Strategi Manfaatkan Influencer Marketing untuk Kembangkan Bisnis UKM

Apa itu Influencer Marketing? Influencer Marketing adalah metode pemasaran digital melalui seseorang yang memiliki pengaruh atau bisa mempengaruhi khalayak, yang di sebut juga dengan Influencer. Strategi pemasaran ini hadir atas kajian dan penelitian yang dilakukan oleh para ahli marketing dengan menunjuk orang-orang yang memeiliki pengaruh di antara masyarakat tersebut dan bisa menjadi sasaran promosi dari brand tersebut, seperti selebritis, celebgram (orang yang terkenal melalui media sosial Instagram), dan lain sebagainya.

Dilansir dari Inc.com dalam sebuah survei yang baru-baru ini, sedikitnya 84% marketers mengatakan bahwa mereka meluncurkan setidaknya satu kampanye infulencer marketing untuk 12 bulan yang akan datang. Hal ini mendukung seberapa pentingnya sebuah kampanye dengan menggunakan jasa influencer untuk memperkenalkan produk atau brand yang dimiliki perusahaan.

Secara konsep, infulencer marketing sebenarnya bukan sesuatu yang baru lagi. Karena pasalnya cara ini sudah ada sejak dahulu, yaitu dengan menunjuk seorang brand ambassador. Namun, kini influencer marketing semakin mewabah salah satu penyebabnya adalah karena kini sudah masuk era jejaring sosial media. Di mana lebih mudah menjangkau lapisan masyarakat melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Youtube atau Facebook.

Kelebihan influencer marketing bagi bisnis

Sebelum tren marketing ini populer, iklan konvensional dipilih oleh marketer untuk memamerkan brand mereka. Sebenarnya iklan konvensional di TV, radio dan koran banyak dianggap tidak efektif karena sedikit sekali menjaring audience alasannya karena tidak menimbulkan word of mouth yang baik. Di antara Anda pasti berpikiran bahwa semua iklan yang ditayangkan di TV kebanyakan adalah kebohongan.

Sementara itu, konten berorientasi influencer marketing lebih organic, memberikan kesempatan yang lebih baik untuk memposisikan brand Anda dengan mengajak audincenya untuk berhubungan dengan bisnis yang mereka perkenalkan. Selain itu, inilah manfaat lainnya dari influencer marketing untuk bisnis Anda.

Bisa membantu SEO Anda

Selain meningkatkan penjualan, ternyata metode marketing ini juga bisa membantu brand dalam menempati peringkat teratas pada mesin pencarian loh. Dengan menggunakan konten yang dibantu disebarkan dan diviralkan oleh influencer yang berkualitas dan memiliki pengaruh bagi pengikutnya maka mampu meningkatkan brand awareness.

Cara marketing ini lebih terarah

Influencer merupakan orang yang sudah memiliki audiancenya sendiri sehingga lebih terarah target konsumennya. Karena sudah mempunyai audiancenya sendiri, maka Anda tidak boleh asal pilih influencer. Misalnya begini Anda ingin membuat sebuah kampanye produk makeup Anda menggunakan metode ini, maka pilihlah orang yang cukup berpengaruh di bidang tersebut. Misalnya blogger fashion dan makeup atau mungkin selebritis wanita.

Kampanye lebih real dan terukur

Dengan menggunakan metode ini setiap jumlah pengujung webite, like share dan comment bahkan reach dan exposure dari kampanye yang dilaksanakan bisa lebih tercatat dan dapat terukur untuk kemudian dianalisa menjadi insight. Nantinya data-data tersebut juga bisa digunakan sebagai tolak ukur kampanye kedepannya. Hal ini tentunya akan memudahkan pemilik bisnis untuk memperhitungkan angka penjualan dan tentunya untuk merencanakan dana iklan.

Sebesar apa pengaruh yang dihasilkan oleh influencer?

Data yang kami lansir dari onalytica.com menyatakan bahwa 25% konsumen menentukan pilihan suatu barang atau jasa karena dipengaruhi bintang iklannya atau selebriti dan 92% konsumen lainnya membeli produk berdasarkan review dari orang-orang yang mereka percaya seperti blogger, teman, saudara dibdaningkan iklan di media massa. Untuk itu sebuah brand memerlukan influencer marketing dalam strategi pemasarannya.

Dalam elemen marketing, menggunakan influencer diharapkan menciptakan pemasaran word of mouth (WOM). WOM itu adalah elemen paling powerful dalam mempromosikan produk sekaligus merekomendasikannya ke orang lain sehingga dipercaya pemasaran bisa 2x lebih efektif dan efesien dibanding dengan iklan konvensional.

Cara memilih influencer

Dengan keunggulan menggunakan strategi influencer marketing ini tentunya pemilik bisnis harus mulai mempertimbangkan pula langkah pelaksanaannya. untuk dapat menyampaikan kampanye dengan baik, tentunya Anda memerlukan influencer yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan dapat menjangkau target audience yang ingin dituju secara efektif dan efisien. Pada umumnya ada 3 pertanyaan hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memlih seorang influencer, yaitu:

  • Pertama, apakah konten yang dibuat oleh influencer sesuai dengan nilai yang diusung oleh brand?
  • Kedua, apakah influnecer tersebut mampu menjangkau target konsumen tertentu?
  • Terakhir, apakah konten dari influencer menjadi sesuatu yang juga akan di share oleh audiencenya?

