SMS Marketing, Solusi Promosi Low Budget dan Berikan Kenyamanan Berbelanja Customer

Memulai bisnis utamanya dibidang perdagangan pasti membutuhkan strategi promosi. Dalam dunia pemasaran banyak cara untuk mempromosikan produk, yang paling umum adalah memasang iklan diradio, tv atau media promosi cetak. Namun diera teknologi seperti saat ini sudah mulai banyak yang beralih ke media lainnya, salah satunya adalah text direct marketing atau yang disebut dengan SMS Marketing.

Apa Itu SMS Marketing?

Secara sederhana SMS Marketing atau banyak orang menyebutnya mobile marketing adalah strategi pemasaran via text atau pesan singkat berisi promosi sebuah produk atau informasi. Pada umumnya teknik pesan ini ditujukan untuk pelanggan atau masyarakat yang tertarget dan bersifat personal.

Bukan hanya sebagai media promosi ternyata SMS Marketing juga bisa difungsikan untuk hal lainnya. Seperti mengirimkan konfirmasi pembayaran, memberitahu status pengiriman, meminta feedback pelanggan, hingga melayani langsung keluhan atau pertanyaan pelanggan. Sehingga tujuan sebenarnya orang menggunakan strategi marketing ini adalah untuk mengolah database pelanggan dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Sehingga secara tidak langsung membuat relasi bisnis Anda dengan pelanggan semakin dekat dan berujung dapat meningkat konversi penjualan.

Mengapa SMS Marketing diperlukan untuk Usaha?

Menurut data yang kami ambil dari beberapa sumber pengguna teknologi seluler tercatat sudah lebih dari 80% dari jumlah penduduk di Indonesia. Otomatis semua pengguna tersebut memiliki layanan berkirim pesan. Tapi apakah SMS masih relevan untuk promosi mengingat sekarang ini sudah banyak aplikasi messenger yang bermunculan dan diminati pengguna smartphone?

Tentu saja masih, menurut Simmons National Consumer Study (NCS), 91% kaum milenial berkirim pesan hampir setiap hari, baik menggunakan aplikasi messenger ataupun SMS. Kemungkinan mereka membuka sms promo sekitar 49%. Untuk itu, salah satu jenis mobile marketing ini masih sangat relevan untuk diterapkan dalam strategi pemasaran bisnis.

Selain itu, masih banyak alasan lain yang menguatkan mengapa SMS Marketing diperlukan, di antaranya adalah:

Menjangkau Semua Perangkat Mobile

Kelebihan pertama yang menerapkan strategi SMS Marketing ialah dapat menjangkau seluruh perangkat mobile, baik smartphone dengan sistem operasi yang paling terbaru hingga handphone non-smartphone. Dengan begitu ruang lingkup promosi Anda pun akan semakin luas.

Bersifat Personal

SMS Marketing dikirimkan ke subscriber Anda, sama halnya seperti email marketing. Untuk itu sifatnya lebih personal. Di mana SMS Blast yang dikirimkan ke setiap perangkat mobile akan diterima dan dibaca oleh mereka sendiri sehinga promosi yang Anda kirimkan akan berpengaruh langsung kepada pengguna device tersebut. Karena bersifat personal, SMS Blast juga bisa ditujukan untuk menjaga loyalitas kostumer dengan cara tetap terhubung secara mudah.

Cost Lebih Murah

Beriklan dengan cara konvensional seperti di televisi, radio dan media cetak memang impact-nya besar. Namun bicara cost-nya pasti tidak akan bisa dijangkau oleh pengusaha kecil menengah atau Anda yang baru mulai usaha. Nah, solusinya adalah SMS Marketing. Kalau Anda menggunakan layanan SMS Gateway, biayanya yang dibandrol biasanya hanya Rp 300 sampai Rp 500 per SMSnya.

