Mengulas Strategi Sukses Bisnis Cake and Bakery 2018

Bisnis cake and bakery tentunya sudah menjadi bisnis yang menantang. Pasalnya sampai awal tahun 2018 ini sudah banyak bisnis kue yang tengah banyak dan menjamur di seluruh daerah bahkan sampai daerah terpencil. Walaupun demikian, tidak semua bisnis roti dan kue ini berangsur lama dan kebanyakan gulung tikar. Ini dikarenakan kurangnya pemahaman atau strategi pemasaran dengan bisnis yang bergengsi ini.

Untuk membuat sebuah bisnis, terutama bisnis cake and bakery ini, diperlukannya strategi yang tertata dan tentunya mempunyai progress setiap bulannya. Dari tempat, modal, sampai promosinya, Anda harus bisa mengatur semuanya dengan tepat. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk bisnis cake and bakery Anda.

Mencari Harga Pasaran Produk Usaha Cake and Bakery

Bagaimana cara mengetahui harga pasaran produk kue Anda? Tentunya Anda bisa pergi ke tempat roti atau kue yang dekat dengan tempat usaha Anda nantinya. Pastikan produk Anda menyesuaikan harga yang sudah menjadi standar di pasaran.

Baca Juga: Kursus Keterampilan untuk Pengusaha Pemula di GoUKM Training Center

Harga pasaran memang terkadang bisa berubah lebih rendah atau lebih tinggi. Misalnya harga roti di pasar A sebesar 1.000 rupiah sedangkan di pasar B sebesar 1.500 rupiah lalu di pasar C sebesar 1.000 rupiah. Setelah melihat harga tersebut Anda bisa mengambil harga yang paling murah yang sesuai dengan produk Anda. Jika Anda ingin mengambil harga yang lebih besar, pastikan produk Anda memiliki kualitas dan kuantitas bahan yang sesuai dengan harga tersebut.

Bedakan Tempat untuk Membuat Kue dan Tempat untuk Menjual Kue

Tempat memang hal yang penting untuk usaha. Maka dari itu, Anda memerlukan tempat yang strategis untuk bisnis cake and bakery ini. Sebelum Anda memilih, Anda harus mengetahui bahwa ada perbedaan antara tempat membuat kue dan tempat menjual kue.

Mengapa harus mengerti perbedaannya? Karena tempat membuat kue sendiri bisa Anda lakukan dimana saja. Tidak perlu harus memiliki tempat yang besar. Yang Anda perlukan adalah sebuah tempat yang bisa digunakan untuk membuat kue dengan aman dan bersih.

Berbeda dengan tempat menjual kue. Seperti bisnis lainnya, untuk menjual kue seperti bisnis ini Anda memerlukan tempat yang sesuai dengan tujuan pasar Anda. Jika Anda menginginkan tuk menjual kue Anda secara umum, Anda bisa menyewa atau mengontrak sebuah tempat yang strategis yang bisa dilihat banyak orang seperti ruko-ruko di jalan besar. Jika tujuan pasaran Anda adalah kue untuk anak-anak seperit cupcakes, Anda bisa menjualkannya di sekitar sekolah atau kampus.

Mempersiapkan Modal Usaha Bisnis Cake and Bakery

Setiap bisnis pastinya membutuhkan modal. Modal bahan, resep, alat, dan yang terutama modal uang. Inilah mengapa pemerintah memberikan layanan Kredit Usaha Rakyat untuk UMKM kecil dan juga menengah. Selain untuk membantu segi keuangan UMKM, pemerintah juga ingin membuat masyarakat sadar bahwa produk negeri lebih utama dan harus lebih diperhatikan.

Selain lewat KUR, Anda bisa mempersiapkan modal Anda lewat tabungan Anda sendiri atau dengan membuat sistem saham. Anda bisa mengajak kerjasama teman-teman Anda yang sama-sama ingin melakukan bisnis cake and bakery. Anda bisa mempresentasikan strategi usaha Anda dan mengatur strategi jika mereka bisa bekerjasam dengan Anda. Ingat, pemegang saham terbanyak adalah orang yang paling mendapatkan keuntungan lebih banyak. Untuk itu, Anda harus membuat peraturan yang imbang.

