Ralali.com, Nama Lokal Namun Bercita Internasional

Berbeda denga eCommerce lain yang kebanyakan menggunakan nama internasional. Ralali.com jutsru menggunakan nama yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti tidak lupa. Tak heran jika nama e-Commerce ini berasal dari bahasa Jawa, karena pendirinya memang orang Jawa.

Joseph Aditya, Co Founder Ralali.com mengatakan arti nama tersebut memiliki maknya filosofi, ingin mambawa cita rasa lokal ke dunia internasional. Meski impiannya begitu besar, Joseph sadar usaha harus dimulai dari tingkatan kecil yakni dimulai dari industri lokal dulu. Jika nanti sukses baru dia bawa ke Internasional.

Walaupun di Indonesia saat ini sedang trend eCommerce B2C (Business-to-Consumer) dan C2C (Consumer-to-Consumer) tetapi Ralali justru memilih bisnis model yang langka di Indonesia yakni B2B (Business-to-Business). Cara itu mereka gunakan agar tetap bisa bertahan di tengah persaingan.

Meski usianya masih terbilang muda, Ralali menjadi B2B online marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori bisnis mulai dari kebutuhan produk MRO (Maintenance, Rapair and Operation), HoReCa(Hotel Restaurant & cafe) dan lainnya. Konsep B2B merupakan konsep yang menawarkan produk yang ditawarkan oleh obyek bisnis dengan bisnis lainnya atau transaksi antar perusahaan dengan sistem maintenance, repair, dan operation. Walaupun menggunakan konsep B2B. Namun Ralali tetap tidak meninggalkan B2C, jadi para konsumen masih bisa langsung membeli ke Ralali.com.

eCommerce yang didirikan sejak tahun 2013 ini memang sengaja menggunakan metode B2B sebagai sistem bisnisnya. Dengan membuat website yang fokus kepada supplier barang-barang industrial.  Kini Ralali.com telah memiliki 10.000 loyal Cutomers, lebih dari 120 Vendors, 7500 produk dan lebih dari 100.000 unique visitors setiap bulannya dari seluruh Indonesia.

Ralali.com juga menyediakan beragam kategori produk mulai dari Automotive Equipment, Eletrical, Environmerntal, GPS, Machine Tools, Medical Devices, Power Tools, Safety Equipment, Sanitary, Test and Measurement, Work Tools, dan Home and Kitchen Appliances. Beragam produk tersebut ditujukan bagi skala perusahaan maupun kalangan end-user.

Sebagai perusahaan B2B, saat ini Ralali juga menyuplai barang kepada eCommerce ternama di Indonesia menggunakan sistem B2C yakni Lazada dan Tokopedia. Ralali juga memiliki trik agar pelanggan tak kapok untuk berlanggan di perusahaannya, yakni selalu memverifikasi setiap produk yang masuk darimanapun perusahaan tersebut. Setelah lolos verifikasi maka produk baru boleh ditawarkan ke pasar.

Karena Ralali dinilai memiliki nilai potensial sehingga Perusahaan VC (Venture Capital) Singapura East Venture, pada bulan Mei 2014 telah menyuntik dana segar untuk pertumbuhan Ralali. Dana yang disuntik digunakan untuk membuka 3 kantor cabang yang terletak di Serpong, Jelambar, dan Glodok. Kantor yang mereka buka, bukanlah toko offline melainkan untuk kantor operasional untuk menangani permasalahan pada konsumen misalnya pembiayaan, pengembalian barang karena cacat dan aktivitas bisnis lainnya. Tak hanya itu di Bulan Juni 2015, Ralali mendapatkan suntikan dana kembali dengan mendapatkan investasi series A sebesar  $2.5 Juta  dari 3 investors besar di Asia.