Respon Pelanggan Lebih Besar

Berdasarkan data yang kami kutip dari Tech in Asia, iklan melalui SMS pun mempunyai potensi dibuka sekitar 98%. Angka ini lebih besar ketimbang iklan email blast yang hanya 60%. Tidak hanya itu saja, link atau tautan yang ada di SMS blast kemungkinan dibuka sebesar 19%, sementara dengan email marketing hanya 4.2%. Menurut data-data tersebut dapat disimpulkan media iklan yang menimbulkan tindakan paling potensial adalah dengan menggunakan SMS Marketing.

Dapat Mengelola Pelanggan Lama

Bila konsumen sudah melakukan satu transaksi, Anda pasti menginginkan mereka kembali lagi memberli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Di sinilah SMS Marketing bisa diandalkan. Umumnya SMS Marketing bisa digunakan untuk segala aktivitas pemasaran, interaksi tanya jawab, promosi produk dan lainnya. Untuk itu, kecepatan SMS Marketing menjangkau konsumen dan kemudahan konsumen menerima info dari Anda dapat jadi kelebihan usaha Anda di antara kompetitor.

Bagaimana apakah dengan alasan-alasan yang kami jabarkan di atas, mendorong Anda untuk mulai menerapkan strategi SMS Marketing? Tapi sebelum Anda mencobanya, pastikan Anda telah mempersiapkan dan mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

  • Apakah strategi ini sesuai dengan bisnis Anda?
  • Sudahkah Anda buat strategi pemasarannya?
  • Layanan SMS Gateway apa yang cocok untuk kegiatan pemasaran Anda?

Tips SMS Marketing Agar Sukses

Untuk memulai strategi pemasaran ini Anda harus pertimbangkan bagimana cara untuk mendapatkan nomor ponsel pelanggan. Jangan pernah kirim SMS promosi ke orang yang tidak mendaftar sebagai subscriber, hal ini demi menjaga reputasi bisnis Anda. Tapi tidak semua, pelanggan mau memberikan nomornya dengan alasan privasi.

Untuk itu, Anda harus bisa meyakini pelanggan untuk memberikan nomor ponselnya, misalnya dengan menjanjikan diberikan promo ekslusif. Nah, di sinilah pertanyaan apakah strategi ini sesuai dengan bisnis Anda? Karena kami tahu tidak banyak pengusaha yang memberikan promo-promo esklusif untuk kostumernya, bahkan untuk yang sudah langganan sekalipun.

Setelah dapat kontak pelanggan, bukan berarti Anda berhak kirim segala macam bentuk promosi setiap hari. Harus ada strateginya agar pelanggan tidak merasa risih dengan pesan yang mereka terima. Setiap pesan yang dikirim harus bermanfaat dan relevan bagi penerima. Pesan SMS marketing yang efektif bisa mencakup beberapa nilai misalnya kontes, giveaway atau promo tertentu. Tidak lupa berikan pilihan unsubscribe, di mana secara otomatis pelanggan bisa berhenti berlangganan dan kontaknya akan terhapus dari database penerima SMS.

Jika Anda sudah punya strategi SMS Marketing yang akan diterapkan, selanjutnya menentukan SMS Gateway apa yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Ada beberapa jenis SMS Marketing di Indonesia, yaitu SMS Blast, SMS Masking, SMS Long Number, SMS LBA, dan SMS Targeted.

SMS Blast

Layanan SMS Marketing yang memungkinakan pengiklan untuk mengirimkan SMS sesuai database yang dimiliki.

SMS Masking

Dengan menggunakan SMS Masking, brand Anda bisa muncul sebagai pengirim SMS. Mengurus SMS Masking biasanya memakan waktu mulai dari 7-14 hari.

SMS Long Number

Layanan ini Sender ID pengirim merupakan nomor GSM acak. Merupakan pilihan pengiriman SMS Blast yang paling hemat.