Persiapkan Bahan dan Alat Pembuatan Kue yang diperlukan

Untuk membuat kue, tentunya diperlukan alat atau mesin yang penting untuk pembuatan cake and bakery Anda. Mungkin tidak perlu besar, tapi Anda bisa membuat investasi pada mesin-mesin kue kecil terlebih dahulu. Contohnya seperti mixer roti, oven, dan alat lain yang dianggap penting untuk pembuatan roti dan kue ini.

Baca Juga: Mesin Roti, Prioritas Investasi Mesin Utama dalam Membangun Usaha Roti

Selain alat, Anda pastinya juga perlu mempunyai bahan-bahan yang sesuai dengan resep Anda. Pastikan bahan yang Anda beli adalah bahan yang murah dan juga berkualitas. Kebanyakan pengusaha roti menggunakan bahan yang tidak diketahui kualitasnya karena mereka hanya mementingkan harga murah untuk bahan mereka. Solusi untuk mencari bahan yang tepat bukan terletak pada harga bahan, tetapi bagaimana kita mencobanya satu demi satu untuk mencari bahan dengan kualitas yang tepat.

Selain mencari dan mencoba bahan, solusi lain untuk mencari bahan untuk kue yang murah dan berkualitas adalah dengan cara melihat competitor Anda. Sesekali Anda bisa membeli barang competitor Anda untuk membandingkan hasil kue atau roti yang Anda buat. Anda juga bisa meminta pendapat orang lain tentang kue Anda agar penilaian kue Anda tidak subjektif atau satu arah.

Mempunyai Resep Kue yang sesuai dengan lidah Masyarakat

Resep kue dan roti kini tengah banyak tersebar di media social sampai blog pun. Bahkan sudah ada aplikasi yang memberikan gambaran jelas tentang cara pembuatan kue maupun roti. Tetapi, tidak semuanya berhasil karena pelajarannya tidak secara langsung. Untuk itu, solusi lain untuk mendapatkan resep yang tepat yaitu dengan cara mengikuti kursus membuat kue.

Kursus membuat kue sendiri ada banyak macamnya sesuai dengan macam kuenya. Berikut beberapa contoh kursus kue yang ada di daerah Jabodetabek.

Kursus Kue Fortuna

Tempat kursus kue ini menyediakan kursus untuk segala jenis kue seperti kue basah, kue kering, kue mangkuk atau cupcake, dan kursus lainnya. Anda juga akan disediakan bahan-bahan untuk membuat kue jadi Anda tidak perlu lagi repot untuk membeli bahan untuk belajar di tempat kursus ini.

Baca Juga: GoUKM Training Center membuka Kursus Cupcake di Jakarta

Eldela Baking Course

Pelatihan membuat kue ini terletak di Bekasi yang berawal dengan Toko Bahan Kue Eldela. Kursus kue ini menyediakan pelatihan kue pastel, kue marmer, maupun kue lainnya. Uniknya tempat kursus ini membuka kursus setiap bulannya. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika Anda tidak bisa bulan ini, Anda bisa mengikuti kursus kue Eldela di bulan selanjutnya.

Kursus Cake di Dharmaputra

Salah satu pelatihan kursus ini menawarkan cara membuatberbagai macam jenis kue seperti kue tart pengantin, kue ulang tahun, kue dekorasi, dan kue-kue lainnya, Jenis kue yang diajarkan pada tempat kursus ini meliputi jenis kue tradisional sampai kontemporer. Tempat kursus ini berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat yang tentunya di dalam jantung ibukota.

Semakin banyak belajar, tentunya semakin besar kemungkinan sukses bisnis cake and bakery Anda karena semua berawal dari sebuah proses. Memang terbilang banyak dan menjamur, tapi jika Anda jalankan strateginya dengan benar, maka bisnis ini akan menghasilkan profit yang sesuai. Semoga ini bisa menjadi rekomendasi untuk usaha bisnis cake and bakery Anda.

SHARE

LEAVE A REPLY