaku usaha kini sudah bisa memasarkan produk serta menjaring pasar tidak perlu dengan melakukan promosi besar-besaran lewat media cetak atau elektronik. Nah, untuk menyeimbangi perkembangan jaman ini, pengusaha harus memiliki strategi usaha yang tepat agar bisnis yang dijalaninya bisa berkembang. Cara alokasi modal usaha pun tidak luput diperhatikan oleh para pengusaha yang harus disertakan pada strategi bisnis mereka.

Berikut adalah fokus alokasi modal usaha yang harus diketahui oleh pelaku UKM.

Promosi dan Pemasaran Melalui Digital

Guna mendekatkan produk Anda dengan konsumen kini caranya tidak perlu dengan berikalan di media cetak ataupun elektronik. Semakin tingginya mobilitas masyarakat dan tingginya tingkat penggunaan internet membuat promosi melalui kedua media tersebut kian berkurang. Alih-alih mengunakan media tersebut, kini banyak pelaku bisnis yang memasang iklan melalui media online untuk memperkenalkan produknya. Cara ini sangat efektif, apalagi bila Anda mengusai ilmu digital marketing, kegaiatan pemasaran dan promosi akan sangat mudah. Namun bila Anda tidak memahami bidang tersebut, bisa gunakan modal Anda untuk menggunakan jasa professional.

Peralatan Kerja

Yang menjadi fokus selanjutnya untuk alokasi modal usaha adalah peralatan kerja. Produksi tidak akan lancar tanpa ada peralatan yang mumpuni. Untuk melakukan pemasaran saja dibutuhkan peralatan seperti software, gadget, bahkan kamera agar hasil promosi lebih optimal. Dan untuk produksi juga diperlukan, misalnya jika usaha Anda bergerak di usaha kripik pedas, diperlukan mesin untuk mengaduk bumbu kripik dan alat-alat masak seperti penggorengan, gas, kompor dan lain-lain.

Sumber Daya Manusia

Selain peralatan tentu akan membutuhkan sumber daya manusia untuk mengoperasikan mesin dan membuat produk. Mengapa sumber daya manusia atau karyawan cukup penting? Ini agar proses produksi serta pemasaran akan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, modal pun perlu dialokasikan untuk gaji karyawan. Apakah fokus yang satu ini bisa ditekan pemakaian modalnya? Jangan sampai Anda melakukannya. Mari kita berandai, bila Anda yang menjadi karyawan dan gaji yang diterima tidak sesuai dengan kinerja Anda, apa yang akan Anda lakukan? Pasti produktivitas dan semangat Anda akan menurun dan itu akan berpengaruh ke produk bukan? Nah tentu Anda tidak mau ini juga terjadi. maka dari itu berikan apresiasi ke karyawan dengan gaji yang sesuai dengan kinerja mereka.

Produk

Menghasilkan produk yang berkualitas baik itu produk jasa, barang atau makanan dan minuman tentunya memerlukan modal. Ada yang memerlukan modal kecil dan tidak, tapi untuk mendapatkan kepercayaan konsumen Anda harus memilih bahan-bahan yang berkualitas agar tidak mengecewakan konsumen. Untuk itu pengusaha perlu mengalokasikan modalnya pada produk milik meraka. Melalui produk yang berkualitas tentunya pemasaran bisa berjalan dengan mudah, karena sebaik apapun Anda melakukan pemasaran bila produk Anda tidak bisa diterima oleh konsumen maka akan sulit sekali mencapai penjualan sesuai dengan keinginan Anda.

Tempat usaha

Pada fokus ini memang cukup penting bagi usaha yang memerlukan tempat produksi. Namun kadang kala para pengusaha sering salah mengartikan, banyak yang beranggapan semakin besarnya modal yang disuntikan untuk investasi tempat usaha maka dapat dipastikan usaha akan berjalan sehingga melupakan faktor lainnya. Sehingga banyak yang mencari pendanaan tambahan dan menambah hutang. Untuk itu Anda perlu merencanakan investasi tempat usaha yang sesuai dengan kebutuhan usaha dan budget.

LEAVE A REPLY