SMS LBA (Location Based Advertising)

Layanan SMS Blast yang dapat digunakan sebagai media promosi tertagret berdasarkan area tertentu. Cakupan SMS LBA dapat berupa area outdoor maupun indoor. Target Area SMS LBA dapat ditentukan di lebih dari satu lokasi.

SMS Targeted

Layanan SMS Blast yang bisa menargetkan penerimanya sesuai dengan profile yang diinginkan, seperti jenis kelamin, daerah, jenis hp, pemakaian pulsa bulanan. Sender menggunakan brand Anda.

Dari jenis-jenis SMS Marketing di atas mana yang tepat untuk kebutuhan usaha Anda. Bila sudah ditentukan berikut beberapa startup yang berikan layanan SMS Gateway yang bisa Anda gunakan. Tapi sebelum itu, apa sih yang dimaksud dengan SMS Gateway?

SMS Gateway adalah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim atau menerima SMS dan biasanya fitur yang dikembangkan adalah auto reply, pengiriman masal/ broadcast message dan pengiriman terjadwal. Berikut beberapa penyedia layanan SMS Marketing yang bisa Anda gunakan.

SMARTPROMO

Smartpromo adalah produk yang diluncurkan Kofera pada 7 Agustus 2017 lalu. Produk ini memberikan layanan mengirimkan pesan promo tertarget kepada orang yang tinggal di lokasi dan mempunyai minat tertentu. Dengan menggunakan layanan ini pengguna hanya perlu memasukan jadwal pengiriman SMS, lokasi dan minat penerima SMS, mengatur biaya yang ingin dikeluarkan, lalu memasukan konten SMS.

Kelebihan layanan yang ditawarkan Kofera adalah pengguna tidak perlu memberikan daftar nomor telpon penerima SMS. Hal ini karena Kofera bekerjasama dengan Telkom, di mana jutaan database nomor telpon di seluruh Indonesia bisa menjadi target penerima campaign Anda.

Untuk tarif, layanan Smartpromo dibandrol mulai dari harga Rp 370/SMS sampai Rp 550/ SMS dengan ketentuan pengiriman maksimal 5.000 SMS. Di sini pengguna pun bisa mendapatkan layanan SMS Masking jika transaksi minimum Rp 50 juta. Bagaimana mengetahui pesan terkirim dan dibuka? Smartpromo memungkinkan pengguna mengakses dashboard untuk melihat detail report kapanpun.

Aptana

Berbeda dengan smartpromo, Aptana tidak hanya memberikan layanan SMS Blast, tapi juga MMS, USSD Push, online banners, dan sosial media. Perusahaan marketing yang fokus terhadap perangkat mobile sebagai media pemasaran sebuah brand ini memiliki layanan Bulk SMS, Location Based Advertising, Targeted Marketing, Display Banner, dan Blackberry Messenger Ads.

Bulk Messaging adalah layanan berbasis web yang memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan SMS Blast kebanyak nomor dengan sender ID brand sendiri. Produk ini ditunjukan untuk promosi, notifikasi atau verifikasi. Layanan Location Based Advertising bisa mengirimkan pesan dalam bentuk SMS, MMS atau USSD Push untuk penerima yang berada di lokasi tertentu. Mobile Display Banners adalah media pemasaran yang memungkinkan sebuah brand untuk menempatkan iklan interaktif di web browser pengguna HP yang telah ditargetkan.

Saat ini, Aptana mengeklaim sudah menangani dengan beberapa klien dari perusahaan besar, seperti Pertamina, Toyota, BNI, Garuda Indonesia, Dunkin Donuts, dan BPJS Ketenagakerjaan.

NusaSMS

NusaSMS adalah layanan SMS blast yang berbasis cloud, mereka memiliki 10 layanan, yaitu SMS Masking, SMS LBA, SMS Targeted, SMS Long Number, SMS Inbox, Online Web App, SMS API, SMS Reminder, dan Whatsapp Marketing Tools. Layanannya dikenakan mulai dari Rp 200/ SMS sampai Rp 500 per SMS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here