Menilik WhatsApp Payments sebagai Sistem Pembayaran Online Terbaru pada Dunia Bisnis

Bisnis online semakin diminati, membuat beragam alternatif sistem pembayaran online pun turut dihadirkan untuk mempermudah pelaku bisnis online dalam melayani pelanggannya. Begitu pun sebaliknya.

Tak dapat dipungkiri, belanja online sudah menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini. Kemudahan transaksi, di mana bisa dilakukan kapan pun, di mana pun, tanpa harus berdesak-desakan di sejumlah pusat perbelanjaan, sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para shopaholic.

Kecanggihan serta perkembangan teknologi perbankan saat ini, juga turut mendukung kemudahan transaksi online. Para shoppers (pembeli) dapat melakukan pembayaran tagihan transaksi, langsung dari layar gawai yang digunakan.

Baca Juga : Whatsapp Business, Aplikasi Messenger Inovatif untuk Pebisnis UKM

Metode pembayaran tersebut dikenal dengan mobile payment. Adalah sebuah fitur keuangan digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi finansial melalui perangkat atau aplikasi yang terpasang pada gawai.

Belum lama ini, aplikasi instant messenger besutan Mark Zuckerberg dikabarkan tengah mengembangkan sebuah fitur teranyar. Di mana penggunanya dapat melakukan pembayaran online ataupun transfer uang ke sesama pengguna WhatsApp.

Kabar tersebut tentunya menjadi sebuah angin segar bagi pelaku bisnis online. Dengan begitu, transaksi pelanggan pun jadi semakin mudah.

Mengenal Layanan WhatsApp Payments

Pada awal bulan Februari, pihak WhatsApp telah resmi merilis fitur pembayaran digital dalam versi Beta yang dinamai WhatsApp Payments. Fitur tersebut masih dalam tahap uji coba secara terbatas, di negara India saja.

Pihak WhatsApp akan terus berupaya untuk memperluas fitur pembayaran digital WhatsApp Payments sehingga dapat digunakan oleh seluruh penduduk di berbagai belahan dunia.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, melalui fitur WhatsApp Payments pengguna aplikasi WhatsApp tidak hanya bisa berikirim pesan dan video call saja, tetapi juga dapat mengirim atau mentransfer sejumlah dana ke sesama pengguna.

WhatsApp Payments sendiri, saat ini hanya dapat melakukan pembayaran ‘peer to peer‘ atau ‘person to person‘. Sehingga sistem pembayaran online ke merchant atau e-commerce belum tersedia, dikarenakan belum terintergrasi.

Namun kedepannya, pihak WhatsApp pasti akan melakukan inovasi sehingga dapat melakukan pembayaran pada pihak ke tiga, seperti merchat dan e-commerce.

Meski belum tersedia di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa fitur ini nantinya akan masuk ke Tanah Air. Dan akan menjadi alternatif atau pilihan sistem pembayaran online yang akan membantu pebisnis online shop dan pelanggannya dalam melakukan pembayaran.

Nah bagi Anda yang penasaran dengan sistem kerja dan penggunaanya, simak ulasannya di bawah ini.

Bagaimana Cara Penggunaan WhatsApp Payments?

Berikut adalah langkah-langkah penggunaan WhatsApp Payment, sebagaimana yang dikutip dari Bukalapak.com :

Unduh Aplikasi WhatsApp Payment Versi Beta

Langkah pertama, unduh aplikasi WhatsApp Payments versi Beta. Kemudian instal aplikasi tersebut sampai terpasang atau tampil pada layar gawai yang digunakan.

Lakukan Proses Verifikasi

Setelah aplikasi terinstal, Anda akan diarahkan untuk melakukan konfigurasi fitur WhatsApp Payment dengan melakukan verifikasi terlebih dulu nomor ponsel melalui SMS dan memilih bank tujuan.

Klik Ikon Attachment

Untuk bisa melakukan pembayaran digital via WhatsApp, buka aplikasi tersebut kemudian tap (tekan pada layar) ikon attachment yang biasa digunakan untuk mengirim dokumen, foto, audio, lokasi, atau pun kontak. Pada deretan menu tersebut akan ada fitur baru yaitu ‘payments‘.

Baca Juga : Beberapa Aplikasi Chat yang Cocok untuk Bisnis Online

Klik fitur ‘payments‘, kemudian pilih akun bank yang Anda gunakan. Selanjutnya pilih bank tujuan transaksi atau bank milik partner Anda. Masukan nominal uang, lalu input kode UPI (Unified Payment Interface).

Jika Anda belum punya akun UPI, jangan khawatir. WhatsApp Payments akan menawarkan opsi untuk membuat akun UPI saat proses transfer dilakukan. Langkah terakhir, klik ‘Send‘, maka uang akan terkirim secara digital ke bank milik partner Anda.

Itu dia penjelasan WhatsApp Payments, layanan pembayaran digital yang masih dalam tahap uji coba. Karena masih dalam bentuk beta, bisa jadi fitur-fitur yang ada saat masih masih akan dikembangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here