Romansa Purworejo Expo 2017 Tingkatkan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyataan di Pedesaan

Ekonomi kerakyatan memang sedang digencarkan oleh pemerintah Indonesia. Tak terkecuali pemerintahan Purworejo. Pemerintah Purworejo pun mengadakan Romansa  Purworejo Expo 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah beberapa kali dilaksanakan. Kegiatan ini memang untuk mempromosikan seluruh sektor pembangunan, potensi ekonomi dan meningkatkan perkembangan bisnis, investasi, perdagangan dan jasa serta meningkatkan pasar bagi para usahawan dan UMKM serta usaha pedesaan di Kabupaten Purworejo.

Tujuan acara ini diselenggarakan adalah untuk memperkuat hubungan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah, sektor swasta, komunitas, pelaku bisnis, wirausaha dan masyarakat serta akademisi. Kedua, mendorong peran serta pelaku ekonomi, bisnis dan komunitas masyarakat. Ketiga mempromosikan pendidikan, kreativitas dan seni dalam sistem pendidikan formal maupun informal. Keempat pengembangan industri budaya lokal yang dinamis. Kelima memperkuat kreasi, karya cipta, produksi dan pemasaran produk-produk UMKM dan ekonomi kreatif Indonesia. Terakhir untuk mempromosikan Industri perdagangan, investasi dan produk-produk unggulan daerah serta multi produk dan usaha pedesaan.

Acara ini juga diwarnai dengan serangkaian acara seperti pemasaran nasional yang memamerkan infrastruktur, investasi bisnis dan jasa, industri perdagangan, pariwisata dan ekonomi kreatif, produk unggulan dan multi produk, pertanian dan perikanan, pendidikan dan kesehatan, seni dan budaya, serta usaha pedesaan dan pemberdayaan masyarakat. Ada juga gelar produk UMKM, Koperasi, perbankan dan microfinance. Ada juga festival kuliner tradisional dan waralaba. Lalu Pagelaran seni dan budaya, Festival Band Purworejo, Festival Tari Dolalak dan Lomba Mewarnai.

Adapun produk yang dipamerkan adalah Handycraft atau kerajinan dan barang seni, 16 sub sektor ekonomi kreatif yang sudah ditetapkan oleh Badan Ekonomi Kreatif ; Pariwisata dan Produk Unggulan Daerah; Bisnis, Investasi dan perbankan,; Perdagangan, Industri Pertanian, Kesehatan dan UMKM serta Koperasi, Sosialisasi program Kementerian dan Badan Pemerintah Pusat/Daerah; Pendidikan, Seni, Budaya dan Jasa serta Multi Produk dan Hasil-Hasil Pemberdayaan Masyarakat.

Dulunya Romansa Purworejo namanya adalah Pekan Purworejo yakni sebagai salah satu event tahunan yang penting dilaksanakan tepatnya setahun sekali. Sejak tahun 2012 hingga 2015. Dalam event tersebut semua sektor pembangunan di Kabupaten Purworejo bisa terpublikasi dan terpromosikan dengan baik ke wilayah Jawa Tengah maupun ke seluruh Nusantara.

Dan ternyata event tersebut membuat dampak yang baik bagi perekonomian masyarakat Purworejo sehingga diselenggarakan rutin di tahun berikutnya. Dukungan penuh pun didapatkan dari berbagai pihak itu Kementerian Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, BUMN/BUMD, BUMDES, Swasta, asosiasi perusahaan, komunitas, masyarakat, UMKM dan Koperasi. Dukungan juga didapatkan dari berbagai stakeholder di Purworejo.

Empat kali event ini digelar ternyata mampu menjadi pusat perhatian dari berbagai lapisan masyarakat baik dari dalam maupun luar kota.  Data panitia menunjukkan kunjungan masyarakat tak kurang dari 60 ribu orang bahkan lebih. Begitu juga tahun ini akan diprediksi akan lebih yang akan berkunjung.

Romansa Purworejo Expo pada tahun ini akan berlangsung selama lima hari mulai tanggal 1 sampai dengan tanggal 5 November 2017. Meski event ini berlangsung di kabupaten namun pameran dibuat dengan prasarana standar nasional dan pesertanya dari berbagai kalangan di tanah air. Panitia juga akan  membangun 140 stand pameran, yang tediri dari Area Tenda Rouder ruang AC, Area Semi Rouder Ruang AC, Area UMKM Ruaang Non AC / KIpas Fan, Area Festival Kuliner dengan Tenda Kerucut, Area Gelar Seni Budaya dan Festival Band.

Romansa Purworejo pun akan diresmikan oleh Menteri atau Pejabat Kementerian bersama dengan Bupati Purworejo dan Gubernur Jawa Tengah serta akan dihadiri juga oleh pejabat Kementerian, Pejabat Daerah, Pejabat BUMN dan swasta, wirausahawan, perguruan tinggi, wisatawan dan masyarakat sehingga semua lapisan akan merasakan manfaat dari Romansa Purworejo Expo ini. Begitu juga perekonomian daerah dan bidang usaha masyarakat di pedesaan akan meningkat.

SHARE

LEAVE A REPLY