Namun bila Anda memutuskan menggunakan jasa agency untuk menemukan influencer, selain standar untuk seleksi influencer di atas, Anda juga perlu mempertimbangkan track record dari agensi tersebut. Selain itu, diskusikan seperti apa kampanye yang ingin Anda lakukan dan target kampanye dengan agensi tersebut. Berikut beberapa platform influencer marketing dan agensi yang kami rekomendasikan.

SociaBuzz

Mengenai layanan, startup yang diperkenalkan sejak 2012 ini pada dasarnya merupakan self-service platform yang menyediakan wadah bertemunya pengiklan dengan influencer. Selain itu, bagi brand atau bisnis yang ingin memperkenalkan usahanya, SosialBuzz juga menyediakan layanan seperti pembuatan konten serta pemilihan buzzer tertarget.

Sampai saat ini SociaBuzz sudah sukses menjalin kerjasama dengan beberapa brand usaha besar seperti indosat, Honda, Toyota, Samsung, Bank BCA, serta beberapa digital agency di antaranya Klix Digital, Bintang Pratama, Jatis dan SuitMedia.

Melalui platform ini pemilik brand dapat mempromosikan apapun, seperti produk/jasa milik mereka, online shop, webiste, aplikasi, games, event atau lainnya. Selain itu, juga dapat melakukan kampanye ke Buzzer yang telah terdaftar di SociBuzz. Untuk total influencer, SociaBuzzer memiliki lebih dari 13.207 influencer yang tergabung di komunitasnya. Sementara kisaran biaya yang diperlukan, tergantung kampanye apa yang diperlukan oleh pemilik brand. Paling sedikit biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 500 ribu hingga puluhan juta.

Blogmint

Blogmint mulai dikembangkan di India sejak 2015 dan mengepakan sayap bisnisnya di Indonesia pada Oktober 2015. Platform ini menawarkan pemsaran digital yang mampu menghubungkan brand dan agensi dengan para influencer yang biasanya terdiri dari pengguna Blog, Youtube, Twitter, Instagram, atau media sosial lain yang memiliki banyak pengikut.

Blogmint sendiri mengklaim bahwa dalam jangka waktu 10 bulan, platformnya sudah berhasil menjaring 19 ribu influencer dan lebih dari 200 brand telah bergabung. Sama seperti yang lainnya, Blogmint self sevice marketplace, di mana influencer memberikan penawaran jasa, sementara brand atau lembaga mewakili sisi permintaan.

Blogmint menawarkan trasparansi yang memungkinkan Anda pemilik brand untuk melihat kampanye yang sedang ditangani oleh sosial influencer. Sehingga ini dapat membantu Anda pada saat memilih influencer mana yang tepat untuk kampanye Anda.

Terdapat beberapa kampanye yang ditawarkan oleh Blogmint, yaitu Blogging, Social dan Youtube, Blogging. Biaya paket layanan kampanye ini bervariasi misalnya untuk konten blog dikenakan mulai dari Rp 200 ribuan sampai dengan Rp 20 juta. Untuk Social biayanya mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 2 juta. Sementara konten youtube paket ditawarkan mulai Rp 2 juta.

SushiVid

Berkantor pusat di Singapur, startup yang juga menawarkan layanan untuk menghubungkan influencer dengan pemilik brand ini juga mengabil pasar Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya. Sejak pertama kali dibentuk hingga kini sudah ada sekitar 500 influencer dari beberpa negara di Asia seperti Malysia, Singapore, Indonesia dan Thailand sudah tergabung pada platformnya.

Berbeda dengan kedua platform sebelumnya, bentuk kampanye di SushiVid adalah berupa konten video atau Youtube. Proses kerjanya Anda sebagai pemilik brand  terlebih dahulu diharuskan mendaftarkan diri sebagai “brand” dan menuliskan brief kampanye. Setelah itu, beberapa influencer yang tertarik dengan kampanye Anda akan menawarkan ide konten sesuai dengan apa yang ada inginkan di proposal kampanye yang sebelumnya Anda tulisan.

Selanjutnya Anda akan diminta memilih satu influncer yang dikiranya sesuai dengan brand dan juga iklan Anda. Dalam pemilihan ini Anda bisa melihat analisis dan perbandingan harga yang dipatok oleh influncer. Setelah terpilih, Anda tinggal menunggu kontennya dari creator.

Mengenai biaya yang ditanggung oleh pemilik brand, satu kampanye dikenakan mulai dari US$ 100 atau setara dengan Rp 1.400.000. Biaya tergantung dengan iklan kampanye apa yang ingin Anda lakukan dan negara apa yang menjadi target audience Anda.

LEAVE A REPLY