Puding Art Cantik, Peluang Usaha Untuk Para Ibu di Rumah

Mungkin sebagaian dari Anda sudah tahu apa itu Puding Art atau Jelly Art. Bagi yang tidak tahu, jelly art itu adalah kreasi pudding baru yang sedang popular akhir-akhir ini. Jelly art sediri pada alawnya terkenal di Amerika latin, yaitu sebuah seni menghias jelly dengan menggunakan gelatin. Gelatin itu sendiri adalah protein yang diperoleh dari hidrolisis kolagen yang secara alami terdapat pada tulang atau kulit binatang seperti ; ikan, sapi dan babi.

Biasanya gelatin hewani atau gelatin sapi digunakan dalam pembuatan permen lunak seperti yupi, jeli, es krim, susu formula, roti, daging olahan, minuman yang dicampur dengan susu serta sup. Sedangkan unruk industri obat-obatan sering digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan vaksin, cangkang, kapsulm pil, krim, pasta gigi dan lainnya.

Baca Juga : Usaha Rumahan Omzet Jutaan 

Kembali ke jelly art, hidangan penutup ini memiliki keunikan pada teknik pembuatan hiasannya, yaitu dengan cara menyuntik bagian dalam jelly untuk memasukan cairan.  Teknik ini dilakukan baik menggunakan jarum atau alat khusus lainnya. Bentuknya sendiri sesuai dengan keinginan pembuat, bisa berbentuk bunga, kupu-kupu ikan dan lain sebagainya. Apa bahan-bahan pewarana yang dimasukan ke dalam jelly? Bisanya warna yang disuntikan itu adalah campuran nutrijel, agar-agar dan susu UHT serta pewarna foodgrate halal seperti cap kupu-kupu atau Wilton.

Puding art yang cantik ini biasanya sangat cocok di sajikan pada saat berkumpun bersama keluarga besar pada hari raya. Nah, mendekati hari besar umat Kristiani, moment ini sangat tepat jika Anda manfaatkan untuk usaha sampingan. Sudah siap membuat puding art sendiri? Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya.

Cara Membuat Puding Art di Rumah

Bahan Puding Kaca :

Jelly instan plain 15 gram

Gula pasir 10 sendok makan

Air 700 mili liter

Essense vanilla 1 sendok teh

Bahan Puding Susu :

Agar-agar bubuk plain 1 sendok teh

Jelly instan plain 1 sendok teh

Susu cair 600 mili liter

Gula pasir 4 sendok makan

Essens strawberry secukupnya

Essens melon secukupnya

Puding Penutup :

Jelly rasa mangga secukupnya

Proses membuat puding art :

– Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat pudding kacanya terlebih dahulu. campurkan gula dan jelly instant. Tuang dengan air lalu masak hingga mendidih. Jika terliat lapisan kental pada bagian permukaan, pisahkan menggunakan sendok agar hasil pudding terlihat bening seperti kaca.

– Selanjutnya basahi cetakan puding dan tuang ¾ tinggi cetkanan. Setelah itu diamkan sampai puding jelly mengeras.

– Langkah berikutnya adalah membuat puding susu untuk hiasan. Campurkan agar-agar, jelly bubuk dan gula pasir. Tuang susu lalu masak sampai mendidih. Angkat dan bagi menjadi 3 bagian dan tambahkan perasa sesuai selera.

– Persiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti sendok yang memiliki ujung runcing, dan suntikan seserta jarumnya.

– Sebelum membuat art bunga baiknya Anda pahami dahulu teknik pembuatan kelopak bunga. Untuk membuat kelopak dilakukan secara bertahap. Dimulai dari sudut tersebar dari permukaan puding dan penetrasi dilakukan secara berulang hingga 1 putaran. Setelah itu buat lubang di tengah bagian permukaan jelly dan masukan sendok ke dalamnya. Setelah itu gunakan suntikan untuk mengisi campuran puding susu ke tengah puding.

– Lakukan lah hal yang sama untuk membentuk kelopak berikutnya hingga membentuk seperti bunga.

– Setelah hiasan berbentuk seperti bunga, tutuplah bagian permukaan jelly dengan, jelly mangga berwarna putih.

Demikan lah cara membuat jelly art rumahan memang terbilang cukup sulit dimengerti. Apa lagi untuk menghiasnya itu diperlukan kreatifitas. Maka jika hanya sekali-dua kali saja mencoba pasti Anda akan sering gagal. Nah, terus bagaimana biar kita bisa membuatnya. Tidak perlu bingung, karena sudah cukup banyak tempat kursus memasak yang bisa Anda ikuti agar mahir membuat jelly art ini.

Biaya kursusnya memang tergolong mahal namun coba dibandingkan bila Anda harus membelinya setiap kali Anda acara khusus. Kelebihannya bila Anda memiliki keterampilan ini, Anda bisa jadikan ini usaha sampingan di rumah. Kalau tanpa dihias saja rata-rata puding paling mahal diberi harga Rp 100 ribu sampai Rp 150 ribu tapi jika dihias menggunakan teknik jelly art ini, Anda bisa menjual mulai dari Rp 350 ribu sampai Rp 400 ribu. Menguntangkan bukan? Nah, bila Anda penasaran ingin belajar cara membuatnya berikut ini tempat kursus yang menyediakan pelatihan membuat jelly art.

Natural Cooking Club

Tempat kursus yang bertempat di Jalan Matraman Dalam Jakarta Pusat membuka berbagai kursus kue dan masakan, salah satunya kursus membuat puding art. Bagi peserta yang ingin mendaftar dikenakan  biaya mulai dari Rp 350 sampai Rp 400 ribu untuk sekali pertemuan. Biaya itu sudah termasuk peralatan dan puding kaca. Jadi para peserta hanya belajar cara membuat campuran vla dan cara memasukannya ke dalam puding kaca.

San Merio Baking Center

Selain itu Anda juga bisa belajar membuat kreasi puding art di San Merio Baking Center. Tempat kursus ini menyediakan beberapa paket belajat mandiri dan semua paket puding art termasuk pemberian resep. Diajarkan pula teknik-teknik khusus membuat puding art dengan menggunakan peralatan yang didesain khusus. Selain itu, peserta juga bisa mendapatkan DVD Serial Home Schooling Puding Art dan bahan-bahan pembuat puding art untuk praktik di rumah. Untuk biaya mengikuti pelatihannya peserta dikenakan Rp 1.350.000.

Fortuna

Bila Anda berlokasi di Ketapang Raya, Jakarta Pusat bisa mengikuti kursus puding art Fortuna. Peserta dapat belajar membuat aneka rsa vla seperti Vanilla Cream, Crystal Coffee Chocolate Cream, Coffee Jelly Cappucino, Coconut Cendol Jelly. Sama seperti tempat kursus lainnya Fortuna juga menyediakan peralatan serta bahan yang dibutuhkan untuk praktek membuat puding art.

SHARE
Content writer Goukm.id yang suka ngobrol soal kucing, film, musik, novel teenlit, dan komik. Kontak saya di sucirahmadh@gmail.com atau ig @sucirhmdhanii.

LEAVE A REPLY