Tadinya, Ralali kesulitan dana untuk kelangsungan perusahaan mereka. Bahkan Joseph berpikir untuk mendapatkan dana tambahan hanya dengan meminjamnya ke bank. Namun, ternyata itu salah. Ralali bisa mendapatkannya lewat Venture Capital,

24 Juli 2015, menjadi salah satu sejarah Ralali.com dengan mulai melaunching Ralali.com versi 2.0 meskipun banyak kendala namun akhirnya rilis juga. Selain itu di tanggal 16 November 2015, Ralali mulai muncul dengan tampilan baru dan warna yang kuat sebagai identitas baru buat ralali dan logo yang baru. Hazel One diambil dari nama

Ralali sendiri memiliki 3 Trik Agar Konsumen Tertarik Berbelanja ke Perusahaanya yaitu

Praktis dan Mudah

Dengan berbelanja di Ralali membuat belanja lebih cepat praktis dab mudah sehingga tidak perlu repor lagi berbelanja ke toko untuk membeli produk yang Anda butuhkan cukup mengklik produk yang berada pada layar handphone atau komputer Anda lalu lakukan pembayaran maka Anda langsung bisa mendapatkan produk yang Anda inginkan. Cara ini sangat cocok untuk orang yang sibuk karena berbelanja lebih menghemat waktu.

Efisiensi dan Transfaran

Selai efisien, Ralali juga perusahaan B2B yang transfaran. Ralali menjamin keaman dengan melakukan sistem pelayanan yang transfaran. Selain itu karena mengambil produk langsung dari sumbernya dan dalam jumlah yang besar makanya harganya bisa lebih murah.

Aman dan Terpercaya

Meski berbelanja melalui Ralali.com secara online namun Ralali memberikan cara yang maksimal agar konsumennya percaya untuk berbelanja di tempatnya. Apalagi kini banyak kasus penipuan yang terjadi, sehingga Ralali selalu memverifikasi perusahaan, UKM atau pabrik yang akan menjual barang ke Ralali. Baik itu background perusahaan maupun barangnya.

100% Produk Asli

Ralali tidak menjual produk bekas apalagi produk palsu atau KW. Semua barang yang dijual oleh Ralali 100% produk asli.

Garansi & Pengiriman Cepat

Ralali juga memberikan garansi kepada seluruh produk yang dia jual. Sehingga jika ternyata barang yang dikirim ternyata tak sesuai atau rusak sebelum dipakai maka Ralali memberikan garansi tanpa bayar.

Sistem Pembayaran

Sekarang semua pembayaran dengan metode Bank transfer ke Ralali.com diterima oleh PT. IONPay Networks melalui metode transfer virtual account. Anda tidak perlu lagi mengkonfirmasi pembayaran Anda karena pembayaran Anda akan dikonfirmasi langsung oleh sistem setelah Anda melakukan pembayaran.

Apa Keuntungan Berpartner dengan Ralali.com

Bisa Memilik Halaman Website Sendiri

Dengan bergabung menjadi penjual di Ralali.com maka Anda bisa memiliki website sendiri dengan disesuaikan dengan produk-produk yang Anda jual dilengkapi dengan sistem manajemen transaksi dan pengaturan produk sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jaringan Luas ke Seluruh Indonesia

Ralali.com akan memperluas jangkauan bisnis hingga ke seluruh Indonesia. Dilengkapi dengan sistem yang canggih dan didukung dengan pilihan ekspedisi yang terpercaya untuk memudahkan pengiriman ke setiap wilayah Indonesia.

Promosi Online dan Pameran

Ralali.com bisa membantu pemasaran produk-produk, Anda baik dikanal online maupun pameran industrial. Ini merupakan kesempatan yang baik bagi Anda untuk berpartisipasi yang menampilkan produk dan brand Anda.

Kepuasan konsumen terhadap Ralali.com ternyata juga dirasakan oleh Tridinamika Jaya Instrumen. Menurut Fauziah, Head of Spot Tridinamika Jaya Instrument, semenjak bergabung dengan Ralali.com di tahun 2014, penjualan Tridinamika Jaya Instrument mengalami kenaikan yang sangat signifkan yaitu sekitar 10 hingga 15% tiap bulannya

Direktur Hargen Nusantara, Aditya Kristanto pun mengatakan hal yang serupa menurutnya Ralali.com sangat membantu kita untuk masalah promosi sehingga para pembeli tidak harus datang langsung ke pabrik kita. Mereka juga bisa lihat kita di website Ralali, pameran, dan bisa menikmati promo-promonya. Hal ini membuat kita mengalami kenaikan inquiry yang datang dari media online.

SHARE
Mengawali karir dari lembaga Pers Mahasiswa. Bergabung denga tim riset untuk menulis berbagai buku. Hobi Photography punya Moto Hidup “Berbagi itu Kesenangan”

LEAVE A REPLY