Strategi Pemasaran Produk Makanan: Kembangkan Bisnis Martabak Manis Lewat Sosial Media

Strategi pemasaran produk makanan melalui internet atau yang lebih dikenal dengan istilah marketing online, kini mulai dilirik beberapa pengusaha kuliner. Tak terkecuali para pengusaha martabak yang mulai menjajakan bisnisnya di berbagai media sosial.

Kebiasaan masyarakat modern yang selalu melakukan pencarian di search engine dan sosial media, sebelum melakukan pembelian menjadi salah satu alasan kenapa strategi pemasaran produk makanan lewat sosial media cukup potensial untuk dilakukan.

Daftar juga : Kursus Martabak Manis di Goukm Training Center 

Strategi Pemasaran Produk Makanan Martabak Manis Bagaimana Lewat Media Sosial?

Mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan sosial media tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi khusus sehingga bisnis martabak manis yang sedang dirintis dapat dikenal di berbagai platform media sosial dan membuat penggunanya tertarik untuk membeli produk martabak yang ditawarkan.

Rangakaian tips berikut ini, mungkin bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis martabak manis yang Anda jalankan.

Baca Juga: Strategi Pemasaran Efektif di Sosial Media dengan Budget Minimal

Tentukan Target Audiens

Sebelum menentukan media sosial yang akan digunakan, ada baiknya untuk menentukan target audiens atau target pasar yang akan dituju. Hal ini diperlukan karena setiap platform sosial media memiliki demografisnya tersendiri.

Jika target Anda adalah anak muda, akan lebih efektif menggunakan Instagram. Tapi, jika target yang Anda bidik semua kalangan, Facebook bisa mejadi pilihat yang tepat.

Pilih Sosial Media Utama

Setelah menentukan target audiens, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memilih sosial media utama. Untuk langkah awal fokus di satu tujuan dulu dan konsentrasilah pada itu.

Contoh jika target audiens Anda adalah anak muda, gunakan Instagram sebagai sosial media utamanya. Dan bisa menjadikan Facebook, Twitter dan lainnya sebagai pendukung.

Buatlah Konten Kreatif dan Menarik

Membuat konten kreatif dan menarik adalah salah satu kunci sukses promosi melalui sosial media. Anda harus pandai membuat konten yang kreatif agar dapat menarik perhatian audiens yang menjadi target pasar Anda.

Sesuaikan konten dengan platform sosial media yang digunakan. Jika sosial media yang Anda pilih Instagram, modal utama adalah memiliki foto Instagramable dengan tidak terlalu banyak caption. Untuk permulaan, Anda bisa menggunakan kamera smartphone untuk mengambil beberapa foto produk martabak manis dengan angle yang menarik.

Memilih Waktu dan Momen yang Tepat untuk Promosi

Melakukan promosi untuk menarik perhatian calon konsumen itu memang penting. Tapi melakukan promosi terus menerus juga tidak bagus untuk kelangsungan bisnis martabak manis yang akan dijalankan.

Selain membuat Anda mendapat keuntungan yang sedikit, membuat promo setiap hari juga bisa membuat konsumen bosan hingga meninggalkan produk Anda. Agar lebih aman, Anda bisa melakukan promosi secara tersirat di dalam sebuah artikel yang bermanfaat atau di dalam postingan yang menarik.

Posting Secara Rutin

Promosi menggunakan sosial media bukan pekerjaan sampingan yang bisa ditinggalkan kapan saja, Anda dituntut untuk konsisten.

Jika hanya dilakukan sesekali dalam seminggu, konsumen akan dengan mudah melupakan produk yang Anda miliki. Maka dari itu, harus ada jadwal rutin. Mulai dari jadwal harian, mingguan, hingga bulanan. Idealnya konten di upload tiga kali dalam sehari.

Jalin Kerjasama dengan Influencer

Social media influencer adalah orang yang memiliki akun media sosial dengan follower yang jumlahnya banyak dan memiliki kemampuan untuk membuat dan memengaruhi semua follower-nya.

Baca Juga: Bisnis Makanan Ringan Kekinian yang Hype Jadi Camilan Zaman Now

Anda tinggal mencari influencer yang cocok dan mewakili produk martabak manis yang Anda pasarkan. Untuk tarif sekali post setiap influencer biasanya berbeda-beda tergantung follower yang dimiliki, tetapi umumnya harganya masih masuk akal untuk Anda yang memiliki budget rendah.

Jalin Komunikasi Efektif

Hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah menjalin komunikasi dengan konsumen melalui sosial media. Cobalah untuk menjawab setiap komen yang ada pada postingan. Hal ini akan memberikan kesan friendly bagi follower akun sosial media yang Anda kelola.

Itu dia strategi pemasaran produk makanan martabak manis melalui sosial media yang akan membantu meningkatkan bisnis Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here